Mesoarkaikum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Rekonstruksi superbenua Vaalbara pada era Mesoarkean

Mesoarkean adalah era geologi bagian dari eon Arkean yang berlangsung 3200 hingga 2800 juta tahun yang lalu. Periode ini ditentukan secara kronometri dan tidak merujuk pada suatu bagian lapisan batuan tertentu di Bumi. Fosil yang ditemukan di Australia menunjukkan bahwa stromatolit telah hidup di Bumi sejak era ini.

Superbenua tertua kedua, yaitu Ur, terbentuk di periode ini, lebih tepatnya sekitar 3 miliar tahun lalu. Zaman es pertama di sejarah bumi juga terjadi di periode ini, yaitu Zaman Es Pongola yang dipicu oleh makhluk fotosintesis (sianobakteri) pertama. Namun dibandingkan dengan Zaman Es Huronian, ini adalah peristiwa minor.

Paleoklimatologi[sunting | sunting sumber]

Dengan mempelajari kondisi isotop karbon di batuan Mesoarkean, paleoklimatolog dapat memperkirakan suhu Bumi pada saat itu. Analisis menunjukkan bahwa cuaca pada Mesoarkean memiliki temperatur rata-rata yaitu sekitar 55-58 deajat celcius, dengan tingginya kadar metana dan karbon dioksida di atmosfter yang diperkirakan menjadi penyebab tingginya suhu rata-rata pada saat itu.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Skala waktu geologi: eon dan era
(dalam juta tahun)

PaleoproterozoikumMesoproterozoikum

HadeanArkeanProterozoikumFanerozoikumPrakambriumera (geologi)eon