Monarki Jamaika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ratu Jamaika
Coat of arms of Jamaica.svg
Sedang berkuasa
Elizabeth II greets NASA GSFC employees, May 8, 2007 edit.jpg
Elizabeth II
Perincian
PewarisCharles, Pangeran Wales
Penguasa pertamaElizabeth II
Pembentukan6 Agustus 1962

Templat:Politik Jamaika

Monarki Jamaika adalah sebuah sistem pemerintahan konstitusional dimana penguasa monarki warisan merupakan penguasa berdaulat Jamaika.[1] Istilah Crown in Right of Jamaica, Her Majesty in Right of Jamaica, atau The Queen in Right of Jamaica juga digunakan untuk merujuk kepada keseluruhan pemerintahan eksekutif Jamaika. Meskipun Mahkota Jamaika menurun dari Mahkota Britania,monarki tersebut merupakan sebuah lembaga Jamaika yang terpisah, yang diwakili oleh lambang-lambang unik mereka sendiri.

Penguasa monarki saat ininya adalah Ratu Elizabeth II—yang secara resmi bergelar Ratu Jamaika—yang memerintah sejak 6 Agustus 1962. Ia, suaminya Pangeran Philip, Adipati Edinburgh, putra mereka Pangeran Charles, dan anggota Keluarga Kerajaan lainnya, yang meliputi anak dan sepupu Ratu lainnya, mengambil berbagai fungsi upacara publik di Jamaika dan luar negeri.

Penguasa monarki Jamaika, disamping memerintah Jamaika, secara terpisah menjabat sebagau penguasa monarki untuk setiap 15 negara Persemakmuran lainnya yang dikenal sebagai kerajaan Persemakmuran. Persemakmuran tersebut berkembang dari bekas hubungan kolonial negara-negara tersebut dengan Inggris, tetapi sekarang negara-negara tersebut telah merdeka dan secara sah terpisah.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Buckingham Palace: Queen and Commonwealth: Jamaica". Royal.gov.uk. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 June 2007. Diakses tanggal 2013-02-03.