Mimi (film India 2021)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Mimi
SutradaraLaxman Utekar
ProduserDinesh Vijan
Jio Studios
Ditulis olehLaxman Utekar
Rohan Shankar
Rohan Shankar
SkenarioLaxman Utekar
Rohan Shanka
Berdasarkan
Mala Aai Vhhaychy!
oleh Samruddhi Porey
PemeranKriti Sanon
Pankaj Tripathi
Sai Tamhankar
Evelyn Edwards
Penata musikA. R. Rahman
Himanshu Jaykar
SinematograferAkash Agarwal
PenyuntingManish Pradhan
Perusahaan
produksi
Maddock Films
Jio Studios
DistributorJioCinema
Netflix
Tanggal rilis
  • 26 Juli 2021 (2021-07-26)
Durasi133 minutes[1]
NegaraIndia
BahasaHindi

Mimi adalah sebuah film drama komedi berbahasa India tahun 2021 yang ditulis dan disutradarai oleh Laxman Utekar dan ditulis bersama oleh Rohan Shankar, yang merupakan remake dari film Marathi Mala Aai Vhhaychy! (2011) oleh Samruddhi Porey. Diproduksi bersama oleh Dinesh Vijan di bawah spanduknya Maddock Films dan Jio Studios. Bintang film Kriti Sanon dalam peran tituler Mimi, seorang wanita muda yang memilih untuk menjadi ibu pengganti untuk pasangan asing.

Film ini juga menampilkan Pankaj Tripathi, Sai Tamhankar, Manoj Pahwa, Supriya Pathak, Evelyn Edwards dan Aidan Whytock dalam peran pendukung.

Film ini diambil terutama di Mandawa, Churu dan Jaipur, kecuali beberapa hari di Mumbai. Skor dan soundtracknya dikomposisikan oleh A. R. Rahman, dengan lirik oleh Amitabh Bhattacharya; sinematografi dan editing masing-masing ditangani oleh Akash Agarwal, Himanshu Jaykar dan Manish Pradhan.

Menyusul rilis teater yang tidak ada karena pandemi COVID-19, film ini kemudian direncanakan untuk rilis digital melalui layanan streaming Netflix dan JioCinema, dengan tanggal yang dijadwalkan 30 Juli 2021. Namun, film tersebut dirilis melalui platform pada 26 Juli 2021, empat hari sebelum rilis yang dijadwalkan karena film tersebut dirilis secara tidak sengaja oleh Jio Cinema dan masuk ke situs torrent.[2] Film ini menerima ulasan yang beragam hingga positif dari para kritikus film, yang memuji kinerja Sanon dan Tripathi, dengan banyak yang menyatakan peran tersebut sebagai penampilan terbaik karier Kriti Sanon tetapi mengkritik film tersebut karena plotnya yang dibuat-buat.[3]

Plot[sunting | sunting sumber]

John (Aiden Whytock) dan Summer (Evelyn Edwards), pasangan Amerika yang tidak dapat hamil, mengunjungi Rajasthan untuk mencari ibu pengganti. Mereka bertemu dengan Mimi (Kriti Sanon), seorang penari lokal, dan merasa bahwa dia akan menjadi ibu pengganti yang sempurna untuk anak mereka. Mereka meyakinkan sopir taksi lokal Bhanu (Pankaj Tripathi) untuk merekrut Mimi sebagai pengganti mereka, dengan janji 20 lakh. Mimi, yang memiliki cita-cita menjadi bintang di Bollywood tetapi tidak memiliki sarana keuangan yang dibutuhkan untuk mengejar mimpinya, setuju setelah ragu-ragu di awal. Prosedur IVF berhasil dan Mimi hamil. Untuk menyembunyikan kehamilan dari orang tuanya, Mimi berbohong dan memberi tahu mereka bahwa dia akan pergi ke Mumbai selama 9 bulan untuk syuting film. Dia mulai tinggal dengan temannya Shama (Sai Tamhankar). Bhanu diminta oleh John dan Summer untuk menjaga Mimi saat dia hamil.

Beberapa minggu kemudian, pemeriksaan rutin mengungkapkan bahwa anak Mimi yang belum lahir menderita Sindrom Down. Berita ini menghancurkan John dan Summer, dan mereka tiba-tiba pergi ke Amerika, memberi tahu Bhanu bahwa mereka tidak menginginkan bayi itu lagi dan menyarankan Mimi untuk menggugurkannya. Setelah mengetahui hal ini, Mimi berkecil hati, tetapi menolak gagasan aborsi dan memutuskan untuk membawa anak itu ke masa hukuman. Mimi pulang ke rumah, tampak hamil, dan berbohong bahwa anak itu milik Bhanu ketika ditanya tentang ayah bayi itu. Hal ini menyebabkan masalah tersendiri, karena Bhanu memiliki seorang istri di Delhi yang tidak bertemu dengannya selama berbulan-bulan. Ketika dia dan ibu Bhanu muncul di Rajasthan di rumah Mimi, kekacauan dan kebingungan pun terjadi. Akhirnya, Mimi berterus terang tentang ibu pengganti dan anaknya yang belum lahir diterima oleh orang tua dan keluarganya.

Mimi melahirkan anak laki-laki yang sehat bernama Raj, mengungkapkan bahwa hasil tes sebelumnya adalah positif palsu. Dia menjadi sangat terikat pada Raj dan menunda aspirasi Bollywoodnya untuk merawatnya. Shama dan Bhanu terus menjadi bagian utama dari kehidupan Raj saat ia tumbuh di rumah Mimi, disayang oleh orang tua Mimi. Namun, empat tahun kemudian, John dan Summer kembali ke India setelah melihat video Mimi dan Raj online. Mereka memberi tahu Mimi bahwa mereka telah berubah pikiran tentang bayi itu, dan ingin membawa Raj kembali ke Amerika. Mimi menghadapi Summer, mengatakan bahwa Raj adalah anaknya sekarang dan dia tidak akan mengembalikannya, tetapi John mengancam tindakan hukum, karena Mimi telah menandatangani kontrak untuk ibu pengganti dan tidak memiliki hak hukum atas Raj selama dia dibayar untuk jasanya. . Orang tua Bhanu dan Mimi bersiap untuk bertarung di pengadilan, tetapi Mimi menolak gagasan ini dan memutuskan untuk mengembalikan Raj kepada John dan Summer karena dia tidak ingin Raj menghadapi perjuangan kasus pengadilan. Pada hari penerbangan John dan Summer kembali ke Amerika; Mimi, Bhanu, dan keluarga menemui mereka sebagai pasangan untuk mengirim Raj pergi bersama mereka, tetapi terkejut melihat John dengan seorang anak, yang diklaim Summer sebagai putri mereka. Kemudian terungkap bahwa ketika kembali dari rumah Mimi, pasangan itu menemukan sebuah panti asuhan dan merasakan hubungan dengan Tara, dan memutuskan untuk mengadopsinya. Summer menjelaskan bagaimana setelah melihat Mimi bersama Raj, dia menyadari bahwa menjadi orang tua tidak ada hubungannya dengan darah tetapi semuanya berkaitan dengan cinta dan perhatian. Mereka meninggalkan Raj bersama Mimi dan keluarga, mengakui bahwa dia adalah putranya dalam segala hal dan menjadi miliknya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Kriti Sanon sebagai Mimi Rathore
  • Pankaj Tripathi sebagai Bhanupratap Pandey
  • Sai Tamhankar sebagai Shama, sahabat Mimi
  • Manoj Pahwa sebagai Mansingh Rathore, ayah Mimi
  • Supriya Pathak sebagai Shobha Rathore, ibu Mimi
  • Evelyn Edwards sebagai Musim Panas
  • Aidan Whytock sebagai John
  • Jaya Bhattacharya sebagai Dr. Asha Desai
  • Jacob Smith sebagai Raj Rathore, putra angkat Mimi, Summer dan putra biologis John
  • Atmaja Pandey sebagai Rekha Pandey, istri Bhanu
  • Nutan Surya sebagai Kaikeyi Pandey, ibu Bhanu
  • Sheikh Ishaque Mohammad sebagai Aatif, murid Mansingh
  • Pankaj Jha sebagai Dilshad
  • Narottam Bain sebagai Farookh Shaikh. Penjahit
  • Gyan Prakash sebagai Maulwi, Ayah Shama
  • Anil Bhagwat sebagai Pengacara Bharadwaj
  • Nadeem Khan sebagai Jolly

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pada bulan April 2019, The Times of India melaporkan bahwa Kriti Sanon akan menjadi pemeran utama dalam film yang akan berputar di sekitar ibu pengganti.[4] Rumah produksi Dinesh Vijan, Maddock Films dilaporkan mendukung proyek tersebut. Film ini secara resmi diumumkan pada Agustus 2019 diikuti dengan perilisan poster dan Sanon dan Pankaj Tripathi dilaporkan tampil dalam peran utama. Lebih lanjut dikonfirmasi untuk didasarkan pada film Marathi Mala Aai Vhhayachy (2011).[5] Dalam sebuah wawancara dengan India Today, Dinesh Vijan menyatakan bahwa Mimi adalah kisah berdasarkan peristiwa nyata tidak seperti kisah pedih. Baginya, film ini mengeksplorasi hubungan indah antara seorang wanita yang tidak pernah ingin menjadi seorang ibu dan seorang yang tidak sabar untuk menjadi seorang ibu.[6] Bagian yang tak terduga disebut "humor" dalam alur cerita olehnya. Sanon menambahkan: "Anda akan memiliki banyak humor dan humor situasional. Pada saat yang sama, ada banyak karakter yang akan Anda bawa pulang."[7] Bagi Sanon, Mimi adalah film yang dia tandatangani mendengar idenya tetapi bukan naskahnya. Kemudian, menyadari bahwa peran itu memiliki banyak hal yang ditawarkan kepadanya sebagai seorang aktor.[8] Dia mendapatkan lima belas kilogram berat badan agar sesuai dengan karakter wanita hamil.[5] Dalam sebuah wawancara dengan Hindustan Times, dia dikutip: "Kami harus syuting adegan kehamilan dan Laxman Sir sangat jelas bahwa itu perlu untuk menambah berat badan untuk adegan itu karena dia tidak ingin karakter untuk memiliki wajah yang dipahat".[5] Aktris Sai Tamhankar diikat untuk memainkan karakter penting dalam film, berbagi layar dengan Tripathi.[9] Dia dilaporkan memainkan seorang wanita Muslim dari Rajasthan, karenanya belajar bahasa Urdu serta dialek Rajasthani untuk perannya.[10]

Syuting[sunting | sunting sumber]

Pengambilan gambar utama dimulai di Mandawa, Rajasthan pada 29 Oktober 2019.[11][12] Dalam sebuah wawancara dengan Filmfare, Sanon mengonfirmasi bahwa ini adalah film pertamanya di mana protagonisnya adalah seorang gadis..[13] Pada Desember 2019, tim telah menyelesaikan 40% dari produksi film.[14] The next filming schedule was planned from February 2020 for 30–40 days.[15] Syuting berlangsung di Jaipur pada 10 Februari 2020,[16] di mana pembuat selesai syuting urutan utama dalam 4 Maret 2020.[17][18] Kabarnya, beberapa hari syuting terhenti karena pandemi COVID-19 yang diinduksi penguncian di India. Pada bulan Juni 2020, Utekar mengkonfirmasi bahwa syuting lima hari tertunda termasuk lagu pengantar yang menampilkan artis dari Inggris.[5] Lagu tersebut (kemudian diterjemahkan sebagai "Param Sundari") direncanakan akan difilmkan pada Januari 2021. Dia menambahkan bahwa karena situasi pandemi, kru besar dan pemain yang melakukan perjalanan kembali ke Rajasthan tidak memungkinkan. Pemeran internasional dipanggil ke Mumbai untuk syuting karena mereka diperlukan untuk kelangsungan film.[19] Pada Mei 2021, terungkap bahwa seluruh proses syuting telah selesai.[20]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Mimi
Album lagu tema karya A. R. Rahman
Dirilis16 Juli 2021 (2021-07-16)[21]
Direkam2020–2021
Studio
GenreFeature film soundtrack
Durasi28:00
BahasaHindi
LabelSony Music India
ProduserA. R. Rahman
Kronologi A. R. Rahman
Ayalaan
(2020)
Mimi
(2021)
Atrangi Re
(2021)

Skor asli dan soundtrack disusun oleh A. R. Rahman dan lirik unggulan yang ditulis oleh Amitabh Bhattacharya.[22] Vipin Nair dari Music Aloud menulis dalam ulasannya bahwa "soundtrack memiliki ekspektasi yang sangat rendah, tetapi telah memberikan kejutan dengan rangkaian lagu yang sangat beragam dan menarik" dan memberikan 3,5 dari 5.[23] Seorang kritikus dari The Humming Heart memberikan skor 8 (dari 10) dan mengatakan "Mimi mungkin bukan soundtrack mainstream Hindi papan atas AR Rahman. Tapi, ini adalah album low-key yang indah dengan nada-nada yang mungkin terbayar dengan kunjungan kembali di tahun-tahun mendatang."[24]

Daftar lagu
No.JudulPenyanyiDurasi
1."Param Sundari"Shreya Ghoshal3:20
2."Rihaayi De"A. R. Rahman6:05
3."Yaane Yaane"Rakshita Suresh3:24
4."Hututu"Shashaa Tirupati3:52
5."Phuljhadiyon"Shilpa Rao2:59
6."Choti Si Chiraiya"Kailash Kher4:35
7."Rock A Bye Baby"Julia Gartha, Khatija Rahman3:45
Durasi total:28:00

Rilis[sunting | sunting sumber]

Produser Dinesh Vijan telah merencanakan rilis teater pada Maret 2021 setelah produksinya Roohi, yang merupakan film Hindi arus utama pertama yang memiliki pos rilis teatrikal pandemi COVID-19.[25] Namun, setelah penguncian nasional karena meningkatnya kasus COVID-19 dan gelombang kedua pandemi, pembuat berencana untuk rilis digital pada Mei 2021.[25][26] Film ini didistribusikan ke seluruh dunia oleh Netflix[27] dan JioCinema (platform digital untuk Jio Studios, yang ikut memproduksi film tersebut) juga mendistribusikan film tersebut di India, dengan tanggal rilis yang dijadwalkan pada 30 Juli 2021.[28][29] Namun, empat hari sebelum rilis, platform JioCinema merilis film lebih awal selama beberapa menit pada 26 Juli 2021, dan mengakibatkan pembajakan online karena tersedia untuk situs torrent dan platform streaming film ilegal.[30][31] Untuk melawan pembajakan, Netflix dan JioCinema menayangkan film tersebut pada tanggal yang sama, bukan 30 Juli.[32]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Setelah dirilis, "Mimi" menerima tinjauan yang beragam dari para kritikus film, yang memuji penampilan Sanon dan Tripathi tetapi mengkritik film tersebut karena plotnya yang dibuat-buat.[3]

Renuka Vyahare dari The Times of India memberi 4 (dari 5) bintang dan berkata "Mimi memilih topik yang relevan dan mengubahnya menjadi kisah yang menarik, memberdayakan, dan penuh kasih tentang kemanusiaan dan keibuan".[33] Taran Adarsh, dalam ulasannya untuk Bollywood Hungama, menulis "Mimi adalah kisah yang mengharukan, ditujukan untuk keluarga dan akan membuat penonton tetap terhibur. bioskop, itu memiliki peluang bagus untuk menjadi sukses", memberikan peringkat 3,5 bintang dari lima.[34] Umesh Punwani dari Koimoi memberikan 4 dari 5 dan berkata "Mimi adalah perpaduan yang menyenangkan antara humor dan emosi".[35] Sushri Sahu dari Mashable India juga memberikan 3,5 bintang yang menggambarkan film tersebut sebagai "penghibur keluarga yang menyenangkan" dan menulis, "Mimi adalah penghibur keluarga yang mungkin membuat Anda menangis, tertawa dan tersenyum pada saat yang sama; Jika Anda menyukainya, Anda akan menikmati "Mimi", yang diperkaya oleh penampilan Sanon dan Tripathi". Menyebut penampilan Sanon dalam "Mimi" sebagai karier terbaiknya, ia lebih lanjut menulis, "Sanon telah mengalahkan dirinya sendiri. Faktanya, saat Anda melihat dia memikul film dengan keahliannya, Anda juga akan melihatnya memberikan penampilan terbaik dalam kariernya; Mimi adalah karya cinta Sanon sepanjang jalan".[36] Anupama Chopra dari Film Companion menulis "Mimi puas beroperasi pada tingkat yang sederhana dan dangkal. Laxman menyusun daftar aktor hebat, tetapi Mimi bertumpu di bahu Kriti. Dia juga bekerja keras – menambah berat badan, bekerja dengan aksen Rajasthani. Pada klimaksnya, dia mampu memanggil sumber emosi tetapi sebagian besar, usahanya dirusak oleh naskah dan ketidakmampuannya sendiri untuk melepaskannya. glamor Bollywood sintetis."[37]

Stutee Ghosh dari The Quint memberikan dua dari lima dan menulis: "Konflik dan resolusinya dapat diprediksi dan menggelikan dalam ukuran yang sama. Sangat menyedihkan bahwa Mimi mengurangi karakter titulernya menjadi stereotip yang tidak pernah terasa otentik. Ini benar-benar filmy, jadi kita tahu bahwa tidak peduli seberapa dibuat plotnya kita harus menyerah jika kita memiliki kesempatan untuk 'dihibur'."[38] Jyoti Kanyal dari India Today memberikan 2,5 (dari 5) dan mengatakan "Mimi adalah upaya besar untuk membawa tabu sosial seperti surrogacy ke panggung utama. Namun, dalam mencoba membuatnya lebih menghibur dan emosional, pembuatnya kehilangan kesempatan yang bagus. Film ini memiliki beberapa adegan yang sangat lucu, dan jika melodrama adalah sesuatu yang Anda tidak keberatan, Anda harus memberikan "Mimi" satu kali menonton".[39] Shubhra Gupta dari The Indian Express memberikan satu setengah dari peringkat bintang lima dengan mengatakan "Film ini membutuhkan melodrama, apa lagi, untuk menyelesaikan semua dilemanya. Saat air mata mengalir, dada dipukuli, minoritas yang lain, kulit 'adil' dikomentari, dan akhir yang sepenuhnya dibuat-buat menyelesaikan segalanya".[40] Anna MM Vetticad dari Firstpost memberikan 1,5 (dari 5) mengatakan "Film baru penulis-sutradara Laxman Utekar adalah pandangan yang kacau tentang keibuan dengan kejelasan hanya pada misi konservatifnya untuk mengutuk aborsi Jika ditulis dan diarahkan dengan lebih baik, "Mimi" mungkin dianggap sebagai propaganda anti-perempuan yang berbahaya. Untuk menggambarkannya seperti itu akan menjadi pujian untuk kemampuan mendongeng sutradara".[41]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mimi (2021)". British Board of Film Classification. Diakses tanggal 27 July 2021. 
  2. ^ "Mimi: Kriti Sanon's film releases four days early after online leak". Hindustan Times. July 26, 2021. Diakses tanggal July 26, 2021. 
  3. ^ a b "Mimi: Critics praise Kriti Sanon's performance". July 27, 2021. Diakses tanggal July 27, 2021. 
  4. ^ "Kriti Sanon's next film with Dinesh Vijan will revolve around surrogacy?". The Times of India (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-18. 
  5. ^ a b c d "Kriti Sanon's Mimi won't go to floors anytime soon, says director Lakshman Utekar". Hindustan Times (dalam bahasa Inggris). 2020-06-24. Diakses tanggal 2021-07-18. 
  6. ^ "Mimi: Kriti Sanon, Pankaj Tripathi reunite for producer Dinesh Vijan's film on surrogacy; poster unveiled-Entertainment News , Firstpost". Firstpost. 2019-08-30. Diakses tanggal 2021-07-18. 
  7. ^ "Kriti Sanon reveals details of her character in Mimi". India Today (dalam bahasa Inggris). December 10, 2019. Diakses tanggal 2021-07-18. 
  8. ^ "Kriti Sanon on gaining weight for Mimi: 'I had to force myself to eat as I had lost interest in food'". Hindustan Times (dalam bahasa Inggris). 2020-05-18. Diakses tanggal 2021-07-18. 
  9. ^ "Exclusive! Sai Tamhankar opens up on working with Kriti Sanon in 'Mimi': She is an amazing and honest actress". The Times of India (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-18. 
  10. ^ "Sai Tamhankar Learnt Urdu For Her Role In Kriti Sanon Led Mimi!". Koimoi (dalam bahasa Inggris). 2021-07-16. Diakses tanggal 2021-07-18. 
  11. ^ "Kriti Sanon Starts Shooting for Mimi in Rajasthan". News18 (dalam bahasa Inggris). 2019-10-29. Diakses tanggal 2021-07-18. 
  12. ^ "Kriti Sanon kick starts shooting for Laxman Utekar's 'Mimi'". The Times of India (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-27. 
  13. ^ "'Mimi': The first looks poster of Kriti Sanon's film based on surrogacy will impress you". The Times of India (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-18. 
  14. ^ "Kriti Sanon on Mimi: Have completed 40 per cent shoot". India Today (dalam bahasa Inggris). December 19, 2019. Diakses tanggal 2021-07-18. 
  15. ^ "Kriti Sanon heads to Jaipur". Deccan Chronicle (dalam bahasa Inggris). 2020-02-10. Diakses tanggal 2021-07-18. 
  16. ^ "Mimi: Pregnant Kriti Sanon flaunts baby bump on sets, see pic". The Statesman (dalam bahasa Inggris). 2020-02-20. Diakses tanggal 2021-07-18. 
  17. ^ "Kriti Sanon On Mimi: "This Is One Of The Most Beautiful Scripts I Have Read"". NDTV.com. Diakses tanggal 2021-07-18. 
  18. ^ "Kriti Sanon to kick-start shooting for her next with Rajkummar Rao in just 10 days post wrapping up Mimi" (dalam bahasa Inggris). 2020-03-17. Diakses tanggal 2021-07-18. 
  19. ^ "Kriti Sanon to shoot a dance number for Mimi". The Times of India (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-18. 
  20. ^ "Kriti Sanon's 'Mimi' may have a digital release? Know all about Mimi's release". Republic World (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-18. 
  21. ^ "Mimi (Original Motion Picture Soundtrack)". Spotify. 16 July 2021. Diakses tanggal 16 July 2021. 
  22. ^ "The Kriti Sanon interview | 'With films like Mimi, I get more comfortable with the idea of growing as an actor'-Entertainment News , Firstpost". Firstpost. 2021-07-27. Diakses tanggal 2021-07-27. 
  23. ^ "Mimi – Music Review (Bollywood Soundtrack)". Music Aloud. 2021-07-22. Diakses tanggal 2021-07-29. 
  24. ^ "Review: Mimi by AR Rahman". A Humming Heart (dalam bahasa Inggris). 2021-07-20. Diakses tanggal 2021-07-29. 
  25. ^ a b "Kriti Sanon's Mimi is headed for an OTT release". filmfare.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-27. 
  26. ^ Kanyal, Jyoti (July 8, 2021). "Kriti Sanon's Mimi headed for a digital release? Actress teases fans with new clip". India Today (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-27. 
  27. ^ "Kriti Sanon-starrer Mimi to release on Netflix on this date". The New Indian Express (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-27. 
  28. ^ Roy Chowdhury, Rishita (July 10, 2021). "Kriti Sanon's Mimi to release on July 30. Film to premiere on Netflix, Jio Cinema". India Today (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-26. 
  29. ^ "Mimi, featuring Kriti Sanon, Supriya Pathak, Manoj Pahwa, to premiere on Netflix, Jio Cinema on 30 July-Entertainment News , Firstpost". Firstpost. 2021-07-10. Diakses tanggal 2021-07-27. 
  30. ^ "Mimi Starring Kriti Sanon & Pankaj Tripathi Leaked Online Resulting In A Preponed Release". Koimoi (dalam bahasa Inggris). 2021-07-26. Diakses tanggal 2021-07-27. 
  31. ^ "Four Days Before Official Release, Kriti Sanon's 'Mimi' Leaked Online". TheQuint (dalam bahasa Inggris). 2021-07-26. Diakses tanggal 2021-07-27. 
  32. ^ "Mimi: Kriti Sanon's film releases four days early after online leak". Hindustan Times (dalam bahasa Inggris). 2021-07-26. Diakses tanggal 2021-07-27. 
  33. ^ Mimi Review: A moving take on motherhood and a sense of belonging, diakses tanggal 2021-07-27 
  34. ^ "Mimi Review 3.5/5 : Kriti Sanon starrer MIMI is a heartwarming saga, aimed at families and it will keep the audience thoroughly entertained. Strongly recommended. Mimi Movie Review" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-27. 
  35. ^ "Mimi Movie Review: Dramedy At Its Finest As Kriti Sanon & Pankaj Tripathi Nail The Fusion Of Genres!". Koimoi (dalam bahasa Inggris). 2021-07-27. Diakses tanggal 2021-07-27. 
  36. ^ "'Mimi' Review: Kriti Sanon Delivers Her Career-Best Performance In A Feel-Good Family Entertainer". Mashable India. July 27, 2021. Diakses tanggal July 27, 2021. 
  37. ^ Chopra, Anupama (2021-07-27). "Mimi, On Netflix And Jio Cinema, Operates At A Simplistic, Superficial Level". Film Companion (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-27. 
  38. ^ Ghosh, Stutee (2021-07-27). "Review: 'Mimi' Reduces Its Titular Character to a Sad Stereotype". TheQuint (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-27. 
  39. ^ Kanyal, Jyoti (July 27, 2021). "Mimi Movie Review. Kriti Sanon and Pankaj Tripathi film is an emotional rollercoaster". India Today (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-07-27. 
  40. ^ "Mimi movie review: Kriti Sanon, Pankaj Tripathi film rarely feels believable". The Indian Express (dalam bahasa Inggris). 2021-07-27. Diakses tanggal 2021-07-27. 
  41. ^ "Mimi movie review: Kriti Sanon plays a surrogate Mum peddling a conservative line on abortion-Entertainment News , Firstpost". Firstpost. 2021-07-27. Diakses tanggal 2021-07-27. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]