Mister Rogers' Neighborhood

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"Mister Rogers' Neighborhood"
Format acara anak-anak
Pembuat Fred Rogers
Pemeran Fred Rogers
Negara Bendera Amerika Serikat Amerika Serikat
Jumlah episode 895
Produksi
Durasi sekitar 28 menit (tanpa siaran iklan)
Siaran
Saluran asli NET (1968–1970), PBS (1970-2001)
Penayangan awal 19 Februari 196831 Agustus 2001

Mister Rogers' Neighborhood atau Mister Rogers adalah serial televisi untuk anak-anak dengan Fred Rogers sebagai pencipta dan pembawa acara. Mister Rogers' Neighborhood diproduksi televisi penyiaran publik WQED dan rumah produksi nirlaba milik Rogers yang bernama Family Communications, Inc.[1] (sebelum tahun 1971 bernama Small World Enterprises). Acara ini memegang rekor sebagai acara dengan musim tayang terlama di PBS.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Acara ini dimulai pada tahun 1962 dengan nama Mister Rogers. Masa putar setiap episode adalah 15 menit, dan diproduksi oleh Canadian Broadcasting Corporation. Ernie Coombs alias Mister Dressup memulai kariernya sebagai dalang boneka dalam acara Mister Rogers.

Mister Rogers' Neighborhood pertama kali ditayangkan di jaringan televisi National Educational Television (NET) pada 19 Februari 1968. Setelah NET berhenti mengudara pada tahun 1970, tayangan acara ini dipindahkan ke PBS. Bagian pertama serial Mister Rogers diproduksi dan ditayangkan dari tahun 1968 hingga 1976, sedangkan bagian kedua diproduksi dan ditayangkan dari tahun 1970 hingga 2001.

Acara Mister Rogers' Neighborhood dibuat sesederhana mungkin. Setiap episode tidak memiliki plot. Topik yang dibicarakan bisa berupa apa saja. Rogers bisa mengajak pemirsa untuk mengunjungi pabrik, membuat eksperimen, melihat cara pembuatan kerajinan tangan, mendengarkan musik, atau memperkenalkan teman-temannya. Selingan untuk setiap episode berupa pertunjukan boneka tentang kejadian mutakhir di Neighborhood of Make-Believe (Sekitar Lingkungan Tetangga Khayalan).

Di awal setiap episode, Fred Rogers memasuki set di studio seolah-olah baru pulang ke "rumah" sambil bernyanyi "Won't You Be My Neighbor?" Ia menggantung mantel di lemari, dan berganti pakaian dengan sehelai cardigan ber-ristleting serta sepatu kets. Sehelai baju hangat Rogers sekarang digantung di Museum Nasional Sejarah Amerika sebagai bukti besarnya pengaruh Mister Rogers terhadap kebudayaan Amerika.[2]

Sejak tahun 1979, sejumlah episode acara ini dikelompokkan menjadi seri yang panjangnya satu minggu. Setiap seri mengkhususkan pada topik tertentu. Rogers juga memperkenalkan topik yang biasanya sering dihindari program anak-anak. Pada 23 Maret 1970, kematian seekor ikan mas peliharaannya dijadikan topik acara. Selain itu, sejumlah episode membahas tentang persaingan, perceraian, dan perang. Rogers juga sering membahas tentang kemarahan, dan cara mengatasinya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Millman, Joyce (10 Agustus). "Brilliant Careers: Fred Rogers". Salon.  Unknown parameter |accessdaymonth= ignored (help); Unknown parameter |accessyear= ignored (help)
  2. ^ "NMAH - Mister Rogers' Sweater". National Museum of American History. Diarsipkan dari aslinya tanggal 27 Mei 2007. Diakses May 31. "Baju hangat tersebut berwarna merah, dan dirajut sendiri oleh almarhum ibunya. Rogers menyumbangkannya sendiri ke Museum Nasional Sejarah Amerika pada 20 November 1984."  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]