Moderatos dari Gades

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Moderatos dari Gades adalah seorang filsuf Yunani dari sekolah Neo-pythagoras, yang hidup pada abad ke 1 Masehi (sezaman dengan Apollonius dari Tyana). Dia menulis sebuah karya besar tentang doktrin Pythagoreanisme, dan mencoba menunjukkan bahwa para penerus Pythagoras tidak membuat tambahan terhadap pandangan Pythagoras, tetapi hanya meminjam dan mengubah ungkapan itu.

Beberapa komentator telah memberikan kepentingan yang berlebihan kepada Moderatos dengan menganggapnya sebagai cikal bakal filsafat di Sekolah Aleksandria. Eduard Zeller telah menunjukkan bahwa otoritas yang mendasari pandangan ini tidak kokoh. Moderatus dengan demikian dibiarkan sebagai perwakilan yang tidak penting meskipun menarik dari jenis pemikiran yang hampir menghilang sejak abad ke-5 SM.

Stobaeus, dalam bukunya Eclogae, menyimpan sebagian dari tulisan Moderatos; ekstrak lebih lanjut dari tulisannya bertahan dalam bentuk kutipan pada Kehidupan Pythagoras karya Porfirios dan komentar Simplikius dalam Fisika karya Aristoteles.

Referensi[sunting | sunting sumber]