Mesin atmosfer Newcomen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Skema mesin Newcomen.
– Uap (merah muda), Air (biru)
– Katup terbuka (hijau), Katup tertutup (merah)

Mesin atmosfer Newcomen diciptakan oleh Thomas Newcomen pada tahun 1712, dan sering disebut sebagai "mesin Newcomen". Mesin ini dioperasikan dengan cara mengembunkan uap yang ditarik ke dalam silinder, sehingga menciptakan ruang hampa udara yang memungkinkan tekanan atmosfer untuk mendorong piston ke dalam silinder. Mesin ini merupakan perangkat praktis pertama yang memanfaatkan uap untuk menghasilkan kerja mekanika.[1][2] Mesin Newcomen digunakan di seluruh Britania dan Eropa, terutama untuk memompa air keluar dari pertambangan. Ratusan mesin Newcomen telah dibuat sepanjang abad ke-18.

Mesin uap Watt ciptaan James Watt yang hadir setelahnya adalah versi perbaikan dari mesin Newcomen, yang kira-kira dua kali lipat lebih hemat bahan bakar, akibatnya banyak mesin atmosfer ciptaan Newcomen yang dikonversikan ke model mesin uap Watt. Oleh karena itu, Watt saat ini lebih dikenal daripada Newcomen dalam hal mesin uap.

Sebuah contoh mesin Newcomen statis ada di Museum Sains, London.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Morris, Charles R. Morris; illustrations by J.E. (2012). The dawn of innovation the first American Industrial Revolution (edisi ke-1st). New York: PublicAffairs. hlm. 42. ISBN 978-1-61039-049-1. 
  2. ^ "Science Museum – Home – Atmospheric engine by Francis Thompson, 1791". www.sciencemuseum.org.uk. Diakses tanggal 6 July 2009. 
  3. ^ "In Pursuit of Power".