Mitologi Irlandia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Mitologi Irlandia merupakan sebuah mitologi yang berasal dari negara Irlandia. Mitologi Irlandia dihubung-hubungkan dengan legenda atau cerita rakyat di Irlandia, dan dihubung-hubungkan dengan kepercayaan kuno (agama kuno) dari Irlandia, seperti celtic. Namun ada juga yang dihubungkan dengan agama kekristenan seperti kisah santo pelindung Irlandia, yaitu St. Patrick.

Legenda dari Irlandia

negara irlandia memiliki berbagai legenda, seperti Leprechaun makhluk mitologis dari irlandia, hutan knockma yang menceritakan tentang kerajaan Peri, St. Patrick santo pelindung irlandia, Banshee makhluk mitologis irlandia yang dikatakan merupakan sejenis peri, dll.

Mitologi Irlandia dikait-kaitkan dengan sebuah cerita rakyat dari irlandia. Dari negara irlandia, kebanyakan legenda yang menceritakan tentang peri, bahkan peri amat sangat terkenal dari irlandia. Makhluk mitologis dari irlandia yang paling terkenal adalah leprechaun peri yang menyerupai seorang kakek tua kecil sambil membawa sebuah gentong yang berisi emas. Makhluk sejenis peri yang bernama Faeries dikatakan lebih indah daripada perinya peterpan, yaitu Tinkerbell. Namun kebanyakan peri diceritakan jahat. Pooka juga merupakan makhluk mitologi dari irlandia yang merupakan sejenis peri bungkuk.

FinnMaCool yang merupakan kisah legenda irlandia yang menceritakan tentang seorang ksatria pemberani bersama seekor salmon yang menguasai ilmu pengetahuan diseluruh dunia. Legenda ini juga merupakan sebuah Mitologi dari Irlandia.

cerita rakyat skotlandia yang merupakan cerita rakyat diluar irlandia, juga memiliki sebuah legenda tentang peri seperti Isle of Skye.