Microsoft Solitaire

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Solitaire, atau lebih dikenal sebagai Microsoft Solitaire[1] (termasuk dalam kotak Tentang di beberapa versi), adalah sebuah permainan komputer yang disertakan bersama Microsoft Windows, berdasarkan permainan kartu dengan nama yang sama, juga lebih dikenal sebagai Klondike.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Microsoft telah memasukkan permainan sebagai bagian lini produk Windows sejak Windows 3.0, mulai dari tahun 1990.[2] Permainan dikembangkan pada tahun 1989 oleh seorang magang Wes Cherry,[3][4] yang terkenal tidak menerima royalti atas karyanya. Kartu dek itu sendiri dirancang oleh Macintosh pelopor Susan Kare. [5]

Microsoft memasukkan Solitaire dimaksudkan "untuk menenangkan orang pusing oleh sistem operasi," dan pada waktu di mana banyak pengguna yang masih asing dengan penggunaan grafis antarmuka, terbukti berguna untuk mengakrabkan pengguna dengan menggunakan tetikus, seperti teknik tarik-dan-lepas yang diperlukan untuk menggerakkan kartu.[6]

Kehilangan produktivitas bisnis oleh karyawan karena bermain Solitaire telah menjadi perhatian umum karena menjadi standar pada Microsoft Windows.[7] Pada tahun 2006, seorang pekerja New York City dipecat setelah Wali Kota Michael Bloomberg melihat permainan Solitaire di komputer kantornya.[8]

Pada bulan Oktober 2012, bersama dengan rilis sistem operasi Windows 8, Microsoft merilis versi baru dari Solitaire yang disebut Microsoft Solitaire Collection. Versi ini, dirancang oleh Microsoft Studios dan dikembangkan oleh Arkadium, adalah iklan yang didukung, dan memperkenalkan banyak fitur baru ke permainan.

Microsoft Solitaire merayakan ulang tahun ke 25 pada tanggal 18 Mei 2015. Untuk merayakan acara ini, Microsoft menjadi tuan rumah turnamen Solitaire di Microsoft Campus dan menyiarkan acara utama di Twitch.[9] Jimmy Fallon membahas acara ini di The Tonight Show dan membuat video parodi bercanda tentang bagaimana Microsoft berusaha untuk membuat Solitaire terlihat mengagumkan daripada yang sebenarnya.

Pada Juli 2015, Microsoft Solitaire Collection hadir sebagai permainan pra-instal pada Windows 10.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "General Protection Fault When Starting Microsoft Solitaire". Support. Microsoft. 26 October 2013. 
  2. ^ Levin, Josh (May 16, 2008). "Solitaire-y Confinement: Why we can't stop playing a computerized card game". Slate.com. The Slate Group. 
  3. ^ Cherry, Wes. "Interview with Wes Cherry - B3TA.com 2008". B3ta.com. Diakses tanggal 22 August 2014. 
  4. ^ "Wes Cherry on Reddit about Solitaire". 
  5. ^ "Susan Kare personal website showing her design for Microsoft Solitaire". Kare.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-08-28. Diakses tanggal 22 August 2014. 
  6. ^ Garreau, Joel (9 Maret 1994). "Office Minefield". The Washington Post. 
  7. ^ Church, George J. (October 12, 1998). "Quarterly Business Report: Do Computers Really Save Money?". Time. Time Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-06-17. Diakses tanggal 2016-01-07. 
  8. ^ Hu, Winnie (10 February 2006). "Solitaire Costs Man His City Job After Bloomberg Sees Computer". The New York Times Online. The New York Times Company. 
  9. ^ "Celebrating Microsoft Solitaire". Blogging Windows. May 18, 2015.