Mil terakhir (transportasi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penyewaan sepeda seperti Capital Bikeshare di Washington, D.C. telah disebut sebagai salah satu cara mengatasi "masalah mil terakhir."

Mil terakhir (Inggris: last mile) adalah istilah yang digunakan dalam manajemen rantai suplai dan perencanaan transportasi untuk menggambarkan pergerakan orang dan barang dari pusat transportasi ke tujuan akhir di rumah.[1]

Penggunaan dalam jaringan distribusi[sunting | sunting sumber]

Istilah "mil terakhir" pada awalnya digunakan di bidang telekomunikasi tetapi sejak itu telah diterapkan pada manajemen rantai suplai. Mengangkut barang melalui jaringan kereta barang dan kapal kontainer sering kali merupakan cara pengiriman yang paling efisien dan hemat biaya. Namun, ketika barang tiba di stasiun barang atau pelabuhan berkapasitas tinggi, barang tersebut kemudian harus diangkut ke tujuan akhir. Bagian terakhir dari rantai suplai ini sering kurang efisien, mencakup hingga 28% dari total biaya untuk memindahkan barang. Ini dikenal sebagai "masalah mil terakhir".[2][3] Masalah mil terakhir juga dapat mencakup tantangan untuk melakukan pengiriman di daerah perkotaan. Pengiriman ke toko-toko eceran, restoran, dan pedagang lain di kawasan pusat bisnis sering berkontribusi pada masalah kemacetan dan keselamatan.[2][4]

Masalah mil terakhir yang terkait adalah pengangkutan barang ke daerah-daerah yang membutuhkan bantuan kemanusiaan. Pasokan bantuan kadang-kadang dapat mencapai pusat transportasi di daerah yang terkena dampak tetapi tidak dapat didistribusikan karena kerusakan yang disebabkan oleh bencana alam atau kurangnya infrastruktur.[5]

Karena perdagangan elektronik terus menjadi mesin pertumbuhan bagi banyak merek, pengiriman oada leg terakhir, berakhir di rumah atau bisnis konsumen, menjadi lebih menantang. Berkat Amazon Effect, konsumen menginginkan opsi yang lebih nyaman untuk pengiriman cepat dan gratis, sehingga menekan bisnis lain untuk bersaing demi pengalaman pengiriman yang sempurna – hari ini, 84% pembeli tidak akan kembali ke merek yang ketinggalan pengirimannya.[6] Pengiriman tanpa pengawasan juga telah menjadi masalah yang signifikan di antara perusahaan pengiriman seperti UPS, FedEx, USPS, DHL dan lainnya. Meninggalkan parsel tanpa pengawasan memaparkan barang pada cuaca, dan semakin meningkatnya kemungkinan pencurian oleh "pembajak teras" (seseorang atau orang yang mencuri paket dari teras atau area pintu depan pelanggan yang tidak disangka-sangka), membuat manajemen pengalaman pengiriman menjadi penting untuk pengecer yang ingin menyeimbangkan biaya pengiriman mil terakhir dengan kepuasan pelanggan.[7] Perusahaan ritel seperti Amazon yang berbasis di AS dan Alibaba yang berbasis di Tiongkok telah meneliti dan menggunakan drone untuk mengirimkan barang yang dibeli secara online kepada konsumen.[8] Amazon juga telah mempersiapkan loker di beberapa pusat kota sebagai cara konsolidasi paket. Pengiriman paket otomatis menjadi pilihan yang populer saat ini. Eropa telah memimpin dalam hal ini dengan Jerman, Inggris, dan Polandia menjadi pasar pertama untuk layanan ini. Di Taiwan, banyak penjual online menawarkan opsi pengiriman ke toko swalayan pilihan pelanggan, untuk diambil di toko oleh pelanggan. Pembayaran untuk pembelian tersebut di toko juga dapat ditawarkan. Tren lain yang berhasil di Amerika Serikat adalah layanan ride-sharing yang mirip dengan Uber yang berspesialisasi dalam memindahkan barang-barang besar menggunakan truk pickup atau kendaraan pribadi. Metode ini telah menciptakan lapangan kerja sekaligus meningkatkan logistik mil terakhir.[9]

Tantangan utama pengiriman mil terakhir termasuk meminimalkan biaya, memastikan transparansi, meningkatkan efisiensi, membuat pengiriman berjalan mulus dan meningkatkan infrastruktur.[10]

Penggunaan dalam jaringan transportasi[sunting | sunting sumber]

Mobil listrik perkotaan lipat dengan dua tempat duduk Hiriko dimaksudkan untuk digunakan di Jerman pada 2013 untuk melayani mil terakhir dari perjalanan pelanggan kereta api Deutsche Bahn ke tujuan akhir mereka.[11]

"Mil terakhir" juga telah digunakan untuk mendeskripsikan kesulitan dalam membuat orang dari pusat transportasi, terutama stasiun kereta api, terminal bus, dan dermaga feri, dapat mencapai tujuan akhir mereka. Ketika pengguna mengalami kesulitan untuk berpindah dari lokasi awalnya ke jaringan transportasi, skenario ini dapat juga dikenal sebagai "masalah mil pertama" (first mile).[12] Masalah-masalah ini sangat akut di Amerika Serikat di mana pola penggunaan lahan telah memindahkan pekerjaan dan orang ke pinggiran kota dengan kepadatan rendah yang sering kali tidak dalam jarak berjalan kaki dari pilihan transportasi umum yang ada. Oleh karena itu, penggunaan transit di area ini sering kali kurang praktis. Para kritikus mengklaim ini mempromosikan ketergantungan pada mobil, yang menghasilkan lebih banyak kemacetan lalu lintas, polusi, dan rebakan kota.[13][14]

Solusi tradisional untuk masalah mil terakhir dalam angkutan umum termasuk penggunaan bus pengumpan (feeder), infrastruktur bersepeda, dan reformasi perencanaan perkotaan.[13][15] Metode lain untuk mengatasi masalah mil terakhir seperti penyewaan sepeda,[12] program berbagi mobil,[16] pod mobil (angkutan cepat pribadi),[17] dan sepatu bermotor[18] telah diusulkan dengan berbagai tingkat adopsi. Pada akhir tahun 2015, Ford Motor Company menerima paten untuk "self-propelled unicycle engagable with vehicle", yang dimaksudkan sebagai solusi komuter mil terakhir.[19] Namun, program penyewaan sepeda telah berhasil secara luas di Eropa dan Asia, dan mulai diimplementasikan dalam skala besar di Amerika Utara.[20][21][22] Mulai akhir 2017, layanan mobilitas mikro – skuter tendang listrik tanpa dok[23] dan penyewaan sepeda berbantuan listrik[24] – telah memasuki pasar dan telah mendapatkan popularitas dan pangsa pengguna.

"Mil pertama" juga dapat merujuk pada transportasi material dalam situasi logistik dalam ruangan, seperti masuknya barang dan aliran barang mentah melalui fasilitas yang dimulai dari departemen pengiriman inbound. Pertimbangan mil terakhir telah menjadi sangat populer, namun penanganan material menyumbang 30-70% dari total biaya produksi item.[25] Salah satu strategi untuk meminimalkan biaya ini adalah memindahkan lebih sedikit inventaris menggunakan model Just In Time.[26]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Goodman, R W (December 2005). "Whatever You Call It, Just Don't Think of Last-Mile Logistics, Last" (PDF). Global Logistics & Supply Chain Strategies: 84–86. 
  2. ^ a b Scott, Martia (November 2009). "Improving Freight Movement in Delaware Central Business Districts" (PDF). Institute for Public Administration, University of Delaware. Diakses tanggal 24 October 2011. 
  3. ^ Rodrigue, Jean-Paul; Claude Comtois; Brian Slack (2009). "The "Last Mile" in Freight Distribution". The Geography of Transport Systems (edisi ke-2nd). Routledge. hlm. 212. ISBN 978-0-415-48323-0. 
  4. ^ Allen, Brigitte (2012) Improving freight efficiency within the ‘last mile’: A case study of Wellington’s Central Business District (Thesis, Master of Planning). University of Otago.
  5. ^ Balcik, Burcu; Benita M. Beamon; Karen Smilowitz (2009). "Last Mile Distribution in Humanitarian Relief". Journal of Intelligent Transportation Systems. 12 (2): 51–63. ISSN 1547-2442. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-04-25. Diakses tanggal 24 October 2011. 
  6. ^ "Delivery Experience Management is the Future of the Last Mile". Convey (dalam bahasa Inggris). 2019-02-04. Diakses tanggal 2019-02-16. 
  7. ^ Jolly, Jennifer (2016-10-09). "Protect your online purchases from 'porch pirates'". USA Today. Diakses tanggal 2016-12-11. 
  8. ^ "Alibaba deploys drones to deliver tea in China". 
  9. ^ "What is Last Mile Delivery- A Complete Guide". Bungii (dalam bahasa Inggris). 2019-09-20. Diakses tanggal 2019-09-20. 
  10. ^ Fincher, Marcelo. "5 Ways to Overcome Last Mile Delivery Challenges". Diakses tanggal 10 September 2017. 
  11. ^ Danny King (21 December 2012). "Hiriko 'folding' EV will be produced for German car-sharing project next year". Autoblog Green. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-12-30. Diakses tanggal 21 December 2012. 
  12. ^ a b "Using Bicycles for the First and Last Mile of a Commute" (PDF). Mineta Transportation Institute. September 2009. Diakses tanggal 24 October 2011. 
  13. ^ a b "In Focus: The Last Mile and Transit Ridership". Institute for Local Government. January 2011. 
  14. ^ "First steps toward livable communities". Fast Lane. U.S. Department of Transportation. 22 March 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-10-15. Diakses tanggal 24 October 2011. 
  15. ^ "FHWA grant funds East Coast's largest bike center; DC transport hub may crack the "last mile" problem". Fast Lane. U.S. Department of Transportation. 5 October 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-10-15. Diakses tanggal 24 October 2011. 
  16. ^ Kuang, Cliff (16 April 2009). "Convenience Is King". GOOD Magazine. Diakses tanggal 24 October 2011. 
  17. ^ Zax, David (17 August 2011). "Can Driverless Pod Cars Solve the 'Last-Mile Problem'?". Technology Review. Massachusetts Institute of Technology. Diakses tanggal 24 October 2011. 
  18. ^ Yvkoff, Liane (15 July 2010). "Are motorized shoes the last-mile transport answer?". CNet. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-08-22. Diakses tanggal 24 October 2011. 
  19. ^ Read, Richard (December 29, 2015). "Ford Patent Could Transform Your Car Into A Unicycle". The Car Connection. Internet Brns Automotive Group. Diakses tanggal 10 September 2016. 
  20. ^ DeMaio, Paul (2009). "Bike-sharing: History, Impacts, Models of Provision, and Future" (PDF). Journal of Public Transportation. 12 (4): 41–56. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2017-10-01. Diakses tanggal 24 October 2011. 
  21. ^ Shaheen, Susan; Guzman, S., and H. Zhang (2010). "Bikesharing in Europe, the Americas, and Asia: Past, Present, and Future" (PDF). Transportation Research Record: Journal of the Transportation Research Board. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 10 June 2012. 
  22. ^ Shaheen, Susan; Stacey Guzman (2011). "Worldwide Bikesharing". Access Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 March 2012. 
  23. ^ Raphelson, Samantha (2018-08-29). "Dockless Scooters Gain Popularity And Scorn Across The U.S." NPR.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-16. 
  24. ^ Greenfield, John (2018-09-11). "Jump's Cheaper, Dockless Electric Rides Seem to Be Winning Over Far-South-Siders". Streetsblog Chicago (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-09-16. 
  25. ^ DAVICH, Dept. of Industrial & Systems Engineering. University of Wisconsin-Madison, 2010.
  26. ^ "4 Ways to Optimize Material Transport". OTTO Motors. 23 Feb 2017. Diakses tanggal 3 May 2017.