Modul orbital

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Modul orbital adalah bagian dari wahana antariksa yang digunakan hanya dalam orbit. Modul ini telah dikembangkan untuk wahana antariksa Soyuz.

Modul orbit Soyuz[sunting | sunting sumber]

Soyuz spacecraft's Orbital Module

Modul orbit adalah bagian bulat dari seri kapal ruang anmgkasa Soviet-Rusia Soyuz. Dirancang untuk digunakan hanya dalam orbit, modul tidak perlu diperkuat untuk bertahan hidup re-entry, yang memungkinkan untuk memberikan ruang lebih bermanfaat untuk berat kurang dari desain kapsul berawak lainnya.

Ini melayani terutama untuk prosedur istirahat dan kebersihan awak kapal selama fase penerbangan orbital bila digunakan sebagai feri stasiun ruang angkasa, meskipun di awal misi modul Soyuz digunakan untuk eksperimen dan bahkan sebagai airlock untuk awak transfer Soyuz 4/Soyuz 5 EVA.

Modul orbit Shenzhou[sunting | sunting sumber]

Dalam wahana antariksa Shenzhou milik Tiongkok, modul orbital telah dimutakhirkan untuk dapat membawa panel surya dan sistem manuver orbital sendiri, sehingga mampu beroperasi secara independen sebagai wahana antariksa berawak yang terbang bebas setelah memisahkan dari modul pendaratan dan modul layanan.

Referensi[sunting | sunting sumber]