Mira Nair

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mira Nair
Mira Nair.jpg
Nair di Pertemuan Sutradara Kelas Master IIFW 2008
Lahir15 Oktober 1957 (umur 62)
Rourkela, Odisha, India
Tempat tinggalNew York City, New York, A.S.
PekerjaanSutradara film, produser film
Tahun aktif1986–sekarang
Suami/istriMitch Epstein (bercerai)
Mahmood Mamdani (1991–sekarang)

Mira Nair (kelahiran 15 Oktober 1957) adalah seorang pembuat film dan aktris India yang berbasis di New York.[1] Perusahaan produksinya, Mirabai Films, mengkhususkan diri dalam film-film untuk penonton internasional dengan berperan sebagai "pemberi informasi asli" tentang masyarakat India, dalam hal ekonomi, sosial atau kebudayaan. Beberapa film terbaiknya adalah Mississippi Masala, The Namesake, Monsoon Wedding pemenang Golden Lion dan Salaam Bombay!, yang dinominasikan pada Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik.

Kehidupan pribadi dan pendidikan[sunting | sunting sumber]

Mira Nair lahir pada 25 Oktober 1957 di Rourkela, Odisha, dan dibesarkan bersama dengan dua kakak laki-laki dan orang tua di Bhubaneshwar, Odisha. Bersama dengan keluarganya, Nair adalah orang Punjabi, dan berasal dari wilayah kelas menengah keatas yang terletak di India.[2] Ayahnya, Amrit Nair, adalah seorang perwira administratif India, dan ibunya, Praveen Nair, adalah seorang pekerja sosial yang sering bekerja dengan anak-anak buta huruf.[3] Pada usia sebelas tahun, Nair dan keluarganya berpindah ke Delhi karena pentransferan jabatan ayahnya. Pada usia tiga belas tahun, ia meninggalkan rumah untuk masuk Tara Hall, sebuah sekolah misionaris Katolik Irlandia yang terletak di Simla, dimana ia mengembangkan pemahamannya dalam bidang sastra Inggris. Setelah Tara Hall, Nair pergi untuk belajar di Miranda House di Universitas Delhi, dimana ia utamanya belajar dalam bidang Sosiologi. Dalam rangka meraih pendidikan terbaik yang tersedia, Nair masuk ke sekolah-sekolah Barat dan pada usia sembilan belas tahun, ia mendapatkan beasiswa penuh dari Universitas Cambridge, namun mengurunkannya dan menggantinya dengan beasiswa penuh dari Universitas Harvard.[4]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Pada 1977, Mira Nair bertemu dengan suami pertamanya, Mitch Epstein, ketika mengikuti kelas fotografi di Universitas Harvard.[2] Mereka bercerai pada 1987, dan pada 1988 Nair bertemu dengan suaminya Mahmood Mamdani ketika di Uganda saat sedang meneliti film Mississippi Masala. Putra mereka, Zorhan, lahir pada 1991. Seperti istrinya, Mamdani juga mengajar di Universitas Columbia.[3]

Nair sempat menjadi praktisioner yoga yang antusias selama beberapa waktu; ketika membuat sebuah film, ia mengajak para pemeran dan kru memulai hari dengan sesi yoga.[5]

Pandangan politik[sunting | sunting sumber]

Pada Juli 2013, Nair menolak undangan ke Festival Film Internasional Haifa sebagai "tamu kehormatan" untuk memprotes kebijakan-kebijakan Israel terhadap Palestina. Dalam posting-posting di akun Twitter-nya, Nair berkata bahwa "Aku akan pergi ke Israel ketika tembok-tembok tersebut diruntuhkan. Aku akan pergi ke Israel ketika penjajahan pergi...Aku akan pergi ke Israel ketika negara tersebut tidak menindas salah satu agama lainnya. Aku akan pergi ke Israel ketika Apartheid berakhir. Aku akan pergi ke Israel, pada saat yang akan datang. Aku berpihak pada Palestine for the Academic and Cultural Boycott of Israel (PACBI) & Boycott, Divestment, Sanctions (BDS)." Nair kemudian dipuji oleh PACBI, yang menyatakan bahwa keputusannya untuk memboikot Israel "membantu penyorotan perjuangan melawan kolonialisme dan apartheid." Ia kemudian berkicau "Aku akan pergi ke Israel, pada saat yang akan datang."[6][7][8][9][10][11]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Ia telah memenangkan sejumlah penghargaan, termasuk sebuah Penghargaan Film Nasional dan berbagai penghargaan festival film internasional, dan menjadi nominasi di Academy Award, Golden Globes, BAFTA Awards dan Penghargaan Filmfare. Ia juga dianugerahi sebagai Tokoh India Abroad Tahun Ini-2007.[16] Pada 2012, ia diberi penghargaan sipil tertinggi ketiga di India Padma Bhushan oleh Presiden India, Pratibha Patil.[17]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Spelling, Ian (1 September 2004). "Director likes to do her own thing". Waterloo Region Record. hlm. C4. 
  2. ^ a b Muir, John Kenneth (June 1, 2006). Mercy In Her Eyes: The Films of Mira Nair. Applause Theater & Cinema Books. ISBN 1557836493. 
  3. ^ a b "Mira Nair". Encyclopedia of World Biography. Encyclopedia of World Biography. Diakses tanggal 29 April 2015. 
  4. ^ Blenski, Simon; Debreyne, Adrien Maurice; Hegewisch, Martha Eugina; Trivedi, Avani Anant. "Mira Nair". Universitas Minnesota. Universitas Minnesota. Diakses tanggal 30 April 2015. 
  5. ^ Dupont, Joan (21 September 2001). "Mira Nair Peels Back Layers Of Punjabi Society". International Herald Tribune. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Desember 2009. 
  6. ^ "Film director Mira Nair boycotting Haifa festival". Jewish Telegraphic Agency. 21 Juli 2013. 
  7. ^ "Mira Nair turns down invite to Israel film festival". The Times of India. Press Trust of India (PTI). 23 Juli 2013. 
  8. ^ Sherwood, Harriet (21 Juli 2013). "Mira Nair boycotts Haifa film festival". The Guardian. 
  9. ^ Anderman, Nirit (21 Juli 2013). "Prominent filmmaker boycotts Haifa festival to protest Israeli 'apartheid'". Haaretz. 
  10. ^ "Mira Nair boycotts Israel Film Festival in Palestine's support". The Express Tribune. 20 Juli 2013. 
  11. ^ "Award-winning director boycotts Haifa Film Festival to protest 'Apartheid'". The Jerusalem Post. 21 Juli 2013. 
  12. ^ a b c d e f g h "Mira Nair's works to be screened at IFFI 2010". NDTV. Press Trust of India. 25 November 2010. Diakses tanggal 28 Juni 2011. 
  13. ^ "Mira can't wait to start Shantaram". Rediff. 29 November 2007. Diakses tanggal 28 June 2011. 
  14. ^ Vashi, Ashish (1 November 2009). "Hollywood says ILU to Gujarati". The Times of India. Times News Network (TNN). Diakses tanggal 28 June 2011. 
  15. ^ Gandert, Sean (22 October 2009). "Salute Your Shorts: Mira Nair's Short Films". Paste Magazine. Diakses tanggal 25 November 2010. 
  16. ^ "Mira Nair is India Abroad Person of the Year 2007". Rediff.com. 29 Maret 2008. 
  17. ^ Jamkhandikar, Shilpa (25 Januari 2012). "Dharmendra, Shabana Azmi, Mira Nair to get Padma Bhushan". Reuters. 

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]