Mini 4WD

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Mini 4WD (4-Wheel-Drive) adalah sejenis model miniatur mobil balap rakitan yang terbuat dari plastik berskala 1/20 (1:20) hingga 1/48 (1:48), bermesin dinamo dengan sumber tenaga sepasang baterai AA dan dikendalikan tanpa remote control.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Logo perusahaan Tamiya

Mini 4WD pertama kali diproduksi oleh sebuah perusahaan model berskala Jepang yaitu Tamiya, pada 1982. Mini 4WD merupakan sebuah miniatur mobil dengan mesin sebagai alternatif dari berbagai jenis miniatur mobil plastik di pasaran yang umumnya tak bermesin. Pada tahun 1989, Tamiya menugaskan Shogakukan, sebuah perusahaan penerbitan di Jepang, untuk memproduksi dua serial anime TV yang ceritanya didasarkan pada mobil Mini 4WD, salah satunya yang cukup populer berjudul Dash! Yonkuro. Semenjak itu, balapan dan memodifikasi mobil 4WD telah menjadi hobi bagi banyak orang di belahan dunia. Mini 4WD sangat popular di kawasan Asia, seperti Jepang, Filipina, Indonesia, Malaysia, Taiwan, Hongkong, hingga ke Italia dan Amerika Serikat.

Teknis[sunting | sunting sumber]

Mini 4WD sendiri adalah mainan yang berbentuk rakitan, dari chasis hingga body harus dirakit sedemikian rupa agar menjadi sebuah mainan yang utuh dan dapat dijalankan. Penggerak dari mainan ini adalah sebuah motor DC kecil yang terpasang di antara roda belakang atau depan chasis. Kecepatan dari mobil mainan ini bergantung dari seberapa baik penggunanya merakit motor maupun integrasi elektriknya.

Racer Mini 4WD Dash-3 Shooting Star

Berikut adalah hal hal yang harus diperhatikan dari kita saat merakit mini 4WD:

1. Pemilihan motor: saat menjalankan mini 4WD, motor adalah hal yang sangat vital. Ada dua jenis motor yang ada di pasaran.yaitu motor bertenaga tinggi dan berkecepatan tinggi. Pemilihan motor sangat bergantung pada lintasan yang akan dilalui oleh mini 4WD tersebut.

2.Pemilihan Ban: bila mini 4WD melalui sebuah lintasan di tempat yang memang sewajarnya, maka ban karet lateks biasa cukup baik untuk digunakan. Namun juga disarankan bagi pengguna mini 4WD untuk menggunakan ban busa bila mobil hanya melaju untuk putaran singkat.

3.Pemilihan Aksesori: aksesori yang berlebihan pada mini 4WD juga akan mempengaruhi laju mobil tersebut. Sehingga pengguna mini 4WD harusnya lebih bijak menggunakan aksesori agar tidak berlebihan. Bila lintasan yang dilalui terlalu berliku, maka disarankan untuk menggunakan minimal roler depan dan belakang sehingga membantu mobil untuk bergerak di setiap tikungan.