Mohan Kumaramangalam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mohan Kumaramangalam
Menteri Pertambangan Besi dan Baja
Masa jabatan
1971–1972
Perdana MenteriIndira Gandhi
Anggota Parlemen (Lok Sabha) untuk Pondicherry
Masa jabatan
1971–1972
Perdana MenteriIndira Gandhi
Sebelum
Pengganti
Petahana
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir1 November 1916
London, Britania Raya
Meninggal30 Mei 1973(1973-05-30) (umur 56)
KebangsaanIndia
Partai politikPartai Komunis India,
Kongres Nasional India
Suami/istriKalyani
HubunganGeneral P. P. Kumaramangalam,
Parvathi Krishnan
AnakUma Kumaramangalam,
Rangarajan Kumaramangalam,
Lalitha Kumaramangalam
Profesipengacara
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Surendra Mohan Kumaramangalam (Tamil: சுரேந்திர மோகன் குமாரமங்கலம்) (kelahiran 1 November 1916 - kematian 30 Mei 1973) adalah seorang politikus dan ahli teori komunis India yang merupakan anggota dari Partai Komunis India, dan kemudian, Kongres Nasional India. Ia menjabat sebagai anggota Lok Sabha untuk Pondicherry dari 1971 sampai 1972.

Kehidupan awal dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Mohan Kumaramangalam lahir di London dari P. Subbarayan, kemudian zamindar Kumaramangalam di distrik Salem dan kemudian, Ketua Menteri Kepresidenan Madras dan istrinya, Radhabai Subbarayan pada 1 November 1916.[2] Ia adalah putra ketiga dan terbungsu mereka, P. P. Kumaramangalam dan Gopal Kumaramangalam adalah kakaknya. Kumaramangalam dididik di Kolese Eton dan King's College, Cambridge,[2] menjabat sebagai Presiden Cambridge Union Society pada 1938.[2] Pada waktu ia di Cambridge, ia sangat terinspirasi oleh komunisme.[3]

Kumaramangalam mengikuti ujian di Inner Temple.[4] Ia kembali ke India pada 1939[2] dan ikut dalam Gerakan Kemerdekaan India.

Dalam gerakan Kemerdekaan India[sunting | sunting sumber]

Pada 1941, Kumaramangalam ditahan bersama dengan P. Ramamurthi, C. S. Subramaniam dan R. Umanath karena mendistribusikan pamflet dalam sebuah kasus yang dikenal sebagai Kasus Konspirasi Madras.[5] Kumaramangalam kemudian dibebaskan. Pada Perang Dunia Kedua, Kumaramangalam menjabat sebagai penyunting majalah komunis, People's War, yang kemudian berganti nama menjadi People's Age.

Politik pasca-kemerdekaan[sunting | sunting sumber]

Rumah sakit kolese pengobatan pemerintah di Salem, yang dinamai sesuai dengan nama Mohan Kumaramangalam

Ia menjabat sebagai Menteri Baja dan Pertambangan dari 1971 sampai kematiannya pada 1973.[6]

Kematian[sunting | sunting sumber]

Kumaramangalam tewas dalam kecelakaan Indian Airlines Penerbangan 440 pada 30 Mei 1973 pada usia 56 tahun.[6] Beberapa jenazah tak teridentifikasi, namun jenazahnya teridentifikasi melalui sebuah pulpen Parker.[7]

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Mohan Kumaramangalam menikahi Kalyani Mukerjee, kemenakan dari politikus Bengali Ajoy Mukherjee pada 1943. Ajoy Mukherjee, kemudian, menjabat sebagai Ketua Menteri Bengal Barat. Pasangan tersebut memiliki seorang putra, Rangarajan Kumaramangalam dan dua putri.[8] Rangarajan Kumaramangalam adalah anggota dari Kongres Nasional India dan kemudian, Partai Bharatiya Janata dan menjabat sebagai menteri dalam pemerintahan Narasimha Rao dan Atal Behari Vajpayee .[8] Putri Mohan, Lalitha Kumaramangalam mengikuti pemilihan Lok Sabha 2004 dan 2009 sebagai kandidat Partai Bharatiya Janata dari Tiruchirapalli dan kalah pada dua pemilihan tersebut. Putri sulungnya adalah Uma Kumaramangalam yang menikah dengan orang Melayu yang bernama Mukherjee.

Saudara Mohan Kumaramangalam P. P. Kumaramangalam adalah seorang perwira angkatan darat yang bertugas sebagai Ketua Staf Angkatan Darat di India.[8] Saudarinya, Parvathi Krishnan adalah seorang politikus Partai Komunis India dan menjabat tiga kali sebagai Anggota Parlemen dari Coimbatore.[8]

Cucu Kumaramangalam, Muktesh Mukherjee, dan istrinya Xiaomao Bai, adalah dua penumpang Kanada yang menaiki Malaysia Airlines Penerbangan 370 yang hilang sejak 8 Maret 2014.[9]

Karya[sunting | sunting sumber]

Mohan Kumaramangalam adalah seorang ahli teori komunis terkenal dan telah menulis sejumlah buku dan pamflet. Beberapa karyanya meliputi:

  • Mohan Kumaramangalam (1944). A New Germany in birth. People's Publishing House. 
  • Mohan Kumaramangalam; Boda Chen (1944). Critique of CHina's destiny: Review of Marshal Chiang Kai Shek's book. People's Publishing House. 
  • Mohan Kumaramangalam; Enlai Zhou, Vladimir Rogov,Zhongguo gong chan dang (1944). Who threatens China's unity. People's Publishing House. 
  • Mohan Kumaramangalam (1945). The United Nations: Instrument for peace or dictatorship of the big five. People's Publishing House. 
  • Mohan Kumaramangalam (1946). Iran at the Crossroads. People's Publishing House. 
  • Mohan Kumaramangalam (1946). India's fight for equality in South Africe. People's Publishing House. 
  • Mohan Kumaramangalam (1947). India and the UNO. People's Publishing House. 
  • Mohan Kumaramangalam (1965). India's language crisis: an introductory study. New Century Book House. 
  • Mohan Kumaramangalam (1966). Democracy and cult of the individual. National Book Club. 
  • Mohan Kumaramangalam (1971). Constitutional amendments: the reason why. All India Congress Committee. 
  • Mohan Kumaramangalam (1973). Coal industry in India: nationalisation and tasks ahead. Oxford & IBH Pub. Co.,. 
  • Mohan Kumaramangalam (1973). Communists in Congress:Kumaramangalam's thesis. D. K. Pub. House.  at Google Books
  • Mohan Kumaramangalam (1973). Judicial appointments: an analysis of the recent controversy over the appointment of the Chief Justice of India. Oxford & IBH Pub. Co.,. 

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.mapsofindia.com/parliamentaryconstituencies/pondicherry/general-election-results.html
  2. ^ a b c d Parameshwar Narain Haksar (1979). Premonitions. Interpress. hlm. 188. 
  3. ^ Austin, Granville (1999). Working a Democratic Constitution - A History of the Indian Experience. New Delhi: Oxford University Press. hlm. 182. ISBN 0-19-565610-5. 
  4. ^ Far Eastern economic review, Volumes 79-80. Review Publishing Co. Ltd. 1973. 
  5. ^ M. Chalapathi N. Y. Sharada Prasad, and B. R. Nanda (1982). Selected works of Jawaharlal Nehru. Orient Longman. hlm. 502. 
  6. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama jayakanthanp24
  7. ^ 3 Americans survive, but 4 die in New Delhi crash
  8. ^ a b c d "Kumaramangalam family's role in development remembered". The Hindu. 17 Oktober 2004. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2005-01-19. Diakses tanggal 2015-04-29. 
  9. ^ http://www.thestar.com/news/world/2014/03/11/canadian_on_missing_malaysian_airlines_plane_lost_grandfather_to_1973_plane_crash.html