Sandra Dewi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sandra Dewi
Sandra Dewi dalam acara Waktu Indonesia Bercanda
LahirMonica Nicholle Sandra Dewi Gunawan Basri
8 Agustus 1983 (umur 40)
Pangkalpinang, Bangka Belitung, Indonesia
KebangsaanIndonesia
AlmamaterLondon School of Public Relations
PekerjaanPemeran
Tahun aktif2002 - sekarang
Suami/istri
Harvey Moeis
(m. 2016)
Anak2
PenghargaanIndonesian Movie Awards 2008
Situs websandradewi.blogseleb.com

Sandra Dewi (lahir 08 Agustus 1983) adalah pemeran asal Indonesia.[1] Ia juga dikenal sebagai brand ambassador beberapa produk baik di Indonesia maupun Asia Tenggara.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Sandra Dewi merupakan anak sulung dari tiga bersaudara dari orang tua yang memiliki darah Tionghoa dan Palembang.[2] Ia menetap di Pangkalpinang hingga pindah ke Jakarta pada tahun 2001 untuk melanjutkan kuliah di London School of Public Relations.

Karier[sunting | sunting sumber]

Sandra Dewi yang lahir di Pangkalpinang (adalah ibu kota provinsi Kepulauan Bangka Belitung) pada tanggal 8 Agustus 1983 sebagai anak tertua dari pasangan Andreas Gunawan Basri dan Chatarina Erliani. Ia memiliki dua orang adik. Sandra Dewi adalah seorang penganut Katolik Roma dan mempunyai keturunan Tionghoa, Palembang dan Belanda.[butuh rujukan] Setelah tumbuh di Pangkalpinang dan menuntut ilmu di sekolah-sekolah Katolik ia pindah dari Pangkalpinang ke Jakarta pada tahun 2001 untuk melanjutkan pendidikannya di London School of Public Relations, Jakarta. Setahun kemudian barulah keluarga Sandra turut pindah ke Jakarta meninggalkan kampung halaman mereka.

Sejak kecil, bakat Sandra Dewi tampil di depan umum sudah terlihat dan kerap menjuarai berbagai festival fashion show dan menyanyi di sekolah dan kotanya. Ia termasuk murid yang menonjol prestasinya di sekolah maupun kuliah. Sandra Dewi mengawali kariernya di Jakarta melalui pemilihan Miss Enchanteur 2002 dan duta pariwisata Jakarta Barat. Namun kemudian memilih fokus melanjutkan kuliahnya. Sandra Dewi mulai terjun ke dunia hiburan saat mengikuti Fun Fearless Female Majalah Cosmopolitan 2006. Dalam ajang tersebut, ia meraih juara. Kemenangan itu menjadi batu loncatan bagi Sandra, setelah salah satu juri ajang tersebut, Nia Dinata memberikan tawaran untuk casting. Ia lolos casting untuk peran Lila di film Quickie Express (2007). Film tersebut sukses dan membuat nama Sandra Dewi mulai di perbincangkan publik. Nama Sandra Dewi kemudian semakin terkenal berkat perannya di sinetron kejar tayang Cinta Indah.

Dari akting dan dunia tarik suara, Sandra mulai merambah dunia presenter. Bersama presenter lain seperti Desta, ia menjadi presenter terlama di acara musik Derings di Trans TV.

Sandra Dewi merupakan salah satu artis papan atas dengan bayaran paling mahal di Indonesia dan kerap di juluki ratu iklan sejak tahun 2008. Sandra adalah penggemar segala sesuatu yang berhubungan dengan Disney dan kerap berlibur ke Disneyland di setiap waktu senggangnya.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Tidak seperti artis lainnya, Sandra termasuk selebritis yang menutup rapat kisah cintanya. Tidak banyak yang mengetahui bahwa Sandra pernah menjalin hubungan serius selama tiga tahun dengan Reino Barack. Hubungan tersebut berakhir karena perbedaan keyakinan. Dua tahun kemudian Reino Barack menjalin hubungan asmara dengan kerabat Sandra Dewi sendiri yaitu Luna Maya.

Pada tanggal 8 November 2016 Sandra Dewi menikah dengan pengusaha sukses Harvey Moeis setelah berpacaran selama 3 tahun di Gereja Katedral, Jakarta dan dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.[3]

Pada tanggal 14 November 2016 Sandra Dewi menggelar resepsi privat dan mewah di Disneyland Tokyo.

Pernikahan Sandra Dewi dan Harvey Moeis adalah pernikahan selebritas pertama yang disiarkan live di Facebook dan begitu banyak mendapat respons pujian positif dari masyarakat.[3]

Aktivitas sosial[sunting | sunting sumber]

Sandra Dewi mempunyai sebuah blog sebagai sarana interaksi antara ia dan penggemarnya. Blog ini mempopulerkan istilah Sanders untuk para penggemar Sandra Dewi.[4] Sandra Dewi juga pernah mendapat kehormatan khusus sebagai Duta Anti Narkoba pada tahun 2008 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Pada awal tahun 2015 Sandra Dewi menjadi satu satunya artis Indonesia yang terpilih mewakili project The Walt Disney Company sebagai Cinderella untuk Disney Princess Calendar.

Sandra juga kerap menjadi spokeperson untuk film-film Walt Disney Pictures di Indonesia.

Bisnis[sunting | sunting sumber]

Sandra Dewi sejak tahun 2014 menjabat sebagai Director of Corporate Communication dari perusahaan property PT. Paramount Land dan sukses meraup keuntungan sejak tahun pertama keterlibatannya.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan Ref.
2002 A Very Slow Breakfast Anak perempuan Film pendek
2007 Quickie Express Lila
2008 Tarzan ke Kota Ratna binti Subarkah
2012 Langit Ke-7 Dokter Ira
2016 I am Hope
Triangle the Dark Side Sandra
Lisa, Asleep Lisa Film pendek
2021 Angin Kongian 3

Serial televisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Catatan Ref.
2004 Roda-Roda Cinta Figuran; Episode 1
2005 Preman Kampus Dara
2007—2008 Cinta Indah Indah
2008 Saya Jameela Jameela
Elang Luna
2009 Cinta Indah 2 Indah
2010 Nurhaliza Nurhaliza
Langit dan Bumi Sandra
2011 Cahaya Cinta Cinta
2012 Kisah Rama Shinta Shinta
Putri Bidadari Bidadari Angelina
2013 Tangan-Tangan Mungil Alena
TV Movie Maya Episode: "Cinta Dunia Maya"
Sabrina Episode: "Wedding Party Buat Mantan Kekasih"
2014 Kita Nikah yuk Sasha
2017 Bawang Merah Bawang Putih Ibu Peri
The Transmart Sandra
2019 Supir dan Majikan Audy Stephanie

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Karya Hasil Ref.
2008 Indonesian Movie Actors Awards 2008 Aktris Pendatang Baru Terbaik Quickie Express Nominasi
Pendatang Baru Terfavorit Menang

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki
Daftar pustaka

Pranala luar[sunting | sunting sumber]