Mokbang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mokbang
Video Youtube Mukbang Makan Orang Di Jerman
Nama Korea
Hangul
Alih AksaraMeokbang
McCune–ReischauerMŏkpang
IPA[mʌk̚.p͈aŋ]
Kata asli
Hangul
Hanja
먹는 放送
Alih AksaraMeongneun bangsong
McCune–ReischauerMŏngnŭn pangsong
IPA[mʌŋ.nɯn.baŋ.soŋ]
Mokbang tentakel gurita dan perut babi oleh Jangpa, seorang streamer.

Mokbang (/ˈmʌkbæŋ, ˈmʊkbæŋ/; bahasa Korea: 먹방, meokbang, Pengucapan Korea: [mʌk̚.p͈aŋ]) adalah penyiaran audiovisual daring di mana seorang pemandu acara (pemokbang) memakan sejumlah besar makanan sambil berinteraksi dengan audiens atau merekam aktivitas tersebut. Biasanya dilakukan melalui webmaster internet (platform siaran semacam itu meliputi Afreeca, YouTube, Twitch, dsb.), mokbang menjadi populer di Korea Selatan pada 2010-an. Makanan mulai dari piza hingga tteokbokki disantap di depan kamera untuk disaksikan audiens internet (entah membayar atau tidak, tergantung pada platform mana saat interaksi itu dilakukan).[1][2][3]

Mokbang di Korea Selatan

Di Seoul, Korea Selatan, mokbang biasanya ditandai dengan para penontonnya untuk menyaksikan kumpulan orang untuk menyantap hidangan makan malam mereka.[4] Konsep ini sangat terkenal pada tahun 2010-an.

Mokbang di Indonesia

Salah satu BJ (broadcasting jockeys) terkenal di Indonesia adalah Ria SW. Berkat kesuksesannya, kini ia memiliki usaha kuliner sendiri. Ria memiliki hampir 2,5 juta subscriber. Rata-rata videonya menembus angka jutaan penonton. Contohnya “Mukbang Masakan Padang”, “Martabak Cabe dan Red Velvet”, “Mie Jambret Hukuman Mati”, Taipei Street Food in Jakarta”, hingga “Taipei Night Market”. Video dengan jumlah viewer tertinggi adalah “Korean Street Food”.[5]

Kultur yang dimiliki BJ di Indonesia memang berbeda. Mereka tidak merekam video mokbang di dalam kamar dan makan sendirian seperti kebanyakan BJ di Korea atau Jepang. Ria sendiri banyak melakukan petualangan kuliner tak hanya di Indonesia tapi juga negara-negara Asia. Ia juga tampil nyentrik dengan warna rambut yang berganti-ganti. Perbedaan lain dari BJ Indonesia dengan Korea atau Jepang adalah Ria memilih tampil apa adanya, tanpa pulasan make up, bahkan terkadang rambut yang diikat asal-asalan.

Referensi

  1. ^ Cha, Frances (2 Februari 2014). "South Korea's online trend: Paying to watch a pretty girl eat". CNN. Diakses tanggal 24 Maret 2015. 
  2. ^ Hu, Elise (24 Maret 2015). "Koreans Have An Insatiable Appetite For Watching Strangers Binge Eat". NPR. Diakses tanggal 24 Maret 2015. 
  3. ^ Evans, Stephen (5 Februari 2014). "The Koreans who televise themselves eating dinner". BBC. Diakses tanggal 24 Maret 2015. 
  4. ^ News, Oleh Stephen Evans BBC; Seoul. "'Mukbang', acara santap malam yang disiarkan di Korea Selatan". BBC News Indonesia. Diakses tanggal 2020-01-24. 
  5. ^ Sukmasari, Erlinda (2019-04-30). "Mukbang: Korea, Jepang, sampai Indonesia". Cultura Magazine (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-19.