Metatesis (linguistik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Metatesis /mɛ't̪at̪esis/ atau Metathesis /mɪˈtæθɪsɪs/ (Dari kata dalam bahasa Yunani μετάθεσις, yang berasal dari μετατίθημι "Aku meletakkan(nya) dalam posisi yang berbeda", dan bahasa Latin: transpositio) merupakan transposisi dari suara ataupun suku kata di dalam ataupun dari sebuah suku kata (silabel) dalam sebuah kalimat. Biasanya konsep ini digunakan untuk segmen atau suku kata yang berdekatan, yang dikenal sebagai metatesis berdekatan[1] or local metathesis:[2]

  • foliage > **foilage (segmen yang berdekatan)
  • anemone > **anenome (suku kata yang berdekatan)
  • cavalry > **calvary (koda dari suku kata yang berdekatan)

Metatesa juga dapat menyebabkan pertukaran suara tak berdekatan, dan hal ini biasanya disebut metatesis tak berdekatan, metatesis jarak jauh,[1] atau hyperthesis,[3] seperti yang ditunjukkan dalam beberapa contoh perubahan suara secara metatesis dari bahasa Latin ke bahasa Spanyol:

Banyak bahasa memiliki kata-kata yang menunjukkan fenomena ini, dan beberapa diantaranya bahkan menggunakan fitur ini sebagai struktur tatanan bahasa yang sering dijumpai, seperti dalam bahasa Ibrani dan bahasa Fur. Beberapa proses metatesa juga merubah bentuk kata dari kata-kata yang mirip.

Bentuk awal sebelum sebuah kata mengalami metatesis kemungkinan disimpulkan dari bentuk yang lebih awal dari kata tersebut dalam leksikon bahasa tersebut, atau, jika tidak ada bentuk yang masih ada, maka dapat dilihat dari rekonstruksi fonologikal. Dalam beberapa kasus, tidak memungkinkan untuk menentukan versi aslinya atau awalnya dengan tepat.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Strazny, Philipp (2005). Encyclopedia of Linguistics. 2, M–Z. Chicago: Fitzroy Dearborn. hlm. 679. 
  2. ^ van Oostendorp, Marc; et al. (ed.). The Blackwell Companion to Phonology. III, Phonological Processes. Oxford: Blackwell. hlm. 1381. 
  3. ^ Trask, Robert Lawrence (2000). The Dictionary of Historical and Comparative Linguistics. Edinburgh: Edinburgh University Press. hlm. 211.