Minifigur Lego

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Beberapa minifigur modern Lego dalam serial 16, 17 yang dirilis pada tahun-tahun terkini.

Minifigur Lego, yang umumnya disebut sebagai "mini fig", atau singkatnya "fig", adalah sebuah plastik kecil yang diolah menjadi figurine, beberapa diantaranya berwarna kuning dan warna kulit lainnya, tersedia sebagain bagian dari mainan konstruksi Lego, yang diproduksi oleh perusahaan mainan Denmark Lego Group. Produk tersebut pertama kali diproduksi pada 1978, dan meraih kesuksesan besar, dengan diproduksi lebih dari 3.7 miliar,[1] dan produk tersebut tampil dalam berbagai media, yang meliputi film, buku dan permainan video. Produk tersebut biasanya ditemukan dalam set Lego, meskipun produk tersebut juga dijual terpisah sebagai gantungan kunci dan magnet.

Angka serupa diproduksi oleh perusahaan lain, seperti Kreons dari mainan konstruksi Kre-O oleh perusahaan Korea Oxford (anak perusahaan Hasbro), atau angka oleh Block Tech atau perusahaan Kanada Mega Bloks.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Prekursor minifigur dirilis pada tahun 1975. Ini berada pada skala yang sama dengan minifigur saat ini, tetapi memiliki desain yang berbeda. Mereka memiliki batang tubuh yang kokoh tanpa lengan terpisah yang dapat digerakkan, potongan tubuh bagian bawah yang kokoh yang tidak dapat digerakkan, dan kepala tanpa fitur tercetak.[2] Mereka memiliki berbagai macam hiasan kepala dalam berbagai warna, termasuk topi, rambut kuncir dan topi koboi.

Minifigur modern pertama dirilis pada tahun 1978, termasuk dalam set Castle, Space, dan Town. Ini dirancang oleh Jens Nygaard Knudsen,[3][4] yang datang dengan ide untuk memiliki batang tubuh, kaki, dan potongan lengan yang dapat dipertukarkan. Karena ini dibuat menjadi potongan-potongan, perusahaan memutuskan untuk memberi mereka ekspresi wajah yang sederhana, dibuat sebagai dua titik hitam pekat untuk mata dan senyum yang dilukis dengan warna hitam pekat, dan tanpa komponen jenis kelamin atau ras, percaya bahwa faktor-faktor ini akan "ditentukan". oleh imajinasi dan permainan anak".[5]

Pada tahun 1989 untuk peluncuran tema Bajak Laut Lego, minifigur juga menyertakan kait untuk tangan, serta pasak kaki; ini adalah keberangkatan pertama dari bagian tubuh tradisional. Dimulai dengan Bajak Laut Lego pada tahun 1989 dan menyebar ke Lego Town dan Lego Castle dalam beberapa tahun ke depan, minifigur juga diproduksi dengan ekspresi wajah yang berbeda seperti rambut wajah, penutup mata, riasan feminin, dan kacamata hitam.[3] Sebagian besar penambahan wajah awal ini masih berpusat di sekitar dua mata dan senyum, namun mulai tahun 1997 dengan Willa the Witch of the Fright Knights ekspresi wajah menjadi lebih kompleks termasuk mulut terbuka dan mata yang detail.

Keberangkatan lain dari bagian tradisional adalah penggunaan kaki pegas. Kaki-kaki ini disatukan di bagian atas. Kaki ini hanya ditampilkan dalam set bola basket, 2002–2003. Variasi kaki lainnya termasuk kaki pendek untuk anak-anak atau kurcaci, atau kaki panjang (digunakan dalam tema Toy Story).

Pada tahun 2003, minifigur pertama dengan warna kulit naturalistik (sebagai lawan dari kuning yang digunakan sampai saat ini) dirilis, sebagai bagian dari tema Lego Basketball; minifigur ini juga diciptakan dalam rupa orang yang hidup.[3] Ini juga termasuk Lando Calrissian dalam tema Star Wars. Tahun berikutnya, penggunaan warna kulit alami diperluas ke semua produk berlisensi; di mana tokoh-tokoh diciptakan untuk mewakili aktor film dan orang hidup lainnya. Contoh populer termasuk Star Wars, Indiana Jones, Harry Potter dan minifigur Batman.

Pada tahun 2006, Lego dilaporkan telah menghasilkan 4 miliar minifigur.[3] Setidaknya ada 3655 minifigur berbeda yang diproduksi antara tahun 1975 dan 2010 dan jumlah minifigur baru per tahun meningkat pesat. Pada tahun 2010 lebih dari 300 minifigur baru diperkenalkan.[6]

Desain & Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Tinggi minifigur tipikal adalah 4 sentimeter (1,6 in). Minifigur umumnya menampilkan enam bagian (secara luas disebut sebagai alat dalam industri mainan): kepala, batang tubuh, pinggul, lengan, tangan, dan kaki; enam bagian ini memungkinkan tujuh titik artikulasi: kepala putar, lengan putar, pergelangan tangan putar, dan kaki putar. Minifigur biasanya dikemas sebagai tiga bagian terpisah dalam set Lego: kepala, batang tubuh, dan kaki. Plastiknya adalah acrylonitrile butadiene styrene (ABS), bahan keras yang membuat figur LEGO tahan lama.[7]

Plastik dilebur ke dalam cetakan yang dirancang khusus yang menghasilkan berbagai bagian minifigur. Beberapa cetakan juga merupakan aksesoris seperti senjata (pedang, senjata, pedang cahaya, dll) atau aksesoris sehari-hari (cangkir, makanan, peralatan, dll). Kepala dan batang tubuh hampir selalu membutuhkan dekorasi lebih lanjut, dan terkadang juga lengan dan kaki. Proses yang sulit inilah yang menyebabkan angkanya lebih mahal daripada produk Lego lainnya. Setelah dicetak, kepala diletakkan di atas batang tubuh, kaki dilekatkan, dan lengan dijepit. Angka-angka itu akhirnya dikantongi dan siap untuk dijual.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Kepala minifigur berbentuk silinder, dan menempel pada silinder panjang dan sempit yang dicetak ke bagian atas batang tubuh, yang memungkinkan kepala berputar. Fitur ini juga memungkinkan item untuk dilampirkan ke figur di atas batang tubuh, seperti tangki udara, jubah atau pelindung dada. Kepala memiliki stud di atasnya yang berukuran sama dengan stud pada bata Lego standar yang memungkinkan seseorang untuk ditempatkan di atasnya. Kepala adalah satu-satunya komponen minifigur yang dapat digunakan untuk aplikasi lain - kepala minifigur kosong sering digunakan dalam set Lego untuk meniru objek lain seperti kap lampu dan peralatan listrik.

Aksesoris kepala sangat bervariasi, dan termasuk rambut, helm dan topi. Kaki berputar secara independen hingga 90 derajat ke depan, dan hampir 45 derajat ke belakang. Minifigur juga terhubung ke batu bata Lego standar baik dalam posisi duduk atau berdiri. Tangan minifigure menyerupai huruf C, yang memungkinkan mereka untuk memegang banyak aksesori Lego serta batu bata, ubin, dan piring. Ada ratusan aksesori yang berbeda, termasuk pedang, kapak, tongkat sihir, cangkir, senjata, dan Pedang cahaya. Selain itu, bagian atas tangan berukuran kira-kira sama dengan kancing pada batu bata Lego standar, yang memungkinkan potongan Lego ditempatkan di atasnya. Variasi ini memungkinkan minifigures untuk disesuaikan, sesuai dengan desain modular elemen Lego.

Variasi desain[sunting | sunting sumber]

Sementara hampir semua kepala minifigur, batang tubuh, lengan, tangan dan kaki memiliki ukuran dan bentuk yang sama, beberapa set menyertakan angka yang menyimpang dari standar. Salah satu variasi desain paling ekstrem adalah minifigur yang diproduksi dalam edisi lima karakter Star Wars C-3PO, yang dilapisi emas 14 karat padat.[8]

Batang tubuh[sunting | sunting sumber]

Minifigur yang dibuat dari potongan khusus yang dicetak secara unik pertama kali diperkenalkan di Life on Mars. Mars terdiri dari lima alat: dua pasang lengan ganda, batang tubuh mekanik, potongan kaki siam, dan kepala. Konfigurasi ini juga digunakan untuk banyak droid Star Wars; Battle Droids mengikuti pola yang sama, sementara Super Battle Droids memiliki kepala yang dipasang di batang tubuh, General Grievous memiliki ruang untuk empat lengan, dan IG-88 memiliki kepala yang terbuat dari potongan Lego lainnya. Droid lain, seperti Droidekas, Spider Droid dan Pit Droid, seluruhnya dibuat dari potongan Lego standar, namun umumnya masih dianggap minifigur. R2-D2 dan droid astromech lainnya dibuat dari bagian yang unik, dengan bagian atas, badan, dan kaki yang terpisah. Robot dari Exo-Force, alien komandan Misi Mars dan miniatur Bionicle memiliki desain yang mirip dengan Star Wars Battle Droids, tetapi dengan kaki terpisah, tangan yang dapat digerakkan, dan kepala yang ditempelkan pada batang tubuh kecil. Hagrid, karakter setengah raksasa dari seri Harry Potter, menggunakan tubuh minifigur yang lebih besar, dengan hanya kepala yang dapat dipisahkan.

Kerangka, biasanya ditemukan di set Castle, Pirate, dan Indiana Jones, menggunakan kepala minifigur standar, tetapi batang tubuh, lengan, dan kaki unik yang dirancang menyerupai struktur kerangka; meski berbeda, bagian figur ini tetap bisa dilepas. Figur kerangka dan lainnya sama-sama menimbulkan kontroversi apakah mereka harus dianggap sebagai minifigur atau hanya "figur", karena kurangnya suku cadang minifigur standar.

Selain itu, beberapa minifigur, kebanyakan bajak laut, terkadang menyertakan kaki pasak dan kait untuk tangan.

Batang tubuh Lego sering kali memiliki kotak-kotak hitam di bagian lehernya, hal ini untuk membantu proses pencetakan otomatis saat memproduksi minifigur.

Kepala[sunting | sunting sumber]

Minifigur juga menampilkan pahatan kepala unik yang berbeda dari bentuk silinder tradisional; yang pertama adalah Jar Jar Binks, termasuk dalam set Star Wars pada tahun 1999, diikuti oleh Yoda, C-3PO, tokoh goblin Harry Potter, Kit Fisto, dan Plo Koon. Kit Fisto adalah minifigur pertama yang tidak menggunakan kepala stirena akrilonitril butadiena.[8] Minifigur menggunakan karet sebagai gantinya.[8] Aksesori tradisional, seperti topi dan helm, tidak dapat dipasang di kepala yang tidak standar ini. Beberapa minifigures, seperti Wookiees, Gamorrean Guards dan Ewoks menggunakan potongan papan sandwich yang pas di seluruh tubuh. SpongeBob memiliki kepala bata Lego pahatan yang pas seperti kepala standar, mirip dengan figur hantu, kecuali figur ini menggunakan kaki pendek atau standar, bukan batu bata.

Pakaian kepala dan leher[sunting | sunting sumber]

Berbagai macam pakaian dan aksesoris telah diproduksi untuk minifigur, termasuk gaya rambut, topi, topi, dan helm. Dalam set Lego Star Wars, Clone Troopers dan Stormtroopers memiliki helm yang dipahat secara unik, mengadaptasi desain karakter asli ke format minifigur. Minifigur Exo-Force menampilkan rambut bergaya anime, seperti halnya minifigur Nightwing dari set Batman Arkham Asylum.

Sosok hantu memiliki jubah seluruh tubuh yang menempel pada kepala minifigur, dan kaki seperti batu bata yang kokoh.

Kaki[sunting | sunting sumber]

Beberapa minifigur yang dibuat menyerupai karakter wanita, terutama di set Castle dan Pirate, menggunakan batu bata miring yang besar sebagai ganti kaki, untuk menyerupai gaun atau rok. Namun, batu bata miring ini lebih tinggi dari kaki standar minifigur, membuat beberapa karakter tampak canggung ketika ditempatkan di sebelah wanita yang lebih tinggi. Pada tahun 2018, potongan rok khusus dirilis, lebih pendek, lebih lembut melengkung di bagian belakang, dan dengan pin kaki biasa untuk menyambung ke batang tubuh, bukan kancing pada batu bata biasa.

Dalam tema Simpsons serta tema lainnya, kain rok telah dibuat yang memungkinkan minifigur untuk memakai rok. Namun, cetakan rok pertama muncul untuk minifigur Minnie Mouse dan Alice dalam tema minifigur Koleksi Disney. Cetakan untuk rok Balerina memang lebih tua dari minifigur Disney beberapa bulan, tetapi menyerupai piring oval lurus dan dianggap sebagai tutu.

Kaki yang lebih pendek, tanpa sendi di pinggul, kadang-kadang digunakan untuk membuat figur mini yang lebih pendek dari figur standar (yaitu anak-anak, leprechaun, Yoda atau Penguin). Potongan seperti itu pertama kali dibuat untuk set Star Wars tetapi sejak itu telah digunakan di tempat lain. Pada tahun 2018, sepasang kaki berukuran sedang diperkenalkan, berukuran antara kaki yang lebih pendek dan kaki biasa. Kaki ini memiliki sendi di pinggul untuk memungkinkan gerakan kaki individu, dan digunakan untuk mewakili remaja yang lebih tua atau remaja yang lebih muda, diperkenalkan untuk tema Harry Potter yang di-reboot.

Kaki lainnya termasuk kaki asap Genie, kaki ekor putri duyung, kaki ekor ular dan kaki gurita.

Kustomisasi[sunting | sunting sumber]

Kustomisasi minifig adalah praktik memodifikasi minifigur Lego. Ini bisa sesederhana mencampur dan mencocokkan bagian, atau serumit mengecat atau membentuk ulang plastik. Beberapa minifigur kustom dibuat dengan menempelkan stiker atau decals ke angka. Ada juga bisnis pihak ketiga yang menjual stiker kustom dan aksesoris minifigur cetakan, banyak di antaranya terinspirasi oleh media populer seperti film dan video game. Sementara fenomena yang relatif baru, kustomisasi minifigur dengan cepat menjadi populer dalam komunitas bangunan yang lebih luas, meskipun beberapa mempertahankan pendekatan "murni", hanya menggunakan elemen yang diproduksi oleh Lego.

Eksekutif Lego selama beberapa tahun sekarang telah menggunakan minifigures yang dipersonalisasi sebagai pengganti kartu nama, dengan detail email dan telepon di bagian depan dan belakang batang tubuh, dan fitur rambut dan wajah yang dirancang menyerupai setiap eksekutif. Anda dapat melihat daftar di sini 39 Kartu Nama Karyawan Lego. Diyakini bahwa lebih dari 100 di antaranya ada.

Mengoleksi[sunting | sunting sumber]

Baik anak-anak dan penggemar Lego (AFOL) dewasa mengumpulkan Lego Minifigur tanpa mengumpulkan set. Lego Grup telah menghasilkan lebih dari 1.000.000.000 Minifigur dalam 30 tahun terakhir[butuh rujukan] dan banyak orang membeli dan menjual ini di eBay dan situs lain seperti Bricklink. Beberapa minifigur paling mahal dan langka dapat dilihat di Minifigur Lego Langka dan Termahal

Koleksi Minifigur (CMF)[sunting | sunting sumber]

Tema Koleksi Minifigur (CMF), diperkenalkan pada tahun 2010, adalah satu set minifigur "tas buta" yang dikemas secara individual. Setiap seri terdiri dari sekitar 16 minifigur baru dan eksklusif, dengan pilihan acak 60 polybag per kotak. Sebuah seri baru dirilis setiap tiga sampai empat bulan, dengan beberapa memiliki tema (misalnya monster atau topeng) dan lainnya termasuk berbagai macam minifig. Beberapa blog menerbitkan "panduan perasaan" untuk membantu kolektor mencari tahu minifigures mana yang ada di dalam paket buram. Minifigur dapat didasarkan pada film, olahraga, fiksi, sejarah, atau pekerjaan/hobi (yaitu Punk Rocker, Dino Tracker, Caveman). Semua minifigur CMF dilengkapi dengan "dudukan" Lego. Sebagian besar CMF dilengkapi dengan aksesori (seringkali unik) dan banyak yang memiliki bagian tubuh yang dicetak secara unik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "LEGO minifigure turns 25" (Siaran pers). The Lego Group. October 2003. Diakses tanggal 2006-06-18. 
  2. ^ Farshtey, Gregory; Lipkowitz, Daniel (17 March 2018). Lego Minifigure Year by Year: A Visual History. Dk Pub. hlm. 13. ISBN 9781465414786 – via Google Books. 
  3. ^ a b c d "Company Profile 2006" (PDF). Lego.com. 2006-05-20. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 20-05-2006. 
  4. ^ Jack Guy. "Lego minifigure creator Jens Nygaard Knudsen dies". CNN. Diakses tanggal 2020-02-25. 
  5. ^ "Creator of iconic Lego figure Jens Nygaard Knudsen dead at 78". Agence France-Presse. 24 Februari, 2020. Diakses tanggal 24 Februari, 2020 – via South China Morning Post. 
  6. ^ Bartneck, Christoph (2011). The Unofficial LEGO Minifigure Catalog. CreateSpace. ISBN 978-1-4635-1897-4. 
  7. ^ Palmer, Katie M. (7 Juli, 2015). "Sorry, But the Perfect Lego Brick May Never Be Eco-Friendly". Wired. 
  8. ^ a b c Beercroft, Simon (2009). Lego Star Wars The Visual Dictionary. DK Publishing. hlm. 96. ISBN 978-0-7566-5529-7. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]