Meskel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Meskel
Perayaan Meskel di Lapangan Meskel, Addis Ababa (2016)
Dirayakan oleh
MaknaPenemuan Salib Sejati oleh Permaisuri Romawi Helena pada abad keempat
Perayaan
  • Orang-orang berkumpul dan membakar obor yang dikenal dey chibo di setiap tempat
  • Pertunjukan kembang api
  • Pesta
Tanggal
  • 27 September
  • 28 September (tahun kabisat)
Tahun 202328 September
FrekuensiTahunan

Meskel (bahasa Ge'ez: መስቀል) adalah hari libur Kristen di gereja Ortodoks Etiopia dan Ortodoks Eritrea yang memperingati penemuan Salib Sejati oleh Permaisuri Romawi Helena (Santo Helena) pada abad keempat. Meskel terjadi pada 17 Meskerem dalam kalender Ethiopia (27 September, kalender Gregorian, atau pada 28 September dalam tahun kabisat).[1] "Meskel" (atau "Meskal" atau "Mesqel", ada berbagai cara untuk mentransliterasi dari Ge'ez ke aksara Latin) adalah Ge'ez untuk "salib".

Festival ini dikenal sebagai Pesta Peninggian Salib Suci di gereja-gereja Ortodoks, Katolik, atau Protestan lainnya. Gereja-gereja yang mengikuti kalender Gregorian merayakan pesta tahunan pada tanggal 14 September.

Pesta ini diadakan di Lapangan Meskel, dinamai sesuai nama festival, di ibu kota Addis Ababa. Para pemimpin agama dan sipil memimpin perayaan tersebut, dan tokoh masyarakat memberikan pidato dan referensi tema dan cerita alkitabiah. Banyak orang Etiopia yang tinggal di kota kembali ke desa mereka untuk merayakan acara nasional tersebut. Saat hari semakin gelap, Demera dibakar.[2] UNESCO memasukkan Meskel pada tahun 2013 dalam Daftar Representatif Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rough Guides (2015). "Festivals". The Rough Guide to Ethiopia. Rough Guide to... ISBN 9780241181850. 
  2. ^ Thomas M Landy, "Meskel", Catholics & Cultures updated June 19, 2015
  3. ^ "Commemoration feast of the finding of the True Holy Cross of Christ". unesco.org. Diakses tanggal 2015-12-23.