Militärgrenze

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Militärgrenze
Provinsi militer
1553–1881
Peta wilayah Militärgrenze (ditandai dengan warna merah) sekitar tahun 1800
Ibu kota Tidak disebutkan
Agama Ortodoks Timur, Katolik Roma
Struktur politik Provinsi militer
Era sejarah Periode modern awal
 -  Didirikan 1553
 -  Dibubarkan 1881
Luas
 -  1857 33.553 km² (12.955 mil²)
Populasi
 -  Perk. 1857 1.062.072 
     Kepadatan 31,7 /km²  (82 /mil²)
Sekarang bagian dari

Militärgrenze (bahasa Indonesia: Wilayah Perbatasan Militer) adalah sebuah provinsi yang terletak di wilayah perbatasan selatan Monarki Habsburg. Wilayah ini berfungsi sebagai cordon sanitaire untuk menghadapi serangan Kesultanan Utsmaniyah.

Wilayah ini didirikan pada abad ke-16 oleh Ferdinand I, Kaisar Romawi Suci, dan terbagi menjadi dua distrik di bawah pemerintahan militer khusus: Wilayah Perbatasan Militer Kroasia dan Wilayah Perbatasan Militer Slavonia. Pada awalnya, Militärgrenze berada di bawah jurisdiksi Sabor dan Ban Kroasia, tetapi semenjak tahun 1627 dikendalikan secara langsung oleh militer Habsburg. Mereka mengendalikan wilayah ini selama lebih dari dua abad hingga pembubaran provinsi ini pada tahun 1881.

Pada abad ke-17, wilayah ini diperluas ke timur. Pada saat itu, Provinsi Militärgrenze terbentang dari wilayah Kroasia di barat hingga Transilvania timur. Pada masa ini, sistem pertahanan juga diganti dari sistem garnisun konvensional menjadi komunitas-komunitas "pasukan-pemukim".

Penduduk wilayah ini dikenal dengan nama "Grenzer" atau "Warga Perbatasan". Mereka adalah pendatang dan sebagian besar merupakan orang Serbia, Kroasia dan Jerman. Mereka menjadi pasukan yang mempertahankan Monarki dan sebagai gantinya memperoleh hak tanah. Orang-orang Jerman telah direkrut di Hongaria pada akhir abad ke-18 untuk menetap dan mengembangkan wilayah Lembah Sungai Donau; mereka dikenal dengan nama Donauschwaben. Satuan-satuan militer yang dibentuk oleh para pemukim memiliki alasan untuk bertempur dan telah mengenal kondisi alam wilayahnya. Maka dari itu, reputasi mereka pun berkembang.

Referensi[sunting | sunting sumber]