Mesin traksi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Mesin penarik)
Mesin traksi John Fowler and Co berkekuatan 6 nHP yang diaplikasikan untuk membajak tanah

Mesin traksi adalah mesin bertenaga uap yang digunakan untuk memindahkan muatan yang berat di jalan, membajak tanah, atau menyediakan tenaga pada tempat dan waktu tertentu. Istilah 'traksi' diambil dari bahasa latin, tractus, yang berarti menarik, karena fungsi utama mesin ini pada awalnya adalah menarik beban di belakangnya. Mereka juga disebut sebagai lokomotif jalanan, karena bentuknya menyerupai lokomotif uap namun beroperasi di jalan.

Mesin traksi berukuran besar, tetapi berat, begerak lambat, dan memiliki kemampuan manuver yang rendah. Namun mesin ini mengubah wajah pertanian dunia di mana ketika itu sumber tenaga yang digunakan hanya berasal dari kuda.

Mesin ini menjadi populer pada tahun 1850-an ketika mesin uap portabel pertama yang mampu menggerakkan dirinya sendiri pertama kali dikembangkan untuk usaha pertanian. Produksi berlanjut hingga awal abad ke-20 di mana mesin pembakaran dalam mengambil alih dengan traktor mereka. Namun produksi mesin traksi terus berlanjut hingga tahun 1950, dan penggunaannya masih berlangsung sampai sekarang.