MINIX

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Minix)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
MINIX
The MINIX 3.1.8 boot screen
The MINIX 3.1.8 boot screen
Perusahaan / pengembangAndrew S. Tanenbaum
Diprogram dalamC
KeluargaUnix-like
Status terkiniCurrent
Model sumberOpen source (originally COSS, now FOSS)
Rilis stabil terkini3.2.0 / 29 Februari 2012; 7 tahun lalu (2012-02-29)
Rilis tak-stabil terkini- / -
Target pemasaranTeaching (v1, v2)
embedded systems (v3)
Ketersediaan bahasaEnglish
Ketersediaan bahasa pemrogramanC, C++, FORTRAN, Modula-2, Pascal, Perl, Python
Dukungan platformPC, PC/AT, PS/2, Motorola 68000, SPARC, Atari ST, Commodore Amiga, Macintosh, SPARCstation, Intel 386, PC compatibles, NS32532, ARM and INMOS transputer
Jenis kernelMicrokernel
Antarmuka bawaanCommand line interface (ash)
LisensiOriginally proprietary, BSD license since 2000
Situs web resmiwww.minix3.org
MINIX 3.1.2a

Minix adalah sebuah sistem operasi mirip UNIX yang bersifat sumber terbuka, yang dibuat berdasarkan arsitektur microkernel. Kernel sistem operasi ini dibuat oleh seorang profesor di Vrije Universiteit Amsterdam, Belanda yang bernama Andrew Stuart Tanenbaum yang pada awalnya ditujukan untuk tujuan edukasional. Minix juga menjadi inspirasi bagi Linus Torvalds untuk membuat kernel Linux.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Andrew Stuart Tanenbaum membuat Minix di Vrije Universiteit Amsterdam, Belanda untuk memberikan contoh bagi prinsip-prinsip dalam sistem operasi pada buku Operating Systems: Design and Implementation yang dibuat olehnya serta diterbitkan oleh Prentice Hall pada tahun 1987. Kode sistem operasi tersebut terdiri atas kira-kira 12000 baris, yang terdiri atas kernel, manajer memori, dan sistem berkas yang diulas di dalam buku. Sistem operasi ini kebanyakan ditulis dalam bahasa pemrograman C.

Tanenbaum pada awalnya mengembangkan Minix sebagai sebuah sistem operasi UNIX yang kompatibel dengan komputer IBM PC dan IBM PC/AT. Versi 1.5 dari Minix akhirnya di-port ke dalam arsitektur mikroprosesor Motorola 68000, yang digunakan oleh banyak platform populer seperti Atari ST, Amiga, dan Apple Macintosh. Selain x86, dan Motorola 68000, Minix juga dapat berjalan di atas Sun SPARC. Karena Motorola 68000 kurang sukses di pasaran, Minix versi 2.0 akhirnya kembali dibuat hanya dalam format x86 saja. Minix versi 3 telah dirilis, seiring dengan penerbitan buku Operating Systems Design and Implementation, Third Edition (Prentice Hall, 2006, ISBN 0-13-142938-8) yang dibuat oleh Tanenbaum beserta Albert S. Woodhull.

Kompilator yang digunakan untuk melakukan kompilasi Minix, merupakan sebuah kompilator yang diturunkan dari Amsterdam Compiler Kit. Saat ini, melakukan kompilasi terhadap kernel Minix belum mungkin jika menggunakan kompilator lainnya (gcc, atau kompilator lainnya).

Minix dan Linux[sunting | sunting sumber]

Desain prinsip sistem operasi yang diterapkan oleh Tanenbaum terhadap Minix memengaruhi keputusan desain yang diambil oleh Linus Torvalds dalam rangka pembuatan kernel Linux. Linus Torvalds memang menggunakan Minix dan menghargainya, tetapi desain yang dibuatnya berbeda secara signifikan jika dibandingkan dengan Minix, terutama ketika melihat desain kernelnya (Linux menggunakan monolithic kernel sementara Minix merupakan microkernel).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]