Mira Filzah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mira Filzah
Mira Filzah pada Maret 2016.
LahirNur Amirah Filzah binti Badioezaman
2 April 1993 (umur 31)
Ipoh, Perak, Malaysia
PendidikanIjazah Sarjana Muda Perniagaan Antarabangsa
AlmamaterUniversitas Teknologi MARA (UiTM)
PekerjaanAktris, pembawa acara, model, usahawan
Tahun aktif2013–kini
Tinggi162 cm (5 ft 4 in)
Suami/istri
Wan Emir Astar Wan Mohammad Khair-il Anuar
(m. 2020)
Anak1

Nur Amirah Filzah Badioezaman (lahir 2 April 1993) adalah seorang aktris, pembawa acara, model dan pengusaha wanita asal Malaysia.[1][2] Menjadi antara artis wanita yang terlaris di Malaysia.[3][4] Ia memerankan banyak sinetron seperti Eksperimen Cinta (2015), Cinta Si Wedding Planner (2016), Meh Sandar Pada Aku (2017), Pujaan Hati Kanda (2018-2019), Lelaki Kiriman Tuhan (2018-2019), Sweet Dreams (2019) dan Adellea Sofea (2019–2020). Film juga termasuk Rise: Ini Kalilah (2018) dan Sangkar (2019). Selain akting, ia juga memiliki produk kecantikannya sendiri yaitu Mora Essential yang bekerjasama dengan partner lain dan koleksi syal mereknya sendiri, MF Shawls. South China Morning Post menggambarkannya sebagai "Malaysia's ultimate girl's next door".[5]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Mira Filzah lahir pada 2 April 1993 di Ipoh, Perak. Ia merupakan anak kedua dari tiga bersaudara dari pasangan Faziatul Akmar Hisan dan Badioezaman Ab Khalik. Adik bungsunya adalah Aina Fadhilah. Ia mengenyam pendidikan awal di Sekolah Menengah Kebangsaan Aminuddin Baki, Kuala Lumpur dan merupakan lulusan bisnis internasional di Universiti Teknologi MARA (UiTM).

Karier[sunting | sunting sumber]

Mira Filzah mulai terjun ke bidang modeling pada usia 17, sebelum pindah ke dunia akting. Drama televisi pertamanya adalah Dunia Lola di mana ia memegang peran utama sebagai Lola, acara hijabista yang berkolaborasi dengan Sunsilk Shampoo. Setelah pensiun dari dunia hiburan selama 2 tahun untuk fokus studinya di Bisnis Internasional di UiTM, Mira tidak menyangka ada tawaran di bidang akting yang datang kepadanya melalui sinetron Eksperimen Cinta yang dipimpin oleh Izreen Azminda dan Fahrin Ahmad. Tawaran yang datang ia anggap sebagai rezeki dan pengalaman baru. Meski memegang karakter sebagai asisten karakter, karakter sebagai Suraya dalam Eksperimen Cinta dikatakan masih hidup dan menarik perhatian penggemar.

Tawaran yang datang setelah ia membintangi sinetron Eksperimen Cinta tidak dapat disangkal dan ia secara teratur muncul di televisi membintangi berbagai FTV setelah itu. Memegang karakter sebagai Intan dalam FTV Abang Haji di TV3 dimana ia harus menghidupkan karakter itu menambah pengalaman baru baginya karena ia belum pernah memerankan karakter seperti itu, apalagi karakter tersebut dianggap antagonis dan bisa membuatnya tidak populer. Kecurigaan itu dibuat-buat ketika banyak penonton yang merespon positif aktingnya yang jadi.

Ia menjadi terkenal dan menular di situs media sosial Facebook karena menampilkan seragam resmi petugas, Departemen Perhubungan Jalan (JPJ) untuk FTV Din Sardin (2015). Menurutnya, pemberitaan tentang fotonya yang tersebar di media sosial tidak dirasakan sebagai sesuatu yang negatif dan dianggap sebagai peluang baginya untuk lebih dikenal masyarakat.

Kepercayaan yang diberikan oleh sutradara dan produser itu tidak sia-sia ketika memimpin sebuah sinetron yang menjadi perbincangan hangat banyak penonton, Cinta Si Wedding Planner (2016) yang tayang di TV3. Meskipun beberapa penonton memperdebatkan pasangannya dengan aktor Singapura yang berbasis di Malaysia, Ady Putra dalam sinetron tersebut, namun setelah beberapa episode ditayangkan, pasangan mereka mendapat tanggapan positif dari rata-rata penggemar. Sinetron tersebut kemudian dilanjutkan dengan sebuah FTV khusus sempena Hari Raya Aidilfitri yaitu Cinta Si Wedding Planner Raya.

Mira memenangkan Penghargaan MeleTOP Era 2016 sebagai Artis Baru MeleTOP dan Berita Harian Popular Star Award ke-29 sebagai Akrtis Baru Wanita Populer. Pada tahun 2019, melalui Penghargaan Bintang Populer Berita Harian ke-32, Mira memenangkan kategori Aktris TV Wanita Populer dan Aktris Film Wanita Populer serta Drama Compatible Coupling dengan Remy Ishak untuk drama Pujaan Hati Kanda. Dia juga dinobatkan sebagai Bintang Paling Populer dengan suara penggemar 6.320 463 suara.

Dia memiliki klub penggemar yang disebut "Miraclegacy". Mira terus mengasah bakatnya dalam menjadi pembawa acara ketika diberi kesempatan menjadi pembawa acara Mahligai Cinta season 10 yang tayang di TV3. Dia mengambil peran sebagai pembawa acara Nona di TV3 untuk menggantikan Uyaina Arshad. Ia ikut membintangi Remy Ishak dan Sangeeta Krishnasamy dalam film drama politik Rise: Ini Kalilah yang disutradarai oleh Nik Amir Mustapha. Film tersebut merupakan debut aktingnya dan tayang perdana pada 13 September 2018.

Dia kemudian memainkan peran perawat dan saudara perempuan Johan, Lea dalam film aksi olahraga Sangkar yang disutradarai oleh Kabir Bhatia yang memasangkannya dengan Zul Ariffin dan Remy Ishak. Dirilis pada 29 Agustus 2019, film ini menceritakan permusuhan dan penebusan antara dua pejuang MMA lokal, serta perjuangan mereka untuk martabat dan keluarga.

Mira kembali bekerja sama dengan Remy Ishak dalam sinetron Lelaki Kiriman Tuhan yang disutradarai oleh Rashid Sibir dan Pujaan Hati Kanda di Slot Akasia TV3. Pujaan Hati Kanda mendapat respon yang sangat baik dari penonton dan berhasil mendapatkan 12 juta views selama pemutaran sinetron dan 30 juta total view di Youtube TV3.

Pada Agustus 2019, Mira berperan sebagai Puteri dalam sinteron Sweet Dreams yang disutradarai oleh Michael Ang, yang juga dibintangi oleh Ben Amir. Dibintangi oleh Sean LJE, Datin Nina Juren, PU Azman, Yuna Rahim, Nasz Sally, Yusuf Bahrin, Didi Astillah dan Roy Azman.

Mira juga muncul di video musik untuk lagu "Baby Sayang" bersama Caprice.

Mira kembali tampil di televisi lewat sinetron Adellea Sofea yang mengusung tokoh bergelar Ungku Ismail Aziz yang bergelar Fir. Sinetron ini juga dikatakan hot karena karakter yang dibawakannya sangat membangkitkan semangat.

Ia dan suaminya, Wan Emir Astar menjadi pembawa acara In Love With Mira yang mulai tayang di Naura mulai 7 September 2020. Mira dipertemukan kembali dengan Zul Ariffin melalui drama adaptasi novel Bidadari Kiriman Tuhan yang memerankan dua karakter, Manis Suhaila dan Manja Suhana. Mulai Agustus 2021, posisinya sebagai pengacara Nona digantikan oleh Amyra Rosli.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Mira bertunangan dengan Wan Emir Astar Wan Mohammad Khair-il Anuar, putra politisi Mastura Mohd Yazid dan Wan Mohammad Khair-il Anuar Wan Ahmad pada 16 Juli 2020. Mira dan Wan Emir menikah pada 3 September 2020 di Bukit Kiara , Kuala Lumpur.

Ia tinggal bersama keluarganya di Bangi, Selangor.

Pada Januari 2022, Mira mengumumkan bahwa dia hamil anak pertamanya.

Mira melahirkan seorang anak lelaki pada 10 Mei 2022.[6]

Cabang lain[sunting | sunting sumber]

Di luar karir aktingnya, Mira adalah seorang pengusaha sukses. Dia adalah pendiri produk kecantikan Mora Essential oleh Mira Filzah. Dengan minat yang mendalam pada fashion, Mira mendirikan rangkaian MF Shawls yang memproduksi berbagai jenis syal.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Keterangan
2018 Rise: Ini Kalilah Fizah Film pertama
2019 Sangkar Lea
2021 Sa Balik Baju Aria
2022 Dato' Ai La Beau Miera
2024 Munajat Kekasih Nur Sakinah
Cinta tak Pernah Tepat Waktu dr. Sarah

Serial Televisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Saluran
2013 Dunia Lola Laila / Lola Astro Ria
2015 Eksperimen Cinta Suraya TV3
Cinta Si Wedding Planner Izara Batrisya
2016 Ketupat Palas Mr. Handsome Ayu
Tika Langit Terbuka: Down Syndrome Maria Astro Oasis
Abang Bomba I Love You Dr. Dahlia Astro Ria
2017 Meh Sandar Pada Aku Afnan Tasneem TV3
Ops Cinta Din Sardin Che Ta TV9
3 Gadis Manis Aisyah Astro Gempak
Meh Sandar Lagi Afnan Tasneem TV3
2018 Pelangi Cinta Bunga
Rahsia Hati Perempuan Ilaina Astro Ria
Lelaki Kiriman Tuhan Naira Astro Oasis
Pujaan Hati Kanda Tiara TV3
2019 Sweet Dreams Putri Astro Ria
Sara Sajeeda Sofea (kameo) TV3
Adellea Sofea Adellea Sofea
2020 Bidadari Kiriman Tuhan Manis Suhaila / Manja Suhana Astro Ria
2021 The Maid Elisa
The Hotel Raisa
2022 Senduk Swap Roshini Astro TA-DAA!
2023 Imam Instant Ustazah Scammer Ustazah Effa Astro Ria
SuperWira Seri Gumum Astro Ceria

Seri Web[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Saluran
2016 Katakan, 3 Jam Saja Mira Youtube
2024 Gadis Masa Maya Viu

FTV[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Saluran
2015 Din Sardin Che Ta TV9
Abang Haji Intan TV3
Abang Beduk Aishah Astro Oasis
Nasi Dagang Lembu Korban Umaira TV AlHijrah
2016 Dia Untukku Zahra
Dika Baran Kameo TV1
Cili Mira Astro Maya HD
Cinta Si Wedding Planner Raya Izara Batrisya TV3
Bella Bella
Duit Kahwin Rozana Astro Ria
Jatuh Cinta Buta Kameo
2017 Love You Miss Pomen Saerah TV9
Jula Juli Bintang Cinta Jula Astro Citra
Malam Tanpa Yasin Adawiyah TV3
Jula Juli Bintang Putus Cinta Jula Astro Citra
Dosa Perempuan Tasha TV3
Izinkan Aku Mawar Astro Citra
2018 Teksi Love Nada
Mak Cun Pi Amerika Lagi Fira Kirana TV3
2019 U'Start Enjin Shuhara Astro Citra
Pujaan Hati Kanda Raya Tiara TV3
Aku Penghiburmu Ayu (kameo) TV2

Televisi[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Peran Saluran Keterangan
2014 Primadona Ejen Primadona Astro Prima
2014-15 KLTV Pembawa acara Hypp Sensasi
2015 MV lagu Selamat Malam Cinta Encik Mimpi Kameo
Qari Junior Pembawa acara TV3
2016 Trek Selebriti Bintang tamu Astro Ria
LePaknil
Ketuk-Ketuk Ramadan TV1
Ye Ke TV3
Bonda Bonding Astro Ria
MeleTOP Bintang tamu acara
Anugerah Bintang Popular Berita Harian ke-29 Pembawa acara TV3
25 Rasul Pencerita Astro Oasis Episode: "Muhammad SAW & Siti Khadijah"
2016-17 3 Juara Penbawa acara TV3
2017 CCTV! Bintang tamu Astro Ria
Shuib, Artis & Telemovie Citra
Mahligai Cinta Pembawa acara TV3
2018-2021 Nona
2019 Maharaja Lawak Mega 2018 Bintang tamu Astro Warna Bersama kumpulan Zero
Sepahtu Reunion Live Mawar Episode: "Lelaki Kiriman"
Resepi Mak Esah Penbawa acara bersama Sherry Alhadad Astro Ria
CCTV! Bintang tamu
2020 I Can See Your Voice Malaysia (Musim 3) TV3
In Love with Mira, Sebuah Cerita Cinta Dirinya sendiri Naura HD
2021 Romantika Dirinya sendiri bersama Suaminya Astro Ria
2022 Ceria Popstar Xtra Juri yang diundang Astro Ceria
Sepahtu Reunion Live Zila Astro Warna Episode: "Tapan Yang Disakiti"

Musik video[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Penyanyi
2019 "Baby Sayang" Caprice
2020 "Siapa Tak Mahu" Siti Nurhaliza

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Single[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Kedudukan Keterangan
ERA FM
[7]
Hot FM
[8]
Muzik Muzik
[9]
JOOX
[10]
2017 "Sandar Padaku" (berduet dengan Aliff Aziz) [11][12] OST Sinetron Meh, Sandar Pada Aku!

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Karya yang dinominasikan Hasil
2016 Anugerah MeleTOP Era Aktris Baru MeleTOP Menang
Anugerah Bintang Popular Berita Harian ke-29 Akrtis Baru Wanita Populer Menang
Anugerah Melodi Melodi Drama Kepribadian Nominasi
Kepribadian Sensasi Melodi Nominasi
2017 Anugerah Drama Festival Kuala Lumpur Aktris Pilihan Cinta Si Wedding Planner Menang
Anugerah Bintang Popular Berita Harian ke-30 Pemeran TV Populer Nominasi
Pembawa Acara Populer Nominasi
Anugerah Stail EH! Pilihan Harapan Selebriti Menang
2018 Anugerah Bintang Popular Berita Harian ke-31 Pemeran TV Wanita Populer Nominasi
Pembawa Acara Populer Nominasi
Aktris Versatil Populer Nominasi
Anugerah Skrin Pemeran Pendukung Wanita Terbaik Sinetron Dosa Perempuan Nominasi
2019 Anugerah MeleTOP Era Pemeran TV MeleTOP Lelaki Kiriman Tuhan Nominasi
Anugerah Bintang Popular Berita Harian ke-32 Pemeran TV Wanita Populer Menang
Pemeran Film Wanita Populer Rise: Ini Kalilah Menang
Pembawa Acara Populer Nominasi
Aktris Versatil Populer Nominasi
Gandingan Serasi Sinetron (bersama Remy Ishak) Pujaan Hati Kanda Menang
Gandingan Serasi Film (bersama Remy Ishak) Rise: Ini Kalilah Nominasi
Bintang Paling Populer Menang
Anugerah Telenovela Pemeran Wanita Telenovela Populer Lelaki Kiriman Tuhan / Pujaan Hati Kanda Menang
Ratu Telenovela Serba Dinamik Menang


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ardini Sophia Sina (31 Oktober 2019). Mira masih sama Harian Metro. Dicapai pada 24 November 2019.
  2. ^ Rudy Imran Shamsudin (24 September 2019). Bakat seiring anugerah Harian Metro. Dicapai pada 24 November 2019.
  3. ^ Sudirman Mohd Tahir (28 Disember 2019). Artis wanita paling laris Harian Metro. Dicapai pada 28 Disember 2019.
  4. ^ Zaidi Mohamad (19 September 2019). "Mira Filzah mahu jadi pelakon terbaik". Berita Harian. Diakses tanggal 18 Julai 2020. 
  5. ^ Irene Pyne (9 Julai 2019). "Baby sayang: Who is Mira Filzah and why is she trending on Instagram?". South China Morning Post. Diakses tanggal 18 Julai 2019. Malaysian actress has had to deal with an onslaught of sexually explicit comments on her social media feed. 
  6. ^ Sudirman Mohd Tahir (10 Mei 2022). "Mira Filzah dapat 'baby' lelaki". Harian Metro. Diakses tanggal 11 Mei 2022. 
  7. ^ "Carta ERA 40". ERA FM. 
  8. ^ "Hot FM 30". Hot FM. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-05-12. Diakses tanggal 2017-03-21. 
  9. ^ "Carta 20 Muzik Muzik". Muzik Muzik. 
  10. ^ "Player Ranking". JOOX APP. 
  11. ^ mStar (21 Februari 2017) Mira Filzah Terjebak Jadi Penyanyi - Berita Hiburan Dicapai 21 Mac 2017.
  12. ^ Sinar Harian (8 Mac 2017). Percubaan pertama Mira Filzah duet bersama Aliff Aziz - Hiburan Dicapai 21 Mac 2017.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]