Mirza Masroor Ahmad

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mirza Masroor Ahmad
Khalifah Mesias
Amir al-Mu'minin
Mirza Masroor Ahmad (cropped).jpg
Khalifatul Masih V
Berkuasa22 April 2003 – kini
PendahuluMirza Tahir Ahmad
Lahir15 September 1950 (umur 70)
Rabwah, Punjab, Dominion Pakistan (kini Pakistan)
Nama lengkap
Mirza Masroor Ahmad
مرزا مسرور احمد
AyahMirza Mansoor Ahmad
IbuSahibzadi Nasira Begum
PasanganSahibzadi Amatul Sabooh Begum (k. 1977)
AgamaIslam Ahmadiyah
Tanda tanganMirza Masroor Ahmad
GelarKhalifah Mesias

Mirza Masroor Ahmad (bahasa Urdu: مرزا مسرور احمد; lahir di Rabwah, Punjab, Dominion Pakistan (kini Pakistan), 15 September 1950; umur 70 tahun) adalah pemimpin Komunitas Muslim Ahmadiyah kelima dan saat ini. Gelar resminya dalam gerakan tersebut adalah Khalifah Mesias Kelima (bahasa Arab: خليفة المسيح الخامس‎, khalīfatul masīh al-khāmis). Ia terpilih pada 22 April 2003, tiga hari setelah kematian pendahulunya Mirza Tahir Ahmad.

Sosok yang menjadi khalifah kelima dari Komunitas Muslim Ahmadiyah berkontibusi besar dalam menjaga perdamaian dunia melalui sambutan-sambutannya di berbagai belahan dunia.

Adapun pada tahun 2004 beliau mengadakan acara simposium tahunan yang menarik banyak menteri, anggota parlemen, politisi, pemimpin agama, dan pejabat lainnya.

Pada tahun 2009 beliau meluncurkan "Hadiah Muslim Ahmadiyah untuk Kemajuan Perdamaian" tahunan yang merupakan penghargaan perdamaian internasional.

Pada tahun 2012 beliau menyampaikan dua pidato berkenaan dengan perdamaian di Kongres Amerika Serikat dan Parlemen Eropa, sehingga para pendengar mendapat manfaat langsung dari pesan Yang Mulia tentang perdamaian, keadilan, dan persatuan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Mirza Masroor Ahmad di Wikimedia Commons