Monobloc (kursi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebuah kursi monobloc

Kursi Monobloc (dari mono- ("satu") + bloc ("blok"), yang berarti objek yang ditempa dalam satu bagian) adalah kursi polipropilena ringan yang dapat ditumpuk dan biasanya berwarna putih. Kursi ini sering dideskripsikan sebagai kursi plastik paling umum di dunia.[1][2]

Berdasarkan desain asli oleh desainer Kanada D.C. Simpson pada tahun 1946, varian kursi plastik one-piece mulai diproduksi bersama Allibert Group dan Grosfillex Group pada 1970-an.[3] Mereka terinspirasi oleh desain Chair Universal 4867 oleh Joe Colombo dari tahun 1965, tetapi tidak ada paten yang diajukan untuk desain kursi monobloc.[4][5] Sejak itu, jutaan kursi ini telah diproduksi di berbagai negara termasuk Rusia, Taiwan, Australia, Meksiko, Amerika Serikat, Italia, Prancis, Jerman, Maroko, Turki, Israel, India dan Tiongkok. Kursi Monobloc dinamai demikian karena dibuat dengan injeksi molding dari termoplastik polipropilena. Butiran polipropilena dipanaskan hingga sekitar 220 derajat Celsius, dan lelehannya disuntikkan ke dalam cetakan.[6] Gerbang cetakan biasanya terletak di kursi, sehingga memastikan kelancaran aliran ke semua bagian alat.

Hampir satu miliar Monobloc telah dijual di Eropa saja, dengan satu pabrikan Italia memproduksi lebih dari sepuluh juta setahun. Ada banyak varian desain dari ide dasar kursi ini.[7] Kursi ini berharga sekitar $3,50 untuk diproduksi, membuatnya terjangkau di seluruh dunia.[2] Desain yang bisa ditumpuk membantu dalam mengatur pertemuan besar dan penyimpanan kursi sesudahnya.[8] Di negara-negara berkembang dengan pertumbuhan populasi yang tinggi, monobloc digunakan untuk menampung ribuan jemaat gereja sekaligus.[9] Teoretikus sosial Ethan Zuckerman menggambarkan kursi itu telah mencapai ubikuitas global kultural.[2]

Pameran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Is This the World's Most Famous Chair?". TreeHugger. Diakses tanggal 2017-06-11. 
  2. ^ a b c "Those White Plastic Chairs – The Monobloc and the Context-Free Object | … My heart's in Accra". Ethan Zuckerman. Diakses tanggal 23 February 2020. The Monobloc is one of the few objects I can think of that is free of any specific context. Seeing a white plastic chair in a photograph offers you no clues about where or when you are. 
  3. ^ Rashid, Karim. "A brief history of the humble plastic chair". CNN. Diakses tanggal 2016-12-27. 
  4. ^ Suzdaltsev, Jules (28 January 2015). "White Plastic Chairs Are Taking Over the World". VICE (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 10 June 2018. 
  5. ^ "Monobloc Chair: Joe Colombo and Vico Magistretti". Chairblog.eu. 27 December 2011. Diakses tanggal 10 June 2018. 
  6. ^ Gosnell, Mariana (July 2004). "Everybody Take A Seat". Smithsonian. 
  7. ^ "the monobloc plastic chair". designboom. Diakses tanggal 4 December 2014. 
  8. ^ HAMADA, Midori (4 April 2012). "A Cadeira Monobloco (The Monobloc Chair)". OBVIOUS Magazine (dalam bahasa Portugis). Diakses tanggal 10 June 2018. 
  9. ^ Niermann, Ingo (26 August 2004). "Ingo Niermann: Plastic Chair". functionalfate.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 January 2008. Diakses tanggal 10 June 2018. 
  10. ^ Der Allgegenwärtige (The Omnipresent) in Frankfurter Allgemeine Zeitung. 30 April 2017, Page 53

Pranala luar[sunting | sunting sumber]