Mesin kepala datar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Mesin sidevalve T-head crossflow

Mesin kepala datar adalah mesin pembakaran dalam dengan katup kecil yang terdapat di dalam blok mesin, bukan di kepala silinder, seperti pada mesin katup atas.

Kepala datar secara luas digunakan secara internasional oleh manufaktur mobil dari akhir 1890-an sampai pertengahan 1950-an tetapi digantikan oleh katup overhead yang lebih efisien dan mesin camshaft overhead. Mereka saat ini mengalami kebangkitan di mesin aero putaran rendah seperti D-Motor.[1]

Roda gigi katup terdiri dari poros bubungan yang terletak rendah di blok silinder yang mengoperasikan katup kecil melalui tappet dan batang penekan pendek (atau kadang-kadang tanpa batang dorong sama sekali). Sistem flathead meniadakan kebutuhan akan komponen valvetrain lebih lanjut seperti pushrod yang panjang, rocker arm, katup overhead atau camshaft overhead. Sidevalve biasanya berdekatan, terletak di satu sisi silinder, meskipun beberapa flathead menggunakan varian "crossflow" "T-head" yang kurang umum. Dalam mesin T-head, gas buang keluar dari sisi berlawanan silinder dari katup masuk.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "D-Motor image". Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 February 2018. Diakses tanggal 29 April 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]