Model Ising

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Model Ising (Jerman: [ˈiːzɪŋ]), juga disebut sebagai model Lenz-Ising atau model Ising-Lenz, dinamai dari Ernst Ising dan Wilhelm Lenz, adalah model matematika feromagnetisme dalam mekanika statistika. Model ini terdiri dari variabel diskrit yang mewakili momen dipol magnetik dari "putaran" atom yang dapat berada di salah satu dari dua keadaan (+1 atau −1). Putaran diatur dalam grafik, biasanya kisi (di mana struktur lokal berulang secara berkala ke segala arah), memungkinkan setiap putaran berinteraksi dengan tetangganya. Putaran tetangga yang setuju memiliki energi lebih rendah daripada yang tidak setuju; sistem cenderung ke energi terendah tetapi panas mengganggu kecenderungan ini, sehingga menciptakan kemungkinan fase struktural yang berbeda. Model ini memungkinkan identifikasi perubahan wujud zat sebagai model realitas yang disederhanakan. Model Ising kisi persegi dua dimensi adalah salah satu model statistik paling sederhana untuk menunjukkan perubahan wujud zat.[1]

Model Ising ditemukan oleh fisikawan bernama Wilhelm Lenz (1920), yang memberikannya sebagai salash satu contoh masalah mekanika statistika kepada muridnya bernama Ernst Ising. Model Ising satu dimensi diselesaikan oleh (Ising 1925) dalam tesisnya tahun 1924;[2] model ini tidak memiliki perubahan wujud zat. Model Ising kisi persegi dua dimensi jauh lebih sulit dan hanya diberikan deskripsi secara analitis lama berselang, oleh Lars Onsager (1944). Biasanya diselesaikan dengan metode matriks transfer, meskipun ada pendekatan yang berbeda, lebih terkait dengan teori medan kuantum.

Dalam dimensi yang lebih besar dari empat, perubahan wujud zat model Ising dijelaskan oleh teori medan rata-rata.

Masalah Ising tanpa medan eksternal dapat dirumuskan secara ekuivalen sebagai masalah pemotongan maksimum graf yang dapat diselesaikan melalui optimasi kombinatorial.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]