Mercury-Redstone 1

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mercury-Redstone 1
Wahana antariksa Mercury #2, digunakan bersamaan dengan MR-1 dan MR-1A, dipajang di NASA Ames Exploration Center
Jenis misiPercobaan penerbangan
OperatorNASA
Durasi misi2 detik
Kegagalan peluncuran
Titik apogee4 inci (10 cm)
Properti wahana
Wahana antariksaMercury No.2
ProdusenMcDonnell Aircraft
Massa luncur1.230 kilogram (2.720 pon)[1][note 1]
Awal misi
Tanggal luncurNovember 21, 1960, 14:00 (November 21, 1960, 14:00) UTC
Roket peluncurRedstone MRLV MR-1
Tempat peluncuranCape Canaveral LC-5
 

Mercury-Redstone 1 (MR-1) adalah misi penerbangan antariksa nirawak Mercury-Redstone pertama dalam Proyek Mercury, sekaligus upaya peluncuran wahana antariksa Mercury pertama yang menggunakan Kendaraan Peluncur Mercury-Redstone. Misi ini merupakan misi penerbangan antariksa suborbital, yang diluncurkan pada 21 November 1960 dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral, Florida. Peluncuran misi ini gagal terjadi, tetapi menghasilkan peristiwa unik yang disebut sebagai "penerbangan empat inci".[2]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Massa wahana antariksa dan muatannya setelah dilepaskan dari kendaraan peluncur. Massa ini tidak termasuk menara pembatalan peluncuran yang dilepaskan sebelum pelepasan wahana antariksa dan adapter peluncuran yang tetap akan terpasang di kendaraan peluncur. Perlu dicatat bahwa wahana antariksa Mercury #2 memiliki peralatan yang lebih sedikit daripada wahana antariksa yang digunakan pada penerbangan berawak Mercury lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Korando, R. D. (February 6, 1961). Mercury Capsule No. 2 Configuration Specification (Mercury-Redstone No. 1) (PDF). St. Louis, Missouri: McDonnell Aircraft Corporation. hlm. 7–9. Report number NASA-CR-137390. 
  2. ^ "MR-1: The Four-Inch Flight", p. 293.