Modulasi lebar pulsa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Modulasi lebar pulsa adalah salah satu metode rangkaian elektronik yang digunakan untuk mengubah arus searah menjadi arus bolak-balik. Metode ini juga mengubah bentuk arus bolak-balik dengan gelombang kotak menjadi gelombang sinus. Dasar penggunaan rangkaian ini adalah ketidakcocokan gelombang kotak pada peralatan listrik. Peralatan listrik umumnya didesain untuk bekerja dengan gelombang sinus. Selain itu, gelombang kotak akan menyebabkan panas berlebih yang menurunkan kinerja dan usia pakai peralatan dan sistem kelistrikan. Modulator lebar pulsa dapat ditemukan dalam rangkaian inverter.[1] Penggunaan modulasi lebar pulsa pada penggerak motor listrik meningkat seiring kemajuan teknologi perlatan solid state drive dan mikroprosesor. Modulasi lebar pulsa mampu mengatur nilai frekuensi, tegangan listrik dan arus listrik yang diterapkan ke motor listrik. Efisiensi energi pada inverter sangat ditentukan oleh pemilihan metode lebar pulsa. Penggunaan modulasi lebar pulsa sangat efisien pada konverter tiga fasa. Modulasi lebar pulsa mampu meningkatkan kualitas bentuk gelobang sinus, linieritas tegangan kerja dan kestabilan perubahan frekuensi pada arus bolak-balik.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ali, Muhammad (2018). Aplikasi Elektronika Daya pada Sistem Tenaga Listrik (PDF). Yogyakarta: UNY Press. hlm. 130. ISBN 978-602-5566-79-0. 
  2. ^ Khan, Mohd. Arif (2007). Comparative Analysis of Pulse Width Modulation Schemes (PDF) (dalam bahasa Inggris). Saarbrücken: LAP LAMBERT Academic Publishing. hlm. 5. ISBN 978-3-659-27121-2.