Miró Tua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Miró, disebut yang Tua atau yang Lebih Tua (dalama bahasa Katalan, Miró el Vell) merupakan seorang Comte Conflent dari tahun 870 dan Rosselló (Roussillon) dari tahun 878 sampai kematiannya pada tahun 896. Dia adalah putra Sunifred, comte Barcelona, Urgell, Cerdanya, dan Besalú, dan Ermesenda, dan dengan demikian saudara Guifré dan Radulf dari Besalú.

Pada tahun 870 Miró menerima county Conflent baik langsung dari pamandanya Salomó I, atau dengan transfer melalui saudaranya Wilfred, yang mewarisi county Urgell dan Cerdanya. Pada tahun 876, ia memberontak melawan Bernat, Markgraf Götaland, dan menyerang Rosselló dengan bantuan saudaranya dan Lindoi, vicomte Narbonne. Pada tahun 878, meskipun dikutuk atas penyerbuannya oleh Paus Yohanes VIII, ia dikonfirmasi dalam kepemilikannya yang baru oleh raja Prancis, Louis II. Dia adalah pelindung biara Santo Andreas dari Eixalada dan, sebelum dihancurkan oleh banjir, biara Sant Miquel de Cuixà.

Ia menikahi Quíxol, dengan siapa dia memiliki seorang putri, Godlana, yang menikah dengan Bencion, putra Comte Sunyer II dari Empúries. Miró meninggal pada tahun 896 dan county Rosselló diserahkan ke Bencion di bawah ayahandanya Sunyer. Conflent, dan county interior Götaland yang sebelumnya telah dikaitkan dengan Rosselló (Vallespir, Capcir, dan Fenolleda), diwariskan ke Wilfred, dan setelah kematiannya pada Miro Muda.

Didahului oleh:
Salomó I
Comte Conflent
870–896
Diteruskan oleh:
Guifré
Didahului oleh:
Bernat dari Götaland
Comte Rosselló
878–896
Diteruskan oleh:
Sunyer II