Microsoft Paint

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Microsoft Paint
Microsoft Paint.svg
Paint on Windows 11
Paint on Windows 11
PengembangMicrosoft
Rilis stabil
11.2110.0.0[1] / 4 Oktober 2021; 13 bulan lalu (2021-10-04)
Sistem operasiMicrosoft Windows
PlatformIA-32, x86-64, and ARM (historically Itanium, DEC Alpha, MIPS, and PowerPC)
Fitur tambahanAll Microsoft Windows versions
JenisRaster graphics editor

Microsoft Paint adalah editor grafis raster sederhana yang telah disertakan dengan semua versi Microsoft Windows. Program membuka dan menyimpan file dalam format Windows bitmap (BMP), JPEG, GIF, PNG, dan satu halaman TIFF. Program dapat dalam mode warna atau dua warna hitam-putih, tetapi tidak ada mode skala abu-abu. Karena kesederhanaannya dan disertakan dengan Windows, dengan cepat menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di versi awal Windows, memperkenalkan banyak orang untuk melukis di komputer untuk pertama kalinya. Ini masih banyak digunakan untuk tugas manipulasi gambar sederhana.

Pada Juli 2017, Microsoft menambahkan Paint ke daftar fitur Windows 10 yang tidak digunakan lagi dan mengumumkan bahwa itu akan menjadi aplikasi mandiri gratis di Microsoft Store. Microsoft telah membayangkan Paint 3D sebagai penggantinya. Namun, Paint terus disertakan dengan Windows 10. Microsoft akhirnya membalikkan arah dan mengumumkan versi terbaru Paint di Windows 11. Sebaliknya, Microsoft tidak lagi menggunakan Paint 3D.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Versi pertama Paint diprogram oleh Dan McCabe dan diperkenalkan dengan versi pertama Windows, Windows 1.0, pada November 1985 sebagai pesaing MacPaint Macintosh. Itu adalah versi berlisensi dari PC Paintbrush ZSoft Corporation yang dikirimkan dengan 24 alat dan dapat membaca dan menulis file hanya dalam format "MSP" berpemilik yang digambar dalam grafik monokrom. Selain alat "pensil" dan "bentuk" dan kuas yang menggambar dalam 24 "bentuk dan pola kuas", perangkat ini juga berisi dua fitur unik untuk saat itu: satu kemampuan untuk menggambar kurva Bézier dan yang lainnya memaksa garis menjadi digambar pada tiga sudut untuk membuat perspektif tiga perempat isometrik. Versi ini kemudian digantikan oleh Paintbrush di Windows 3.0, dengan antarmuka pengguna yang didesain ulang, dukungan warna yang sebenarnya, dan dukungan untuk format file BMP dan PCX. Microsoft telah menghentikan format MSP, dan Paintbrush hanya dapat membaca file MSP.

Microsoft mengirimkan versi terbaru Paint dengan Windows 95 dan Windows NT 4.0, yang memungkinkan penyimpanan dan pemuatan satu set sumur warna khusus sebagai berkas palet warna (.pal). Fungsionalitas ini hanya berfungsi dengan benar jika kedalaman warna gambar 16-bit per piksel (bpp) atau lebih tinggi. Versi Paint yang lebih baru tidak mendukung fitur ini.

Di Windows 95–98, Windows 2000 dan Windows Me, Paint dapat membuka gambar TIF JPEG, GIF dan 48-bit (16-bpp) dan menyimpan gambar dalam format JPEG dan GIF ketika filter grafis yang sesuai dipasang. Plug-in tersebut disertakan dengan Microsoft Office dan Microsoft PhotoDraw. Ini juga memungkinkan Paint untuk menggunakan latar belakang transparan. Dukungan untuk file PCX dihentikan. Dimulai dengan Windows Me, ukuran kanvas mengembang secara otomatis saat gambar yang lebih besar dibuka atau ditempel, alih-alih bertanya.

Di Windows XP dan yang lebih baru, Paint menggunakan GDI+ dan oleh karena itu dapat menyimpan gambar secara native sebagai BMP, JPEG, GIF, TIFF, dan PNG tanpa memerlukan filter grafis tambahan.

Di Windows Vista, ikon bilah alat dan palet warna default diubah. Paint di Windows Vista dapat membatalkan perubahan hingga 10 kali, dibandingkan dengan 3 di versi sebelumnya; itu juga termasuk penggeser untuk perbesaran gambar dan fungsi krop. Versi ini menyimpan dalam format JPEG secara default.

Windows 7 dan 8.x[sunting | sunting sumber]

Kuas artistik di Paint untuk Windows 7

Versi Paint di Windows 7 dan yang lebih baru memiliki fitur pita di antarmuka penggunanya. Ini juga menampilkan kuas "artistik" yang terdiri dari berbagai warna abu-abu dan beberapa tingkat transparansi yang memberikan hasil yang lebih realistis. Untuk menambah realisme, kuas cat minyak dan cat air hanya bisa mengecat untuk jarak kecil sebelum pengguna harus mengklik ulang (ini memberikan ilusi bahwa kuas telah kehabisan cat). Selain itu, Paint sekarang dapat membatalkan hingga 50 perubahan berikutnya. Ini juga memiliki bentuk anti-alias, yang dapat diubah ukurannya secara bebas hingga rasterisasi ketika alat lain dipilih. Versi ini mendukung tampilan (tetapi tidak menyimpan) format file PNG dan ICO transparan dan menyimpan file dalam format berkas .png secara default.

Teks sekarang dapat ditempelkan ke kotak teks yang tidak memiliki cukup ruang untuk menampilkan teks. Kotak teks kemudian dapat diperbesar atau dibentuk kembali dengan tepat agar sesuai dengan teks jika diinginkan. Versi Paint sebelumnya akan menampilkan pesan kesalahan jika pengguna mencoba menempelkan lebih banyak teks daripada yang tersedia.

Paint versi Windows 8 sebagian besar mengoreksi cacat lama dari versi sebelumnya yang melibatkan ketidakmampuan untuk menggulir jendela saat mengedit dalam tampilan Zoom lebih dari 100%. Namun, saat menyisipkan teks dalam tampilan Zoom, pengguna tidak dapat memindahkan teks di luar area pandang yang diperbesar saat jendela teks dalam mode edit dengan tetikus atau keyboard.

Windows 10[sunting | sunting sumber]

Pada "Pembaruan Pembuat" April 2017 untuk Windows 10, Microsoft merilis Paint 3D bersama Paint. Selain alat menggambar dua dimensi tradisional, Paint 3D dapat mengimpor dan memanipulasi model tiga dimensi. Tiga bulan kemudian, pada 23 Juli 2017, Microsoft menambahkan Paint ke daftar fitur Windows yang tidak digunakan lagi. Keesokan harinya, setelah "curahan dukungan dan nostalgia yang luar biasa", Microsoft mengklarifikasi bahwa Paint akan menjadi aplikasi gratis di Microsoft Store, meskipun Paint 3D menawarkan fungsi yang sama.

Paint, bagaimanapun, tetap menjadi bagian dari semua versi Windows 10. Microsoft terdekat yang pernah memberlakukan keputusan tersebut adalah menambahkan pemberitahuan penghapusan ke antarmuka pengguna Paint di Windows 10 versi 1803 dan 1809.

Pada Maret 2021, dengan dirilisnya Windows 10 Insider build 21332 ke Dev Channel, Microsoft menghapus Paint 3D dari instalasi bersih build, selain aplikasi 3D Objects.

Pada April 2021, Microsoft merilis Windows 10 Insider build 21354, yang membuat Paint (bersama dengan Snipping Tool) dapat diperbarui dari Microsoft Store. Itu juga telah dipindahkan dari folder Aksesoris Windows dari menu Mulai ke bagiannya sendiri.

Windows 11[sunting | sunting sumber]

Pada Agustus 2021, Microsoft merilis versi terbaru Paint untuk Windows 11, yang menampilkan UI yang diperbarui, pemilih font yang ditingkatkan, dan tema gelap.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Paint memiliki beberapa fungsi yang tidak disebutkan dalam file bantuan: mode cap, mode jejak, bentuk biasa, dan gambar bergerak. Untuk mode stempel, pengguna dapat memilih bagian gambar, menahan tombol , dan memindahkannya ke bagian lain kanvas. Ini, alih-alih memotongnya, membuat salinannya. Proses ini dapat diulang sebanyak yang diinginkan, selama tombol ditekan. Mode jejak bekerja sama persis, tetapi menggunakan tombol sebagai ganti tombol .

Pengguna juga dapat menggambar garis lurus horizontal, vertikal, atau diagonal dengan alat pensil, tanpa memerlukan alat garis lurus, dengan menahan tombol dan menyeret alat. Selain itu, garis juga dapat ditebalkan atau ditipiskan sebelum atau bersamaan saat sedang ditarik melalui (khusus NumPad) atau (khusus NumPad). Untuk memotong spasi putih atau menghilangkan bagian dari grafik, pegangan biru di sudut kanan bawah dapat diseret untuk menambah ukuran kanvas atau memotong grafik. Pengguna juga dapat menggambar bentuk sempurna (yang memiliki lebar sama dengan tinggi) menggunakan alat bentuk apa pun dengan menahan sambil menyeret.

Versi Paint yang lebih lama, seperti yang dibundel dengan Windows 3.1, menampilkan kuas ganti warna, yang menggantikan satu warna di bawah kuas dengan yang lain tanpa memengaruhi sisa gambar. Di versi Paint yang lebih baru, kuas penghapus warna dapat disimulasikan dengan memilih warna yang akan diganti sebagai warna utama, dan warna yang diganti sebagai warna sekunder, lalu klik kanan menyeret alat penghapus.

Dukungan untuk palet yang diindeks[sunting | sunting sumber]

Secara default, hampir semua versi Paint umumnya tidak dapat menurunkan gambar yang dibuat dengan benar ke palet yang diindeks menggunakan kurang dari 24 bit per piksel. Saat menyimpan gambar dalam format yang menggunakan palet terindeks dengan kurang dari 24 bit per piksel, pesan peringatan akan muncul tentang hilangnya kualitas. Paint tidak menggunakan biner, warna atau dithering skala abu-abu atau optimisasi palet, dan gambar akan disimpan dengan warna acak yang biasanya tidak dapat diubah.

Paint tetap dapat memuat dan menyimpan palet terindeks dengan benar dalam salah satu format yang didukung jika gambar dibuka sebagai gambar palet 8-bit atau diindeks. Dalam hal ini, palet gambar dipertahankan saat disimpan. Namun, tidak ada cara untuk melihat palet yang sebenarnya; pilihan warna untuk kuas, teks, dan penghapus serta warna yang ditentukan pengguna akan dibatasi pada warna terdekat yang tersedia di palet yang diindeks.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Paket setara Paint pada OS lain

Lain-lain

  • Perbandingan editor grafis raster
  • Microsoft Fresh Paint
  • GIMP
  • Seni piksel, suatu bentuk seni digital

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Revamped MS Paint App For Windows 11 HTMD Blog". www.anoopcnair.com. 4 October 2021. Diakses tanggal 9 October 2021.