Michelangelo Merisi da Caravaggio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Caravaggio
Potret kapur Caravaggio oleh Ottavio Leoni, c. 1621.
LahirMichelangelo Merisi atau Amerighi da Caravaggio
29 September 1571
Milan, Kadipaten Milan, Imperium Spanyol[1]
Meninggal18 Juli 1610(1610-07-18) (umur 38)
Porto Ercole, Negara Bagian Presidi, Kekaisaran Spanyol
PendidikanSimone Peterzano
Dikenal atasLukisan
Karya terkenalDaftar lukisan karya Caravaggio
Gerakan politikBarok
Patron(s)Kardinal Francesco Maria del Monte
Alof de Wignacourt
Michelangelo Merisi da Caravaggio
Tanda tangan

Michelangelo Merisi (Michele Angelo Merigi atau Amerighi) da Caravaggio, dikenal sebagai Caravaggio (/ˌkærəˈvæi/, US /-ˈvɑː(i)/, bahasa Italia: [mikeˈlandʒelo meˈriːzi da (k)karaˈvaddʒo]; 29 September 1571[2] – 18 Juli 1610), adalah seorang pelukis Italia yang aktif di Roma hampir sepanjang kehidupan seninya . Selama empat tahun terakhir hidupnya ia berpindah-pindah antara Naples, Malta, dan Sisilia hingga kematiannya. Lukisannya dicirikan oleh kritikus seni sebagai kombinasi observasi realistik terhadap keadaan manusia, baik fisik maupun emosional, dengan penggunaan pencahayaan dramatis, yang mempunyai pengaruh formatif pada lukisan Barok.[3][4][5]

Caravaggio menggunakan observasi fisik jarak dekat dengan penggunaan chiaroscuro secara dramatis yang kemudian dikenal sebagai tenebrisme. Dia menjadikan teknik ini sebagai elemen gaya yang dominan, membuat subjek terpesona dalam sorotan cahaya terang dan bayangan gelap. Caravaggio dengan jelas mengungkapkan momen dan adegan penting, sering kali menampilkan perjuangan dengan kekerasan, penyiksaan, dan kematian. Dia bekerja cepat dengan model hidup, lebih memilih untuk tidak menggambar dan bekerja langsung di atas kanvas. Pengaruh inspiratifnya pada gaya Barok baru yang muncul dari Mannerisme sangat mendalam. Pengaruhnya dapat dilihat secara langsung atau tidak langsung dalam karya Peter Paul Rubens, Jusepe de Ribera, Gian Lorenzo Bernini, dan Rembrandt. Seniman yang sangat dipengaruhi olehnya disebut "Caravaggisti" (atau "Caravagesques"), serta tenebrisme atau tenebrosi ("shadowists").

Caravaggio dilatih sebagai pelukis di Milan sebelum pindah ke Roma ketika dia berusia dua puluhan. Dia mengembangkan nama besar sebagai seorang seniman dan sebagai pria yang kejam, sensitif dan provokatif. Dia membunuh Ranuccio Tommasoni dalam perkelahian, yang berujung pada hukuman mati karena pembunuhan dan memaksanya melarikan diri ke Napoli. Di sana ia kembali membuktikan dirinya sebagai salah satu pelukis Italia paling terkemuka di generasinya. Dia melakukan perjalanan ke Malta dan ke Sisilia pada tahun 1607 dan meminta pengampunan kepausan atas hukumannya. Pada tahun 1609 dia kembali ke Napoli, di mana dia terlibat dalam bentrokan kekerasan; wajahnya rusak, dan rumor kematiannya beredar. Pertanyaan tentang kondisi mentalnya muncul dari perilakunya yang tidak menentu dan aneh. Dia meninggal pada tahun 1610 dalam keadaan yang tidak menentu saat dalam perjalanan dari Napoli ke Roma. Laporan menyatakan bahwa dia meninggal karena demam, tetapi ada dugaan bahwa dia dibunuh atau dia meninggal karena keracunan timbal.

Inovasi Caravaggio menginspirasi lukisan Barok, namun lukisan tersebut memasukkan drama chiaroscuro-nya tanpa realisme psikologis. [diragukan] Gaya berkembang dan mode berubah, dan Caravaggio tidak lagi disukai. Pada abad ke-20, minat terhadap karyanya bangkit kembali, dan pentingnya karyanya bagi perkembangan seni Barat dievaluasi kembali. Sejarawan seni abad ke-20 André Berne-Joffroy [fr] menyatakan: "Apa yang dimulai dalam karya Caravaggio, sederhananya, adalah lukisan modern."[6]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Carminati, Marco (25 Februari 2007). "Caravaggio da Milano" (dalam bahasa Italia). Diakses tanggal 28 Juli 2016. 
  2. ^ "Caravaggio - The Complete Works - caravaggio-foundation.org". www.caravaggio-foundation.org. 
  3. ^ Vincenzio Fanti (1767). Tutto Ciò che Ritrovasi di Galeri Sua Altezza Giuseppe Wenceslao del S.R.I. Prinsip Regnante della Casa di Lichtenstein. Trattner. hlm. 21. 
  4. ^ "Pelukis Italia Michelangelo Amerighi da Caravaggio". Gettyimages.it. Diakses tanggal 20 Juli 2013. 
  5. ^ "Caravaggio, Michelangelo Merisi da (pelukis Italia, 1571–1610)". Getty.edu. 
  6. ^ Dikutip dalam Gilles Lambert, "Caravaggio", hal .8.