Mode penelusuran pribadi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tampilan awal mode Peramban Privat

Mode samaran atau mode penelusuran pribadi adalah fitur penelusuran privasi yang disediakan oleh sebagian besar peramban web. Fitur ini akan membuka jendela yang terpisah dengan peramban web utama. Fitur ini ditujukan agar seluruh riwayat penelusuran, termasuk data pribadi tidak dicatat oleh sistem sehingga ditemukan oleh pengguna lain.

Ketika menggunakan mode ini, peramban web tidak akan menyimpan seluruh riwayat penelusuran, kuki, termasuk data lokal yang disimpan seperti kata sandi dan akan terhapus saat sesi ditutup. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa aktivitas pengguna masih tetap dapat terbaca oleh perusahaan penyedia jasa internet, situs yang dikunjungi, termasuk penyelenggara internet yang terhubung dengan jaringan LAN seperti jaringan sekolah, universitas, atau perkantoran.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Mode penelusuran pribadi pertama dicetuskan oleh peramban web Safari pada tahun 2005 untuk menjelaskan fitur yang terdapat pada Safari 2.0. Pada awal peluncuran mode penelusuran pribadi ini, orang-orang sering menyebutnya sebagai mode porno namun istilah ini sudah tidak digunakan lagi. Saat ini, sebagian besar peramban web modern baik desktop maupun ponsel sudah memiliki fitur ini bagi para penggunanya seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dan Microsoft Edge.

Referensi[sunting | sunting sumber]