Miloš Obilić

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Miloš Obilić
Милош Обилић
Milos Obilic Hilandar.jpg
Lukisan Obilic di Biara Hilandar, Gunung Athos
LahirTak diketahui
Meninggal15 Juni 1389
Kosovo Polje
Nama lainMiloš Kobilac, Miloš Kobilović, Miloš Kobilić
Dikenal atasPembunuhan Sultan Utsmani Murad I
GelarKesatria

Miloš Obilić (bahasa Serbia: Милош Обилић, diucapkan [mîloʃ ôbilit͡ɕ]) adalah seorang pahlawan dan kesatria legendaris Serbia. Obilić dikenal sebagai santo dan martir dalam Gereja Ortodoks Serbia karena membunuh Sultan Turki Murad I yang memimpin invasi Utsmani ke Serbia dalam Pertempuran Kosovo pada 15 Juni 1389.

Dikisahkan ketika pertempuran sudah berakhir, Murad I berkunjung ke medan perang untuk melihat situasi terkini sambil mendoakan prajuritnya yang syahid. Pada suatu ketika, Obilić yang berpura-pura mati kemudian bangkit dan menghampiri sultan. Obilić mengaku hendak membaca syahadat dan mencium tangan sang sultan. Murad yang terbawa suasana kemudian memerintahkan pengawal-pengawalnya untuk menghentikan penjagaan terhadapnya dan mempersilakan Obilić mendekat. Saat akan mencium tangan sultan, Obilić dengan cepat mengeluarkan belati dan menusuk perut sultan. Menewaskan Murad seketika.[1]

Kebenaran akan sosok Obilic masih menjadi perdebatan. Banyak yang menduga bahwa sosoknya dibuat-buat sebagai bagian dari "mitos Kosovo" yang dikarang oleh keluarga knez Lazar Hrebeljanovic.[2] Ini karena sosok pembunuh Murad masih anonim hingga pada abad ke-15, di mana Obilic mulai dikenal sebagai pembunuh Murad oleh sumber-sumber dari Yunani dan Serbia sendiri.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Ironi dalam Kematian Tak Terduga Sultan Utsmaniyah". 15 Juni 2017. Diakses tanggal 25 Agustus 2020. 
  2. ^ Judah (2009). The Serbs. Yale University Press. hlm. 32. ISBN 978-0-300-15826-7. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]