Milanesa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Milanesa

Milanesa (bahasa Italia: "cotoletta alla milanese") adalah variasi Amerika Selatan dari hidangan Italia di mana hidangan ini adalah potongan fillet daging yang dilapisi tepung roti, dan dikenal dengan nama milanesa.[1]

Milanesa dibawa ke wilayah Southern Cone oleh para imigran Italia selama emigrasi massal yang dikenal dengan diaspora Italia dalam kurun waktu 1860-1920. Nama hidangan ini mencerminkan hidangan Milan asli, cotoletta alla Milanese, yang mirip dengan Wiener Schnitzel dari Austria.[2]

Milanesa terdiri dari irisan tipis daging sapi, ayam, daging sapi muda, atau kadang-kadang daging babi, terong, tempe atau kedelai. Setiap irisan dicelupkan ke dalam telur kocok, dibumbui dengan garam, dan bumbu lainnya sesuai dengan selera juru masak (seperti peterseli dan bawang putih). Setiap irisan kemudian dicelupkan ke dalam remah roti (atau kadang-kadang tepung) dan minyak goreng yang panas, satu demi satu. Beberapa orang lebih suka menggunakan sedikit minyak dan kemudian memanggangnya di dalam oven sebagai alternatif yang lebih sehat. Hidangan serupa adalah ayam parmigiana.

Variasi[sunting | sunting sumber]

Milanesa

Dengan menambahkan pasta tomat, keju mozzarella, dan kadang-kadang ham, hidangan yang disebut "milanesa a la napolitana" (Milanese dalam gaya Neapolitan) diciptakan. "Neapolitan" tidak dinamai untuk kota Naples, tetapi karena pertama kali dibuat dan dijual di Restaurante Napoli yang dimiliki oleh Jorge La Grotta di Argentina pada tahun 1940-an.[3][4][5]

Di Argentina milanesa sering disajikan panas dengan kentang goreng atau kentang tumbuk; hidangan ini dikenal sebagai milanesa con papas fritas atau milanesa con puré. Di Argentina dan Uruguay, sering ditambahkan dengan telur ceplok di atasnya, yang dikenal sebagai milanesa a caballo (milanesa menunggang kuda). Mereka sering dimakan dingin sebagai isian sandwich, dengan salad. Jus lemon dan kadang-kadang mayones umumnya digunakan sebagai bumbu. Biaya yang rendah dan penyajiannya yang sederhana mereka membuat milanesa menjadi makanan populer.

Milanesa Kaiser, atau escalopa seperti yang dikenal diChili, adalah varian (di mana milanesa normal juga dimakan) yang mengingatkan pada cordon bleu atau valdostana, dengan lapisan keju leleh antara daging sapi dan lapisan ham. Versi Chili klasik disebut escalopa a lo pobre, diatapi kentang goreng, tumisan bawang dan telur goreng, mirip dengan lomo a lo pobre.

Di Meksiko dan Amerika Serikat bagian Selatan, milanesa dimakan di beberapa daerah, sering kali dalam torta (sandwich yang dibuat dengan bolillo atau roti telera). Di Baja California bagian utara, Sonora, Sinaloa, dan Chihuahua (karena pengaruh AS), ia memiliki selada, tomat, dan mayones seperti roti lapis tradisional, tetapi milanesa juga umum di wilayah ini sebagai hidangan utama. Milanesa memela napolitana dibuat dengan tortilla goreng tebal dengan milanesa di atas, dengan ham, saus tomat dan keju parut. Di Meksiko, milanesa biasanya mengacu pada metode persiapan; jenis daging apa pun yang ditumbuk tipis, dilapisi tepung roti dan digoreng mungkin disebut sebagai milanesa. Di negara bagian utara Nuevo León, mungkin karena pengaruh imigran Jerman dan Ceko, hidangan yang dikenal sebagai milanesa sangat populer dan berdiri sendiri sebagai hidangan utama di sebagian besar restoran. Biasanya disajikan dengan kentang goreng, kacang goreng, nasi, dan salad daun selada.

Di Panama, mereka paling sering terbuat dari irisan daging sapi tipis (biasanya sirloin steak), tetapi juga fillet ayam yang tipis. Air jeruk nipis diperas di atasnya sebelum disajikan atau dimakan, dan sering juga dibumbui dengan saus pedas. Mereka dimakan dengan nasi putih dan lauk lainnya seperti salad, lentil, atau kacang. Dua yang terakhir dituangkan di atas nasi, karena biasanya disajikan di Panama sementara salad disajikan ke samping di mana masih ada ruang tersisa di piring. Ketika disajikan sebagai sandwich, mereka dikenal sebagai emparedado de milanesa atau sándwich de milanesa ketika tomat, bawang, selada, saus tomat, dan / atau keju Amerika (queso amarillo yaitu keju kuning). Pan de molde (roti sandwich) dan pan flauta (jenis baguette Panama yang lebih tebal dan lebih lembut) adalah jenis yang digunakan untuk membuat sandwich ini.

Di Filipina, milanesa dikenal sebagai carne frita, dan dimasak dengan cara yang sama seperti yang dijelaskan di atas (daging ditumbuk sampai tipis, tepung, telur, remah roti, digoreng). Diakui, itu tidak begitu populer di negara seperti di Amerika Selatan, dan itu terutama disajikan di rumah-rumah penduduk, bukan di restoran. Keluarga yang makan biasanya menyajikan milanesa / carne frita dengan nasi putih, sejenis kacang rebus (misalnya, kacang putih dengan daun hijau gelap; juga fabada), terkadang salad kentang bergaya Amerika dengan potongan kacang hijau ditambahkan, dan sering, saus cabai dan / atau saus campuran mayo-kecap tidak seperti golf salsa Amerika Selatan. Itu hampir tidak pernah disajikan sebagai sandwich.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Hidangan serupa:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Shirley Thomas Brooks (2003). Argentina Cooks: Treasured Recipes from the Nine Regions of Argentina. Hippocrene Books. hlm. 51–52. ISBN 9780781809979. Diakses tanggal 3 July 2013. 
  2. ^ The truth of the Milanese Diarsipkan 2008-05-27 di Wayback Machine. In Pampa and the road, October 08, 2005. Retrieved on October 09, 2008 (Spanyol)
  3. ^ Pisarro, Marcelo (2012-05-11). "Milanesa napolitana". Clarín (Argentine newspaper) (dalam bahasa Spanyol). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-06-12. Diakses tanggal 2018-03-27. 
  4. ^ "Milanesa a la napolitana". El Reporte (dalam bahasa Spanyol). 2013-04-25. 
  5. ^ "El origen de la milanesa". ABC Color (dalam bahasa Spanyol). 2013-04-13. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-05-17.