Mohd Asri Zainul Abidin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mohd Asri Zainul Abidin
SSP
محمد عصري زين العابدين
Mohd Asri pada 2022
Mufti Perlis
Mulai menjabat
2 Februari 2015
Sebelum
Pendahulu
Juanda Jaya
Pengganti
Petahana
Sebelum
Masa jabatan
1 November 2006 – 11 November 2008
Sebelum
Pendahulu
Mat Jahaya Hussin
Pengganti
Juanda Jaya
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir
Mohd Asri bin Zainul Abidin

1 Januari 1971 (umur 53)
Bukit Mertajam, Penang, Malaysia
Anak5
PendidikanSultan Alam Shah Islamic College
Alma materUniversitas Yordania (BA)
Universiti Sains Malaysia (MA)
Universitas Islam Internasional Malaysia (PhD)
PekerjaanMufti, dosen
Dikenal karenaSalafiyah
Nama lainDr. MAZA
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Sahibus Samahah Prof. Dato' Arif Perkasa Dr. Mohd Asri bin Zainul Abidin (Jawi: محمد عصري بن زين العابدين; lahir 1 Januari 1971), lebih dikenal dengan MAZA, adalah seorang ulama, pendakwah, penulis dan dosen Islam dari Malaysia. Ia saat ini menjalani masa jabatan keduanya sebagai Mufti Perlis sejak 2 Februari 2015.[1] Masa jabatan pertamanya adalah dari 1 November 2006 hingga 11 November 2008.[2]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Mohd Asri dididik di sekolah menengah agama Al-Irsyad di Seberang Perai, Penang, dan melanjutkan studinya di Islamic College Klang. Dia menerima gelar sarjana dalam bahasa Arab dan Syariah, dengan pujian dari Universitas Yordania; master dalam studi Islam dari Universitas Sains Malaysia (USM), dan PhD dalam Islamic Revealed Knowledge and Heritage (Qurʾan and Sunnah studies) dari Universitas Islam Internasional Malaysia. Ia juga menerima lima gelar dalam Hadis dari India. Dia juga seorang Fellowship di Oxford Centre for Islamic Studies, Universitas Oxford, Inggris.[3]

Karier[sunting | sunting sumber]

Mohd Asri adalah seorang penulis dan komentator aktif tentang Islam dan isu-isu keagamaan. Dia adalah seorang kolumnis untuk dua surat kabar Melayu lokal bernama Mingguan Malaysia dan Sinar Harian. Dia juga seorang penulis produktif yang telah menerbitkan banyak buku sejak tahun 2003. Dia tetap menjadi profesor tetap di Universiti Sains Malaysia saat bekerja di Kantor Perlis Mufti. Dikenal oleh masyarakat sebagai Dr. Maza (singkatan dari namanya sendiri, Mohd Asri Zainul Abidin), ia populer di kalangan anak muda yang mengikuti blognya, Minda Tajdid dan kolom di surat kabar Melayu.

Buku-buku Mohd Asri mencerminkan keprihatinannya tentang apa yang dia anggap sebagai fanatisme dalam mazhab (aliran fikih), kritik terhadap pemalsuan Hadis, dan celaan terhadap Syi'ah dan beberapa praktik Sufi. Dia menganggap fenomena ini tidak sejalan dengan Islam yang “murni”, dan dia mendesak umat Islam untuk kembali ke apa yang dia yakini sebagai ajaran Islam yang benar. Ia sering mengutip sumber-sumber yang sering dirujuk oleh orang-orang yang mengikuti mazhab Salafi, seperti Ibnu Taimiyyah (w. 1328), khususnya dalam masalah kehidupan manusia dan hak asasi manusia, dan menerima ide-ide moderat dari mazhab Salafi. Berbeda dengan persepsi yang mengasosiasikan Salafisme dengan kekakuan, konservatisme, dan ekstremisme di Timur Tengah, khususnya di Arab Saudi, Asri percaya pada merek Salafi “Sunnah Perlis”, yang menekankan kebebasan dari kekakuan madhhab yang menyerukan umat Islam untuk kembali langsung ke dua sumber utama Islam dalam menangani masalah-masalah agama, yaitu Al-Qur'an dan As-Sunnah.

Sementara Mohd Asri mungkin konservatif dalam banyak aspek ritual keagamaan, beberapa pandangannya tentang hak-hak perempuan,[4] kebebasan beragama,[5][6] dan ibadah keagamaan sebagian besar diakui sebagai progresif. Dia juga mendesak Muslim Malaysia untuk tidak menerima Mazhab Syafi'i sebagai satu-satunya sumber hukum, tetapi untuk lebih menerima mazhab fikih lainnya.[7] Posisi ini berangkat dari apa yang diusung oleh para ulama di wilayah Nusantara yang sebagian besar menganut mazhab Syafi'i.

Meski sengaja mempertahankan sikap apolitis, partai politik seperti Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) dan Partai Keadilan Rakyat (PKR) tertarik padanya. Sebagai Mufti Perlis, ia menyebarkan ajaran “Sunnah Perlis”, versi Salafi dari agenda kebangkitan dan reformasi (islah dan tajdid), dan seruannya untuk versi Islam yang “murni” dengan mengacu langsung pada Al-Qur'an dan Sunnah dan dengan menggantikan tafsir madzhab.

Kritikisme[sunting | sunting sumber]

Meskipun beberapa orang menuduhnya menganut Wahabisme[oleh siapa?], ia tidak menerima Muhammad bin Abdul Wahhab (wafat 1793) sebagai ulama besar atau menganggapnya sebagai ulama moderat dan progresif. Asri dapat dicirikan sebagai seorang ulama moderat yang menganjurkan umat Islam untuk mengamalkan lebih dari satu mazhab secara bersamaan di dalam aliran Islam Sunni, yakni mazhab Hanbali, Syafi'i, Maliki, dan Hanafi.

Ia sangat vokal dalam konteks politik dan agama Malaysia,[8] dan dalam mengkritik pelabelan partai non-Muslim tertentu, terutama oposisi Partai Aksi Demokratik (DAP) sebagai kafir harbi (kafir yang dapat dilancarkan perang) dan upaya untuk mengamandemen Undang-Undang Pengadilan (Yurisdiksi Pidana) Syariah tahun 1965 untuk mengizinkan hukuman Hudud tertentu diterapkan di negara bagian tertentu di Malaysia.

Pada isu-isu seperti lingkungan, dia menentang polusi. Dia menganjurkan kesopanan dalam fashion, khususnya pakaian yang pantas untuk wanita Muslim, dan Muslim dapat mengenakan pakaian tradisional non-Muslim.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Mohd Asri menikah dan dikaruniai lima orang anak, yaitu Talhah, Intisor, Ibtihal, Dihyah dan Irwa'.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Gelar kebesaran[sunting | sunting sumber]

  •  Perlis
    • Darjah Dato' Bergelar Perlis - Dato' Arif Perkasa (2012)[9][10]
    • Seri Sirajuddin Perlis (SSP) (2005)

Anugerah ketokohan[sunting | sunting sumber]

  •  Perlis
    • Anugerah Tokoh Maal Hijrah Tingkat Negeri Perlis 1427H.
  • Universiti Sains Malaysia
    • Penerima Anugerah Tokoh Maal Hijrah Tingkat Universitas Sains Malaysia 1430H.

Buku-buku[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Asri starts work as Perlis mufti a second time – Bernama". The Malaysian Insider. 2 February 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 February 2015. Diakses tanggal 16 February 2015. 
  2. ^ "Take non-Muslims in Islamic schools, former Perlis mufti proposes". The Malay Mail. 10 October 2014. Diakses tanggal 10 October 2014. 
  3. ^ "Mohd Asri Zainul Abidin". Oxford Bibliographies. 27 Oct 2021. Diakses tanggal 9 Feb 2022. 
  4. ^ "Dr MAZA to Selangor Mufti: Quit Harping On About Caning Wives & Children". CoconutsKL. Jan 28, 2015. Diakses tanggal 9 February 2022. 
  5. ^ "Kebebasan Beragama & Hak Menyatakan Akidah". Minda Tajdid. July 12, 2021. Diakses tanggal 9 February 2022. 
  6. ^ "Forum Perpaduan Kaum & Agama". PROmediaTAJDID. September 20, 2020. Diakses tanggal 9 February 2022. 
  7. ^ "Dr. Maza's Salafi-Styled Theocracy". Eurasiareview. 7 March 2020. Diakses tanggal 9 February 2022. 
  8. ^ "Dr. Maza Tegur Pemimpin Kerajaan". Astro Awani. 6 October 2020. Diakses tanggal 9 February 2022. 
  9. ^ "Senarai Dato-Dato Perlis". Raja Perlis. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-09-15. Diakses tanggal 4 Oktober 2021. 
  10. ^ "Dr Asri kini bergelar Datuk". Malaysia Kini. 17 May 2012. Diakses tanggal 17 April 2021. 

Artikel-artikel di MalaysiaKini