Mercedes dari Asturias

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mercedes
Putri Asturias
María de las Mercedes de Borbón y Habsburgo-Lorena.JPG
Lahir(1880-09-11)11 September 1880
Madrid
Wafat17 Oktober 1904(1904-10-17) (umur 24)
Madrid
Pemakaman
WangsaWangsa Bourbon
Wangsa Bourbon-Dua Sisilia
Nama lengkap
María de las Mercedes Isabel Teresa Cristina Alfonsa
AyahAlfonso XII dari Spanyol
IbuMaria Christina dari Austria
PasanganPangeran Carlos dari Bourbon-Dua Sisilia
AnakInfanta Alfonso, Adipati Calabria
Infanta Fernando
Infanta Isabel Alfonsa
AgamaKatolik Roma

María de las Mercedes, Putri Asturias (lahir di Madrid, Spanyol, 11 September 1880 – meninggal di Madrid, Spanyol, 17 Oktober 1904 pada umur 24 tahun), adalah putri sulung Raja Alfonso XII dari Spanyol dan istri keduanya, Maria Christina dari Austria. Ia menyandang gelar Putri Asturias atau sebagai pewaris dugaan selama 24 tahun kekosongan pewaris takhta Spanyol.

Pada rentang waktu 25 November 1885 hingga 17 Mei 1886, ia menjabat sebagai Pejabat Kepala Negara Spanyol. Ia sebenarnya memiliki saudara perempuan yang meninggal dalam kandungan saat kematian Alfonso XII. Mercedes lalu menjadi Ratu Spanyol. Pada 1886, lahirlah adik laki-lakinya, Alfonso XIII dari Spanyol dan mengakhiri gelar keratuan Mercedes. Ia kembali ke posisi awalnya sebagai pewaris dugaan Spanyol, gelar yang ia sandang hingga kematiannya. Kemudian ia digantikan oleh adiknya Alfonso XIII.

Putri Mercedes menikah di Madrid pada 14 Februari 1901. Ia menikah dengan sepupunya, Pangeran Carlos dari Bourbon-Dua Sisilia, yang merupakan keponakan Raja Dua Sisilia. Pernikahan ini sangat kontroversial dikarenakan keterlibatan ayah Pangeran dengan gerakan Carlist. Ia meninggal tiga tahun kemudian saat melahirkan anak ketiganya.

Leluhur[sunting | sunting sumber]

Lambang-lambang[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]