Mischka Devon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Mischka Devon
LahirMischka Aoki dan Devon Kei Enzo
PendidikanBinus School Simprug ACS Jakarta
Pekerjaan
Orang tua
  • unknown (bapak)
  • Winnie Aoki (ibu)
PenghargaanKader Bela Negara RI, 2021

Ikon Prestasi Pancasila, 2022 Pemegang Rekor MURI, 2022 Tokoh Muda Inspiratif, 2022 Proudest Moment of The Year Award, 2022 Tokoh Persona Femina, 2023 Pemenang lebih dari 100 Olimpiade Matematika dan Sains Internasional Penerima Rekor Youth Achievement Award Malaysia 2023

Pembicara Termuda di ASEAN 2023
Situs webwww.mischkadevon.com

Mischka Aoki (lahir 2008) dan Devon Kei Enzo (lahir 2009), dikenal sebagai Mischka Devon, adalah kakak adik peraih lebih dari 100 medali Olimpiade Matematika dan Sains Internasional berkebangsaan Indonesia.[1][2] Mereka berdua di nobatkan sebagai Kader Bela Negara RI pada tahun 2021 oleh Kementrian Pertahanan Republik Indonesia, Ikon Prestasi Pancasila oleh BPIP RI pada tahun 2022, Tokoh Muda Inspiratif oleh Kemenpora dan pemegang Rekor Dunia MURI atas prestasi mereka di bidang Matematika dan Sains Internasional.[3][4]

Di awal tahun 2023 Mischka dan Devon memenangkan Proudest Moment of The Year Award dalam acara Musyawarah Award 2022 yang diselenggarakan oleh Mata Najwa, Narasi TV. Mischka juga dinobatkan sebagai salah satu sosok inspiratif termuda dan menjadi 50 Tokoh Persona Femina di bulan April 2023. Devon Kei Enzo beberapa kali menjadi Juara 1 dunia mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade Matematika dan Sains Internasional.[5] Mischka juga sempat menjadi Juara 1 dalam ajang Sustainability Challenge Internasional Competition dimana karyanya di tayangkan didepan pemimpin dunia di acara PBB COP 26 di Glasgow, Scotlandia.[6] Di September 2023, Mischka dan Devon menjadi pembicara termuda di didalam rangkaian acara ASEAN 2023 yang berlangsung di Jakarta, Indonesia dan menerima Youth Achievement Award dari Wakil Menteri Kementerian Pemuda dan Olahraga, Malaysia.

Mischka dan Devon memulai program sosial mereka Sejuta Impian di tahun 2021, berbagi ilmu pendidikan, motivasi dan pengalaman melalui kunjungan rutin ke sekolah-sekolah di Indonesia, berbagi beasiswa dan bimbingan belajar bebas biaya secara daring. Mereka berdua juga berbagi konten edukasi melalui akun sosial media mereka. Mischka dan Devon merilis buku pertama mereka di tahun 2022 berjudul Rumus Rumus Juara yang diterbitkan oleh Elexmedia Computindo dan dijual diseluruh Gramedia di Indonesia.[7]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Mischka lahir di tahun 2008, sedangkan Devon lahir di tahun 2009. Mereka merupakan putra putri dari Fashion Designer Internasional asal Indonesia Winnie Aoki yang menjadi langganan anak selebriti Hollywood. Winnie telah merancang gaun-gaun mewah untuk Blue Ivy, putri penyanyi Beyonce, pada acara MTV Video Music Awards di New York. Karyanya juga telah menjadi langganan buah hati para selebriti Hollywood lainnya seperti Victoria Beckham, Kardashian, Sarah Jessica Parker, Tom Cruise, hingga keponakan Rihanna pada acara-acara bergengsi seperti Oscar Academy Awards dan Golden Globes. Mischka dan Devon sempat tinggal di Perth, Australia di masa kecilnya, sebelum pindah ke Jakarta diakhir tahun 2010. Mereka sempat menempuh sekolah dasar di Binus School Simprug hingga kelas lima sebelum pindah ke Sekolah ACS Jakarta. Karena prestasi mereka, disaat mereka masih menduduki kelas 8 dan 9, Mischka dan Devon menerima tawaran untuk mengambil advanced program yang jauh di atas level mereka di sekolah selebritis Hollywood, di California, Amerika Serikat. Mischka mendalami Law and Order, sedangkan Devon yang masih berusia 12 tahun, mengikuti Advanced High School Math Courses yang ditunjukkan untuk anak setingkat level SMA.

Prestasi dan Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Mishcka Devon, pelajar Indonesia peraih lebih dari 100 medali Olimpiade Matematika dan Sains Internasional

Mischka dan Devon dikenal sebagai Kakak adik yang berhasil memenangkan lebih dari 100 medali Olimpiade Matematika dan Sains Internasional hanya dalam kurun waktu 2 tahun saja[1]. Meskipun mereka berdua sudah sering mengikuti kompetisi sejak kelas 3 SD, nama mereka berdua mulai dikenal publik saat memenangkan 2 Medali emas untuk Indonesia diajang American Math Olympiad di tahun 2021. Devon diketahui pernah memenangkan 2 kali Diamond Medal di World Mathematics Invitational ditahun 2021 dan 2022, Platinum Medal di Singapore School Math Olympiad, dan beberapa kali menempati Ranking 1 dunia, diantaranya adalah Ranking 1 dunia dalam ajang SINGA Math 2022, Vanda Internasional Sains Competition 2021 dan Hua Xia Cup Final 2022.

Mischka sempat menjadi Juara 1 dalam ajang Sustainability Challenge Internasional Competition 2021 dimana karyanya di tayangkan didepan pemimpin dunia di acara PBB COP 26 di Glasgow, Scotlandia. Karena keberhasilan ini, mereka berdua sempat viral di akhir tahun 2021. Di Oktober 2021, Mischka dan Devon menerima gelar Kader Bela Negara dari Kementrian Pertahanan Republik Indonesia, yang diberikan langsung oleh Dirjen Pothan, Mayjen TNI Bapak Dadang Hendrayudha.

Mischka Devon menerima Rekor MURI di awal tahun 2022, untuk prestasi mereka di bidang Matematika dan Sains Internasional

Di awal tahun 2022, Mischka dan Devon menerima Rekor MURI atas prestasi mereka di bidang Matematika dan Sains Internasional. Mereka berdua kembali viral di bulan Juli 2022 karena foto ikonik mereka yang memegang puluhan medali sambil membentangkan bendera merah putih di Time Square, New York.

Di akhir tahun 2022, Mischka dan Devon menerima penghargaan sebagai Ikon Prestasi Pancasila dari Badan Pembinaan Ideology Pancasila (BPIP) dan terpilih sebagai Tokoh Muda Inspiratif dalam suatu acara yang di selenggarakan oleh Kemenpora Indonesia. Di awal tahun 2023, Mischka dan Devon terpilih menjadi pemenang Proudest Moment of The Year Award dalam acara Musyawarah Award 2022 yang diselenggarakan oleh Mata Najwa, Narasi TV. Mischka juga dinobatkan sebagai salah satu sosok inspiratif termuda dan menjadi 50 Tokoh Persona Femina di bulan April 2023.

Di tahun 2023 Mischka dan Devon juga menerima Youth Achievement Award dari Wakil Menteri Kementerian Pemuda dan Olahraga, Malaysia. Selain itu mereka juga dilantik sebagai Friends of Mensa oleh Mensa Indonesia. Mensa merupakan komunitas internasional yang menghimpun individu dengan kemampuan intelektualitas luar biasa atau IQ (an intelligence quotient) di atas rata-rata.

Mischka Devon dinobatkan sebagai ikon Pancasila oleh Badan Pembinaan Ideology Pancasila di tahun 2022

Karir[sunting | sunting sumber]

Selain prestasi mereka di bidang matematika dan sains, Mischka dan Devon dikenal atas kemampuan Public Speaking mereka. Mereka kerap diundang menjadi bintang tamu, nara sumber, dan motivator dalam acara-acara TV shows, school dan publik events. Beberapanya adalah di tahun 2023 Mischka dan Devon terpilih menjadi pembicara termuda di didalam rangkaian acara ASEAN 2023 yang berlangsung di Jakarta, Indonesia dan Idea Fest 2023. Di tahun 2022 Mischka dan Devon menjadi pembicara termuda dalam acara Indonesia Millenial dan Gen Z Summit oleh IDN Media, Ted X Talk, Bedah Kampus Universitas Indonesia, Museum Geology Indonesia dan pembicara termuda diacara Youth Conference di Kuala Lumpur, Malaysia di bulan September 2022. Mereka juga menjadi salah satu motivator dalam acara Juara Indonesia bersama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, di Indosiar di bulan Maret 2023. Selain itu mereka juga kerap tampil di TV seperti Brownis TV (Trans TV), Tonight ShowPremiere (NET TV), CNN Indonesia, TV One News (TV One), E Talkshow (TV One), Insert Live (Trans TV Studio), Berita Satu Pagi (Berita Satu News), Selamat Pagi Indonesia (Metro TV) dan lainnya.

Mischka dan Devon terpilih menjadi salah satu dari 3 tokoh inspiratif yang menjadi bagian dari Dirgahayu RI Campaign Video oleh CNN Indonesia di bulan Agustus 2022, Program Cerdas Berkarakter dari Kemendkbudristek RI, dan terpilih menjadi bagian dari REWIND Indonesia 2022 yang di sutradarai oleh Chandra Liew, Cia Nicolay dan Jovial De Lopez. Dalam perjalanan karirnya, Mischka Devon sudah bekerja sama dengan merk seperti Samsung, Garuda Indonesia, Disney Indonesia, Shoppee, Garnier, Epson, CIMB Niaga, Bank BTPN, Traveloka, Wyetth, Nutrilon, Cerebrofot, Casio, Kenko Stationery, Ruang Guru dan lainnya. Mischka dan Devon juga menaruh perhatian pada dunia Edukasi dii Indonesia.

Dedikasi dan komitmen Mischka dan Devon di bidang pendidikan telah memberikan dampak positif bagi jutaan pelajar Indonesia melalui program sosial “Sejuta Impian” yang mereka dirikan sejak tahun 2021. Sebagai bagian dari program “Sejuta Impian”, Mischka dan Devon memberikan beasiswa kepada anak-anak berbakat Indonesia untuk mengikuti ajang Olimpiade tingkat Internasional, mengadakan sesi bimbingan belajar matematika dan sains online secara gratis dan juga berbagi ilmu pendidikan, motivasi dan pengalaman melalui kunjungan rutin ke sekolah-sekolah di Indonesia. Mischka dan Devon juga secara rutin membagikan konten konten pendidikan, diantaranya matematika, bahasa Inggris, public speaking, dan banyak lagi lainnya, melalui akun media sosial mereka yang ditonton lebih dari 25 juta orang setiap bulannya.

Interview di acara TV Show[sunting | sunting sumber]

Tahun Bulan Acara Saluran
2021 Juli Brownis Trans TV
Agustus FMB 9 CNN Indonesia
September Tonight Show Premiere NET TV
Oktober Selamat Pagi Indonesia Metro TV
Lintas iNews MNC TV
2022 Februari Bercanda Pagi Trans TV
April TVRI World TVRI
Agustus Kemerdekaan RI CNN Indonesia
Agustus Rumah Idaman ANTV
Agustus Rumpi No Secret Trans TV
Agustus TV One News TV One
Agustus Insert Live Trans TV
Agustus SEA Today Morning Show SEA Today
Agustus Keluarga SonFai Trans TV
September Helmy Yahya Bicara Helmy Yahya
Desember Berita Satu Pagi Berita Satu News
2023 Januari Ketawa Itu Berkah Trans TV
Januari E Talkshow TV One
Januari On Cam Tribunnews
Februari Liputan 6 Pagi SCTV
Februari Maia Aledul TV Maia Estianty
Maret Juara Indonesia Indosiar
Mei Dokumentasi pemuda berprestasi Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI
Agustus Merdeka Belajar Eps 25 KEMENDIKBUD RI
Agustus Q & A Metro TV
Agustus Fakta62 NET TV
September Jumat Curhat Online Siber TV
September The Friday Podcast Makna Talks
Oktober Okezone Update Okezone
November Raditya Dika Raditya Dika Pod Cast

Karya[sunting | sunting sumber]

Mischka dan Devon merilis buku pertama mereka di tahun 2022 berjudul Rumus Rumus Juara yang diterbitkan oleh Elexmedia Computindo dan dijual diseluruh Gramedia di Indonesia. Buku ini berhasil menjadi penjulan terlaris di beberapa cabang toko buku.[8][9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Media, Kompas Cyber (2022-10-31). "Raih Medali Internasional ke-100, Mischka dan Devon Perkuat Profil Pelajar Pancasila di Jatim". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2023-05-20. 
  2. ^ Wulandari, Trisna. "Cerita Mischka & Devon, Peraih 40 Lebih Medali Olimpiade Matematika & Sains". detikedu. Diakses tanggal 2023-05-20. 
  3. ^ zulfikar, fahri. "Pecahkan Rekor MURI, Mischka & Devon Raih Medali Internasional Terbanyak 2021". detikedu. Diakses tanggal 2023-05-20. 
  4. ^ Rizki, Anisa. "Bangga! Mischka-Devon Kembali Sabet 5 Medali dan Juara 1 Dunia". detikedu. Diakses tanggal 2023-05-20. 
  5. ^ Media, Kompas Cyber (2022-01-17). "Raih Segudang Prestasi Internasional, Mischka dan Devon Cetak Rekor Muri Halaman all". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2023-05-20. 
  6. ^ "Kakak-Adik Peraih 33 Medali Mischka dan Devon Kolaborasi dengan Putri Iron Man". kumparan. Diakses tanggal 2023-05-20. 
  7. ^ Media, Kompas Cyber (2023-02-06). "Mischka dan Devon Luncurkan Buku "Rumus-Rumus Juara" bersama Penerbit Elex Media Halaman all". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2023-05-20. 
  8. ^ Media, Kompas Cyber (2023-02-08). "Apa Kata Mischa dan Devon Tentang Buku " Rumus Rumus Juara"". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2023-05-20. 
  9. ^ "Toko Buku Online Terbesar | Gramedia Digital". ebooks.gramedia.com. Diakses tanggal 2023-05-20. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]