Michelle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Michelle"
Lagu oleh The Beatles
dari album 'Rubber Soul'
Dirilis3 Desember 1965
DirekamEMI Roads, London
14 Juni 1965
GenrePop
Durasi2:40
LabelParlophone Records
PenciptaLennon/McCartney
ProduserGeorge Martin

Michelle adalah sebuah lagu yang direkam oleh The Beatles pada tahun 1965 dalam album Rubber Soul. Lagu ini sebagian besar ditulis oleh Paul McCartney, dengan sebagian nadanya digubah oleh John Lennon. Lagu ini terbilang unik karena ada sebagian liriknya berbahasa Prancis. "Michelle" memenangkan Grammy Award untuk Song of The Year pada tahun 1967 dan menjadi salah satu lagu terbaik yang pernah direkam oleh The Beatles.

Komposisi[sunting | sunting sumber]

(Instrumen musik dari "Michelle" pada dasarnya berbeda dengan konsep liriknya:

…'Michelle adalah lagu yang kutulis berdasarkan gaya petikan Chet Atkins. Lagunya berjudul 'Trambone' dengan garis atas yang berulang, dan ia memainkan senar bass sembari memainkan melodi. Ini adalah inovasi bagi kami; meskipun gitaris klasik telah memainkannya, tak ada gitaris Rock and roll yang memainkannya. Orang pertama yang kami tahu memainkan gaya petikan itu adalah Chet Atkins. .. Aku tidak pernah mempelajarinya. Tapi berdasarkan lagu "Trambone"-nya Atkins, aku ingin menulis sesuatu dengan melodi dan bass Atkins di dalamnya, jadi aku melakukannya.

— Paul McCartney[1]

Kata-kata dan gaya "Michelle" berasal dari popularitas budaya France Left Bank selama hari-hari McCartney di Liverpool. McCartney pergi ke pesta mahasiswa seni dimana seorang siswa dengan jenggot kambing dan kaus bertali garis-garis menyanyikan lagu Prancis. Dia segera menulis sebuah tiruan lucu untuk menghibur teman-temannya yang melibatkan orang Prancis yang terdengar mengerang daripada kata-kata sebenarnya. Lagu itu tetap menjadi bagian pesta sampai tahun 1965, saat John Lennon menyarankan agar dia mengolahnya kembali menjadi lagu yang tepat untuk dimasukkan ke Rubber Soul.[2]

Personel[sunting | sunting sumber]

Personnel per Ian MacDonald[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Miles 1997, hlm. 273.
  2. ^ Turner 2010, hlm. 94.
  3. ^ MacDonald 2005, hlm. 174–175.