Midtrans

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
PT. Midtrans
Midtrans.png
Logo PT. Midtrans
Tentang
IndustriTeknologi Informasi , Payment Gateaway
Didirikan2012
ProductsMidtrans, Aegis, Iris
Lokasi
Lokasi KantorPasaraya Blok M, Jl. Iskandarsyah II No.2, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru
Kantor PusatJakarta Selatan,  Indonesia
Contact
Websitehttps://midtrans.com/

Midtrans, terintegrasi dengan ekosistem pembayaran Gojek Group, merupakan payment gateway terbesar di Indonesia yang menyediakan layanan pemrosesan pembayaran online secara komprehensif bagi ribuan mitra – mulai dari UMKM, institusi finansial, hingga perusahaan multinasional.[1]

Didukung oleh sistem fraud detection (Aegis) dan fund disbursement (Iris) kelas dunia, Midtrans memberikan merchant akses ke lebih dari 20 metode pembayaran, termasuk GoPay dan uang elektronik lainnya, transfer bank, kartu debit, kartu debit, virtual account, QRIS, dan pembayaran di outlet minimarket. Midtrans menjalin kemitraan dengan berbagai jaringan bank dan perusahaan fintech besar di Indonesia, yang menjadi komponen utama dalam komitmen Gojek untuk mempermudah transisi digital di Indonesia.

Midtrans telah terdaftar di Bank Indonesia sebagai penyelenggara payment gateway nomor 20/320/DKSP/Srt/B tanggal 27 Agustus 2018 [2]. Midtrans juga mematuhi pedoman keamanan terbaru dan sesuai dengan standar industri PCI DSS (level 1) dan ISO 27001.

Tentang Midtrans[sunting | sunting sumber]

PT Midtrans merupakan perusahaan finansial berbasis teknologi yang menyediakan layanan pemrosesan pembayaran online (payment gateway) secara aman, handal, dan nyaman bagi pelaku bisnis dalam mendukung ekonomi digital Indonesia. Midtrans, sebelumnya dikenal dengan nama Veritrans, berdiri sejak tahun 2012 dan pada tahun 2017 resmi diakuisisi sebagai bagian dari Gojek (www.gojek.com). Midtrans telah menjalin kemitraan dengan bank-bank dan para pemain fintech utama di Indonesia untuk melayani lebih dari 6,300 mitra dengan berbagai skala bisnis, mulai dari para e-commerce pemimpin pasar, perusahaan startup, hingga online shop milik perseorangan. Midtrans secara resmi telah terdaftar di Bank Indonesia sebagai penyelenggara payment gateway Nomor 20/320/DKSP/Srt/B tanggal 27 Agustus 2018. Midtrans juga senantiasa compliant dengan standar industri PCI DSS (level 1) dan ISO 27001.

Memasuki usianya yang ke-8 tahun, Midtrans telah tumbuh menjadi layanan payment gateway terbaik sesuai dengan visinya, yakni menjadi tulang punggung pembayaran online bagi ekonomi digital di Indonesia. Melalui slogan ‘empower commerce through technology’,  Midtrans terus berinovasi menambahkan berbagai fitur dan produk terbaik seperti layanan fraud detection (AEGIS) dan disburse payment (IRIS). Selain menyediakan layanan lengkap dengan 20 metode pembayaran seperti bank transfer, kartu kredit, virtual account, e-money, dan layanan lainnya, Midtrans juga menawarkan proses integrasi teknologi yang mudah menggunakan berbagai SDK dan plugin yang compatible dengan berbagai platform. Bekerja sama dengan mitra B2B marketplace lending yang berizin dan diawasi OJK , Midtrans juga membantu penyaluran solusi finansial berupa pinjaman modal usaha untuk mitra-mitra Midtrans melalui Merchant Financing. Kini dengan imbauan Bank Indonesia untuk menggunakan QRIS secara serentak dan menyeluruh, Midtrans juga sudah menyediakan layanan untuk memudahkan mitra bermigrasi ke QRIS.

Apapun latar belakang serta skala bisnis mitra, Midtrans siap memberikan layanan terbaik dengan menyediakan on-boarding secara ekspres melalui fitur Passport di website serta layanan respon cepat melalui call center. Mitra yang bergabung juga dapat merasakan kemudahan pengecekan pembayaran dan laporan keuangan secara otomatis melalui dashboard. Semua layanan Midtrans tersedia dengan biaya terjangkau.

Fitur dan Layanan[sunting | sunting sumber]

  1. Midtrans (Sistem pembayaran online yang terhubung dengan berbagai metode pembayaran di Indonesia)
  2. Aegis (Sistem deteksi fraud untuk menganalisis dan mencegah penipuan di eCommerce)
  3. Iris (Sistem distribusi pembayaran untuk kemudahan pengiriman dana ke semua bank di Indonesia)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Midtrans - Payment Gateway Indonesia". midtrans.com. Diakses tanggal 2020-07-08. 
  2. ^ "List Of PTP Licensed By Bank Indonesia - Bank Sentral Republik Indonesia". www.bi.go.id. Diakses tanggal 2020-07-08.