Mi Biangbiang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mi Biangbiang
Biang Biang Mian.jpg
Nama lainYóupō Chěmiàn
Tempat asalTiongkok
Wilayah atau negara bagianShaanxi
Mi Biangbiang
Hanzi tradisional: Biáng.svgBiáng.svg
Hanzi sederhana: Biang (简体).svgBiang (简体).svg
Pinyin: biángbiángmiàn
nama alternatif
Hanzi tradisional: 油潑扯麵
Hanzi sederhana: 油泼扯面

Mi Biangbiang, dengan nama alternatif yang dikenal sebagai Youpo Chemian dalam bahasa Mandarin, adalah jenis mi populer yang berasal dari Provinsi Shaanxi, Tiongkok. Mi ini disebut-sebut sebagai salah satu dari "delapan hal yang ajaib dan aneh dari Shaanxi" (陕西八大怪) dan digambarkan sebagai seperti mi yang berbentuk ikat pinggang, karena sangat tebal dan panjang.

Mi Biangbiang langsung dibuat oleh tangan. Awalnya merupakan makanan yang dikonsumsi oleh kalangan orang-orang miskin di pedesaan, tetapi baru-baru ini menjadi terkenal karena karakter unik yang digunakan dalam namanya.[1] Mi ini sering dicampur dengan banyak paprika merah pada saat musim dingin di Shaanxi.

Karakter han untuk biáng[sunting | sunting sumber]

Karakter tradisional biáng dengan kaligrafi gaya reguler
Karakter tradisional biáng dengan font Song
Karakter sederhana biáng dengan font Song
Penyanyi dan pembawa acara TV bernama Slater Rhea (帅德) menulis dan menjelaskan karakter biáng di Xi'an TV.

Terdiri dari 58 guratan bila ditulis dengan aksara han tradisional[Note 1] dan 42 bila ditulis dengan aksara han sederhana). Aksara biáng merupakan salah satu aksara paling rumit yang masih digunakan,[2] meskipun aksara atau karakter tidak ditemukan dalam kamus modern atau bahkan dalam kamus Kangxi.

Karakter terdiri dari ("ucapan" terdiri 7 guratan) yang terletak di tengah dan diapit oleh ("mungil"; 2×3 guratan) di kedua sisi. Di bawahnya, ("kuda"; 10 guratan) diapit oleh ("tumbuh"; 2×8 guratan). Balok pusat karakter ini sendiri dikelilingi oleh ("bulan"; 4 guratan) dan di bawah terdapat, ("jantung"; 4 guratan) di sebelah kanan terdapat("pisau"; 2 guratan). Karakter di bagian dalam pada gilirannya dikelilingi oleh lapisan kedua karakter, yaitu (gua; 5 guratan) yang terletak di atas and (berjalan; 4 guratan[Note 1]) melengkung di kiri dan di bawah.

Substitusi karakter secara fonetik[sunting | sunting sumber]

Karakter tradisional dan sederhana untuk biáng belum tersedia di Unicode, jadi tidak ada cara baku untuk menuliskan atau mewakili karakter tersebut di komputer. Namun, telah dibuat proposal untuk memasukkan karakter tradisional maupun sederhana oleh Ideographic Rapporteur Group yang akan diinput di bagian Unicode CJK Unified Ideographs Extension G.[3] Karena karakter belum dikodekan, Substitusi fonetik seperti 彪彪面 (biāobiāomiàn) atau 冰冰面 (bīngbīngmiàn) sering dipakai di komputer.

Karakter dijelaskan oleh berikut ini sesuai Urutan Deskripsi Ideografis (IDSs):[4]

⿺{辶⿳穴⿰月⿰⿲⿱幺長⿱言馬⿱幺長刂心} (tradisional)
⿺{辶⿳穴⿰月⿰⿲⿱幺长⿱言马⿱幺长刂心} (sederhana)

Di font Adobe Source Han Sans and Source Han Serif, urutan ini tidak ditampilkan sebagai IDS, tetapi ditampilkan hanya sebagai glif.[5][6]

Unicode[sunting | sunting sumber]

Karakter telah diinput ke Unicode Standard, tapi karakter tradisional dan sederhana masih berbentuk draf berupa CJK Unified Ideographs Extension G, yang direncanakan terbit sesuai ISO/IEC 10646 versi Unicode 13.0 pada Maret 2020.[7][8]

Mnemonik[sunting | sunting sumber]

Animasi GIF menunjukkan guratan karakter tradisional biáng berdasarkan mnemonik, bukan berdasarkan aturan guratan yang resmi. Sebaliknya elemen 馬 menjadi rancu karena sesuai aturan guratan Kanji Jepang.

Ada beberapa cara jembatan keledai (mnemonik) oleh masyarakat Shaanxi untuk membantu mengingat kembali bagaimana karakter ditulis.

Salah satu cara ditulis seperti yang tercantum di bawah:

Hanzi tradisional Hanzi sederhana Pinyin Bahasa Indonesia
一點上了天 一点上了天 Yīdiǎn shàngle tiān Pada suatu hari
黃河兩道彎 黄河两道弯 Huáng Hé liǎng dào wān Dua belokan di Sungai Kuning
八字大張口 八字大张口 Bāzì dà zhāngkǒu Angka 8 () terbuka lebar,
言字往進走 言字往进走 Yán zì wǎng jìn zǒu Kata "ucapan" () masuk ke dalam.
你一扭 我一扭 你一扭 我一扭 Nǐ yī niǔ, wǒ yī niǔ Anda memutar, saya memutar juga, ( 'mungil')
你一長 我一長 你一长 我一长 Nǐ yī zhǎng, wǒ yī zhǎng Anda tumbuh, Saya tumbuh () bersama anda,
當中加個馬大王 当中加个马大王 Dāngzhōng jiā gè mǎ dàwáng Di dalam, Seekor raja kuda () akan berkuasa.
心字底 心字底 Xīn zì dǐ "Jantung" () jatuh ke bawah,
月字旁 月字旁 Yuè zì páng "Bulan" () ke samping,
留個釣搭掛麻糖 留个钓搭挂麻糖 Liú ge diào dā guà má tang Tinggalkan kail pancing ( 'pisau') untuk adonan matang yang memutar, yang digantung rendah,
坐著車車逛咸陽 坐着车车逛咸阳 Zuòzhe chēchē guàng Xiányáng Dalam kereta ke Xianyang, kami pergi (radikal: 'berjalan').

Perhatikan bahwa dua baris pertama mungkin merujuk ke karakter (atap), yang terbentuk secara sistematis sebagai titik dan garis (sungai) dengan dua tikungan.

Asal karakter[sunting | sunting sumber]

Asal mi biangbiang dan karakter biáng belum diketahui secara pasti. Menurut suatu legenda, karakter biáng diciptakan oleh Perdana Menteri Li Si dari Dinasti Qing. Namun, karena karakter tidak ditemukan dalam Kamus Kangxi, mungkin karakter diciptakan sebelum Li Si. Karakter serupa ditemukan digunakan oleh Tiandihui.

Pada acara Television Broadcasts Limited tahun 2007, The Web (一網打盡), presenter acara berusaha untuk menemukan asal karakter dengan menghubungi profesor universitas, tetapi profesor tidak dapat memverifikasi kisah Li Si atau asal-usul karakter. Disimpulkan bahwa karakter itu ditemukan oleh pemilik toko mi biang-biang.[butuh klarifikasi]

Satu teori adalah bahwa tidak ada karakter atau makna untuk kata ini pada awalnya, dan kata itu sebenarnya berasal dari suara yang ditiru dari orang mengunyah mi yang terdengar suara "biang biang biang".

Legenda tentang seorang siswa yang membuat karakter untuk mi biangbiang juga merupakan salah satu teori yang umum diyakini tentang asal mula karakter mi biangbiang.[9]

Berdasarkan berita dari China Daily, suara "biang" sebenarnya mengacu pada suara yang dibuat oleh koki ketika dia membuat mi dengan menarik adonan dan menamparnya di atas meja.[10]

Varian karakter[sunting | sunting sumber]

Biángbiángmiàn yang ditulis dengan karakter tradisional. Dengan pengecualian guratan keempat dan kelima, dua varian karakter biáng ditulis sama dengan varian karakter yang paling kanan.

15 varian dari karakter biáng, yang terdiri dari 56 dan 70 guratan:[Note 2]

Biáng.svg Biáng-v1.svg Biáng-v13.svg Biáng-v10.svg Biáng-v12.svg Biáng-v11.svg Biáng-v4.svg Biáng-v5.svg Biáng-v14.svg Biáng-v2.svg Biáng-v6.svg Biáng-v7.svg Biáng-v8.svg Biáng-v9.svg Biáng-v3.svg

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Radical hanya memiliki tiga guratan (bukan empat) sesuai dengan aturan RRT, sehingga karakter tradisional ditulis dengan hanya 57 guratan di sana, yang tercermin dalam grafik karakter gaya Song dan animasi urutan goresan ke kanan.
  2. ^ Radical hanya memiliki tiga guratan (bukan empat) sesuai dengan aturan RRT, sehingga varian karakter dengan 70 guratan hanya ditulis dengan 69 guratan di sana, yang ditampilkan dalam karakter di bawah ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "A taste of Xi'an in North London | Fuchsia Dunlop". www.fuchsiadunlop.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-08-13. 
  2. ^ "What is the Most Complex Chinese Character?". Mental Floss. Diakses tanggal 2016-06-14. 
  3. ^ UTC Character Submission for 2015 by the Unicode Consortium
  4. ^ See Unicode Technical Report #45 and associated data File, UTC-00791. The file references this Wikipedia article as a primary source and a reason for inclusion.
  5. ^ Lunde, Ken (April 8, 2017), "Designing & Implementing Biáng", CJK Type Blog, Adobe, diakses tanggal December 30, 2017 
  6. ^ Lunde, Ken (November 19, 2018), Source Han Sans Version 2.000 (PDF), Adobe, diakses tanggal November 21, 2018 
  7. ^ "Additional repertoire for ISO/IEC 10646:2017 (6th ed.) CD" (PDF). Diakses tanggal 29 August 2018. 
  8. ^ Lunde, Ken (5 June 2018). "Unicode Version 11.0". CJK Type Blog. Diakses tanggal 29 August 2018. 
  9. ^ Beck, Stewart Lee. "The Hardest Chinese Character". Diakses tanggal 2016-06-14. 
  10. ^ "Biangbiang Shaanxi street food". China Daily. Diakses tanggal 19 November 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]