Mojo, Kediri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mojo
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenKediri
Pemerintahan
 • CamatHeru Setiawan, S.E., M.M[butuh rujukan]
Populasi
 • Total67,871 (2.012) jiwa
Kode Kemendagri35.06.02
Kode BPS3506010
Luas- km²
Desa/kelurahan23

Mojo adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. fasilitas jenjang pendidikan di kecamatan ini sampai pada tingkatan SLTA, di mana terdapat 1 SMA negeri yaitu SMAN 1 Mojo dan terdiri dari dua SLTP negeri yaitu SMPN 1 Mojo yang berada di desa surat dan SMPN 2 Mojo yang berasa di desa keranding. mayoritas penduduk beragama Islam dan pekerjaan mayoritas adalah petani.

Kecamatan Mojo sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Semen, sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Ngadiluwih dan Kecamatan Kras yang dipisahkan oleh Sungai Brantas, sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung, sedangkan sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung yang dipisahkan Pegunungan Wilis.

Tempat wisata[sunting | sunting sumber]

Air Terjun Dolo[sunting | sunting sumber]

Air terjun Ironggolo

Air Terjun Dolo adalah salah satu tempat wisata air terjun yang terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Air terjun ini berada di bagian timur lereng Gunung Wilis (2.850 meter), yang memiliki ketinggian 125 meter dan 1800 meter di atas permukaan laut (dpl). Air terjun Dolo berjarak 4 km dari air terjun Irenggolo yang dibatasi oleh banyak pepohonan dan hutan, yang juga masih terletak di kawasan Besuki.