Microsoft Project

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Microsoft Project
Microsoft Project (2019–present).svg
PengembangMicrosoft
Rilis perdana1984; 36 tahun lalu (1984)
Rilis stabil
Versi 1910 (Build 12130.20410)
PlatformMicrosoft Windows
JenisPerangkat lunak manajemen proyek
Situs weboffice.microsoft.com/project/

Microsoft Project adalah produk perangkat lunak manajemen proyek, dikembangkan dan dijual oleh Microsoft. Ini dirancang untuk membantu manajer proyek dalam mengembangkan jadwal, menetapkan sumber daya untuk tugas-tugas, melacak kemajuan, mengelola anggaran, dan menganalisis beban kerja.

Microsoft Project adalah aplikasi Microsoft Windows ketiga perusahaan. Dalam beberapa tahun setelah diluncurkan, itu menjadi perangkat lunak manajemen proyek berbasis PC yang dominan.[1]

Itu adalah bagian dari keluarga Microsoft Office, tetapi belum pernah dimasukkan dalam suite Office. Ini tersedia saat ini dalam dua edisi, Standar dan Profesional. Format file milik Microsoft Project adalah .mpp.

Microsoft Project dan Microsoft Project Server adalah landasan manajemen proyek perusahaan Microsoft Office (EPM).

Riwayat[sunting | sunting sumber]

'Project' adalah aplikasi perangkat lunak MS-DOS yang awalnya ditulis dalam bahasa Microsoft 'C' (dan beberapa perakitan) untuk IBM PC. Gagasan ini bermula dari visi Ron Bredehoeft, mantan IBM S / E dan penggemar PC pada awal 1980-an, untuk mengekspresikan resep dan semua persiapan untuk sarapan telur Benediktus dalam istilah manajemen proyek. Mr. Bredehoeft membentuk Microsoft Application Services (MAS) selama kelahiran aplikasi dan perusahaan kemudian menandatangani perjanjian OEM dengan Microsoft Corporation. Alan M. Boyd, Manajer Pengembangan Produk Microsoft, memperkenalkan aplikasi tersebut sebagai alat internal untuk membantu mengelola sejumlah besar proyek perangkat lunak yang sedang dikembangkan setiap saat di dalam perusahaan. Boyd menulis spesifikasi dan melibatkan perusahaan Seattle lokal untuk mengembangkan prototipe.

Versi komersial pertama Proyek dirilis untuk DOS pada tahun 1984. Microsoft membeli semua hak untuk perangkat lunak pada tahun 1985 dan merilis versi 2. Versi 3 untuk DOS dirilis pada tahun 1986. Versi 4 untuk DOS adalah versi DOS final, dirilis pada tahun 1986. Versi Windows pertama dirilis pada tahun 1990, dan diberi label versi 1 untuk Windows.

Pada tahun 1991 versi Macintosh dirilis. Pengembangan berlanjut hingga Microsoft Project 4.0 untuk Mac pada tahun 1993. Microsoft Project 4 untuk Mac menyertakan versi 68k dan PowerMac, Visual Basic for Applications dan integrasi dengan Microsoft office 4.2 untuk Mac. Pada tahun 1994, Microsoft menghentikan pengembangan sebagian besar aplikasi Mac dan tidak menawarkan versi baru Office hingga 1998, setelah penciptaan Unit Bisnis Microsoft Macintosh yang baru tahun sebelumnya. Unit Bisnis Mac tidak pernah merilis versi Project yang diperbarui, dan versi terakhir tidak berjalan secara native di Mac OS X.

Microsoft Project 1.0 adalah satu-satunya versi yang mendukung Windows 2.x. Itu dibundel dengan runtime Windows 2.x tetapi sepenuhnya kompatibel dengan Windows 3.0, terutama mode Standar dan Enhanced. Program pengaturan berjalan di DOS, seperti kebanyakan aplikasi berbasis Windows pada saat itu.

Microsoft Project 3.0 memperkenalkan dukungan makro, bilah alat dan Wizards Perencanaan dan merupakan yang terakhir untuk mendukung Windows 3.0. Program pengaturan sekarang berjalan di Windows, dan ini didasarkan pada program pengaturan Microsoft sendiri, yang juga digunakan oleh mis. Microsoft Visual Basic 2.0 / 3.0, Bekerja 2.0, Akses 1.x

Microsoft Project 4.0 adalah yang pertama menggunakan menu Office yang umum, menu konteks klik kanan, program pengaturan Acme dan yang terakhir untuk mendukung Windows 3.1x, Windows NT 3.1 dan 3.5. Itu adalah versi 16-bit terakhir. Selain itu itu adalah versi pertama yang menggunakan bahasa makro VBA dan memperkenalkan tooltips layar, Kartu Cue, GanttChartWizard, tampilan Kalender, dialog Assign Resources, tugas berulang, kemampuan workgroup, toolbar menggambar, dukungan format file Microsoft Project Exchange dan kemampuan untuk membuat laporan. Versi ini memungkinkan pengguna untuk menggabungkan hingga 80 proyek.

Microsoft Project 95 (4.1) adalah versi 32-bit pertama dan dirancang untuk Windows 95, karenanya namanya. Itu memperkenalkan dukungan ODBC, AutoCorrect, Answer Wizard, seperti semua aplikasi Office 95. Versi terbaru, yang disebut Microsoft Project 4.1a meningkatkan dukungan Windows NT. Selain itu itu adalah versi pertama yang tersedia di CD-ROM. Selain itu itu adalah versi terakhir untuk membuka file Project 3.0.

Microsoft Project 98 adalah yang pertama menggunakan font Tahoma di bilah menu, berisi Office Assistant, seperti semua aplikasi Office 97, memperkenalkan bilah tampilan, AutoFilter, pemisahan tugas, dialog Informasi Tugas, tanggal ketersediaan sumber daya, tanggal status proyek, tanggal status proyek, yang dimasukkan pengguna biaya aktual, jenis tugas baru, beberapa jalur kritis, kontrol dalam-lembar, kemampuan untuk mengubah nama bidang khusus, fitur penerbitan Web, format database baru, Penggunaan Tugas, Pelacakan tampilan Gantt dan Penggunaan Sumber Daya, fitur Web, bilah alat Web, fitur analisis PERT, pembentukan sumber daya, tabel tingkat biaya, penjadwalan yang digerakkan oleh usaha, penautan lintas proyek, indikator, jalur kemajuan, kemampuan untuk menyimpan file proyek dalam format HTML, kemampuan untuk menganalisis data skala-waktu di Excel, peningkatan batas jumlah tugas, sumber daya , garis besar tingkat dll., IntelliMouse dan dukungan Microsoft Office Binder, integrasi timeline Microsoft Outlook, impor dan ekspor data selektif, kemampuan untuk menyimpan sebagai tabel pivot Microsoft Excel, Microsoft Pr oject Map, dan memungkinkan pengguna untuk mengkonsolidasikan 1.000 proyek. Itu adalah versi terakhir yang dijalankan pada Windows NT 3.51, yang terakhir untuk membuka file Project 4.0 / 95 dan menyimpan dalam format file .mpx (Microsoft Project Exchange), yang terakhir menggunakan program pengaturan Acme dan yang terakhir tersedia di floppy disk . Project 98 SR-1 adalah rilis layanan utama yang membahas beberapa masalah di Project 98.[2]

Microsoft Project 2000 adalah yang pertama menggunakan menu yang dipersonalisasi, Office Assistant berbasis Microsoft Agent dan menggunakan antarmuka pengaturan berbasis Pemasang Windows, seperti semua aplikasi Office 2000, dan memperkenalkan Microsoft Project Central (kemudian diganti Microsoft Project Server). PERT Chart diubah namanya menjadi Diagram Jaringan dan sangat ditingkatkan dalam versi ini. Fitur-fitur baru yang penting termasuk kemampuan untuk membuat grafik Gantt pribadi, kemampuan untuk menerapkan filter dalam tampilan Diagram Jaringan, AutoSave, kalender tugas, kemampuan untuk membuat proyek berdasarkan template dan untuk menentukan jalur dan format penyimpanan default, indikator grafis, sumber daya material, tanggal tenggat waktu, OLE DB, pengelompokan, kode garis besar, perkiraan durasi, durasi bulan, daftar nilai dan bidang khusus rumus, ketersediaan sumber daya berkontur, kemampuan untuk menghapus garis dasar, tinggi baris variabel, pengeditan dalam sel, pegangan isian, kemampuan untuk mengatur tahun fiskal dalam skala waktu, antarmuka dokumen tunggal, fitur aksesibilitas, peralatan tambahan COM, antarmuka pengguna bahasa yang dapat dicolokkan, pengguna roaming dan dukungan Layanan Terminal, kemampuan untuk mengatur tugas dan prioritas proyek hingga 1.000 (sebelumnya 10) dan bantuan HTML. Project 2000 juga merupakan versi terakhir untuk mendukung Find Fast dan untuk berjalan di Windows 95. Project 2000 SR-1 memperbaiki beberapa bug.

Microsoft Project 2002 adalah yang pertama berisi panel tugas, mode aman, tag cerdas, "Ketikkan pertanyaan untuk bantuan" di sudut kanan atas, aktivasi produk wajib, seperti Office XP dan Windows XP dan kemampuan untuk membuka dan menyimpan Microsoft Project Data Interchange (.mspdi) file. Itu juga versi terakhir yang dijalankan pada Windows NT 4.0, 98 (SE) dan ME. Itu tersedia dalam dua edisi untuk pertama kalinya, Standar dan Profesional. Office Assistant diinstal tetapi tidak diaktifkan secara default. Dukungan untuk akun dengan hak terbatas di bawah Windows 2000 / XP ditingkatkan.

Microsoft Project 2003 adalah yang pertama untuk mendukung gaya visual Windows XP dan mengandung ikon gaya Windows XP, seperti semua aplikasi Office 2003, dan yang terakhir mengandung Office Assistant (tidak diinstal secara default) dan untuk berjalan pada Windows 2000.

Microsoft Project 2007 adalah yang terakhir berisi bilah menu dan bilah alat. Asisten Kantor telah dihapus seluruhnya.

Microsoft Project 2010 adalah yang pertama berisi pita dan tampilan Backstage, seperti semua aplikasi Office 2010, dan yang terakhir untuk membuka file Microsoft Project 98 dan .mpx dan untuk berjalan di Windows XP dan Vista. Selain itu itu adalah versi 64-bit pertama.

Microsoft Project 2013 adalah yang pertama berisi tampilan berbasis UI Modern, dan memperkenalkan akun Microsoft dan integrasi OneDrive

Microsoft Project 2016 adalah yang terakhir untuk mendukung Windows 7 dan Windows 8 (.1)

Microsoft Project 2019 hanya berjalan di Windows 10, dan berisi fitur yang dibawa dari Office 365.

Versi untuk Windows dirilis pada 1990 (v1.0), 1992 (v3.0), 1993 (v4.0), 1995 (Project 95, v4.1a), Project 98 (v8.0), Project 98 SR-1 (1999), Project 2000 (v9.0), Project 2000 SR-1 (2001), Project 2002 (v10.0), Project 2003 (v11.0), Project 2007 (v12.0), Project 2010 (v14. 0), Project 2013 (v15.0) dan Project 2016 (v16.0).[3] Tidak ada Versi 2 di platform Windows; spesifikasi desain asli ditambah dengan penambahan kemampuan makro dan kerja ekstra yang diperlukan untuk mendukung bahasa makro mendorong jadwal pengembangan ke awal 1992 (Versi 3).

Fitur-fitur[sunting | sunting sumber]

Proyek menciptakan anggaran berdasarkan pekerjaan penugasan dan tingkat sumber daya. Sebagai sumber daya ditugaskan untuk tugas dan tugas penugasan diperkirakan, program menghitung biaya, sama dengan pekerjaan kali tingkat, yang menggulung ke tingkat tugas dan kemudian ke tugas ringkasan dan akhirnya ke tingkat proyek. Definisi sumber daya (orang, peralatan dan bahan) dapat dibagi antara proyek menggunakan kumpulan sumber daya bersama. Setiap sumber daya dapat memiliki kalendernya sendiri, yang menentukan hari apa dan menggeser sumber daya yang tersedia. Tingkat sumber daya digunakan untuk menghitung biaya penetapan sumber daya yang digulung dan dirangkum pada tingkat sumber daya. Setiap sumber daya dapat ditugaskan ke beberapa tugas dalam beberapa rencana dan setiap tugas dapat ditugaskan beberapa sumber daya, dan tugas jadwal aplikasi bekerja berdasarkan ketersediaan sumber daya sebagaimana didefinisikan dalam kalender sumber daya. Semua sumber daya dapat didefinisikan dalam label tanpa batas. Oleh karena itu, tidak dapat menentukan berapa banyak produk jadi dapat diproduksi dengan jumlah bahan baku tertentu. Hal ini membuat Microsoft Project tidak cocok untuk menyelesaikan masalah produksi bahan yang dibatasi produksi. Perangkat lunak tambahan diperlukan untuk mengelola fasilitas kompleks yang menghasilkan barang fisik.

Aplikasi ini membuat jadwal jalur kritis, dan metodologi rantai kejadian dan rantai kritis add-on pihak ketiga juga tersedia. Jadwal dapat diratakan dengan sumber daya, dan rantai divisualisasikan dalam bagan Gantt. Selain itu, Microsoft Project dapat mengenali berbagai kelas pengguna. Kelas pengguna yang berbeda ini dapat memiliki tingkat akses yang berbeda untuk proyek, tampilan, dan data lainnya. Objek khusus seperti kalender, tampilan, tabel, filter, dan bidang disimpan di perusahaan global yang dibagikan oleh semua pengguna.

Edisi[sunting | sunting sumber]

Proyek tersedia dalam dua edisi, Standar dan Profesional; kedua edisi tersedia sebagai opsi 32 atau 64bit. Edisi Profesional mencakup semua fitur versi Standar, ditambah lebih banyak fitur seperti alat kolaborasi tim dan kemampuan untuk terhubung ke Microsoft Project Server.[4][5]

Project 2010[sunting | sunting sumber]

Microsoft Project 2010 mencakup antarmuka pengguna Fluent yang dikenal sebagai Ribbon.[6]

Interoperabilitas
Kemampuan Microsoft Project diperluas dengan pengenalan Microsoft Office Project Server dan Microsoft Project Web Access. Project Server menyimpan data Project dalam basis data berbasis SQL pusat, memungkinkan beberapa proyek independen untuk mengakses kumpulan sumber daya bersama. Akses Web memungkinkan pengguna yang berwenang untuk mengakses database Server Proyek di Internet, dan termasuk lembar waktu, analisis grafis dari beban kerja sumber daya, dan alat administrasi.
Penjadwalan yang dikontrol pengguna
Penjadwalan yang dikontrol pengguna menawarkan pilihan fleksibel untuk mengembangkan dan mengelola proyek.[7]
Timeline
Tampilan timeline memungkinkan pengguna untuk membangun gambaran umum gaya-Visio dasar dari jadwal proyek. Tampilan dapat disalin dan ditempelkan ke PowerPoint, Word, atau aplikasi lainnya.
Sinkronisasi SharePoint 2010 list
Pembaruan status tugas proyek SharePoint Foundation dan Proyek Profesional dapat disinkronkan untuk anggota tim.
Inactive tasks
membantu percobaan dengan rencana proyek dan melakukan analisis bagaimana-jika
The Team Planner view
Team planner yang baru menunjukkan sumber daya dan bekerja dari waktu ke waktu, dan membantu mengatasi masalah dan menyelesaikan masalah.

Project 2013[sunting | sunting sumber]

Yang baru di Project 2013 mencakup bagian Laporan baru, integrasi yang lebih baik dengan produk Microsoft lainnya, dan tampilan item antarmuka pengguna:[8]

Reports
Reports Section ditambahkan ke pita untuk laporan yang sudah diinstal sebelumnya. Project 2013 menyertakan laporan grafis sehingga Anda dapat membuat laporan grafis dan menambahkan clipart tanpa harus mengekspor data ke program lain. Misalnya, laporan Burndown menunjukkan pekerjaan yang direncanakan, pekerjaan yang diselesaikan, dan pekerjaan yang tersisa sebagai garis pada grafik. Project 2013 menambahkan kemampuan pra-instal untuk membandingkan proyek, melakukan dasbor, dan untuk mengekspor ke Laporan Visual.
Trace task paths
Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyoroti rantai tautan (atau 'jalur tugas') untuk tugas apa pun. Saat Anda mengklik pada tugas tertentu, semua tugas pendahulunya muncul dalam satu warna dan semua tugas penggantinya muncul dalam warna lain.
Sharing
Project 2013 meningkatkan fitur berbagi dan komunikasi pendahulunya dalam berbagai cara tanpa meninggalkan Project. Dengan Lync diinstal, melayang di atas nama memungkinkan Anda untuk memulai sesi IM, obrolan video, email, atau panggilan telepon. Anda dapat menyalin dan menempel konten ke salah satu suite Microsoft Office. Anda dapat menyinkronkan konten ke Sharepoint atau SkyDrive untuk dibagikan tanpa melalui Project dan Project Online menyediakan aplikasi web manajemen proyek online yang memiliki semua fungsi Project 2013 dan dapat diakses dari perangkat apa pun yang mendukung web.

Project 2016[sunting | sunting sumber]

Pada Project 2016, ditambahkan bagian new Reports, kompatibilitas dengan Project Server 2013, integrasi yang lebih baik dengan produk Microsoft lainnya, dan peningkatan tampilan item antarmuka pengguna.

Timeline
Mengizinkan pengguna menyesuaikan tampilan untuk memiliki beberapa baris waktu dan rentang tanggal khusus dalam satu tampilan.[9]
Resource Agreements
Menawarkan fitur untuk perencanaan sumber daya antara Manajer Proyek dan Manajer Sumber Daya.[10]
Tema dan bantuan yang bergaya Office 2016
Menggunakan 'Office Query' baru 'beri tahu saya apa yang ingin Anda lakukan'.[11]
Kompatibilitas dengan Microsoft Project Server 2013
Transisi perusahaan dari satu versi ke versi berikutnya dapat dikurangi oleh produk ini karena dapat berinteraksi dengan server versi sebelumnya.[12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Project Planning Tools - Popularity Ranking". Project Management Zone. Diakses tanggal August 6, 2015. 
  2. ^ "PRJ98: List of Fixes in Microsoft Project 98 SR-1". News Center. Microsoft. September 18, 2011. Diakses tanggal January 20, 2013. 
  3. ^ "Previous Versions of Microsoft Project". Diarsipkan dari versi asli tanggal January 12, 2009. Diakses tanggal May 6, 2006. 
  4. ^ "Version Comparison (Microsoft Project Professional 2010, Microsoft Project Standard 2010)" (PDF). 
  5. ^ "Choose Your Microsoft Project, Learn about & compare Project versions". 
  6. ^ "Steve Ballmer: Microsoft Office Project Conference 2007". News Center. Microsoft. October 30, 2007. Diakses tanggal January 20, 2013. 
  7. ^ "Microsoft Project 2010 Ribbon Guide" (Silverlight animation). Microsoft Project Training. Microsoft. Diakses tanggal January 20, 2013. 
  8. ^ "What's new in Project 2013". Microsoft. Diakses tanggal October 10, 2013. 
  9. ^ "What's new for business users in Microsoft's Office '16'?". ZDnet. September 18, 2013. Diakses tanggal June 10, 2015. 
  10. ^ "Was ist neu in Microsoft Project Server 2016 und Project Online - Ressourcenvereinbarungen". Holertcom. May 20, 2015. Diakses tanggal June 10, 2015. 
  11. ^ "Microsoft Project 2016 Preview – What is New?". ManagementYogi. May 23, 2015. Diakses tanggal June 10, 2015. 
  12. ^ "My Top 5 new Microsoft Project 2016 Client Features from the Microsoft Ignite Conference". BrightWork. May 12, 2015. Diakses tanggal June 10, 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]