Menzel 3

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Nebula Semut
Nebula emisi
Nebula planeter
Ant Nebula.jpg
Nebula semut diambil oleh Hubble Space Telescope pada tahun 2008
Data pengamatan: J2000 epos
Asensio rekta 16j 17m 13.392d[1]
Deklinasi -51° 59′ 10.31″[1]
Jarak~8,000 ly (~2,500 pc)[2] ly
Magnitudo semu (V)13.8[3]
Dimensi semu (V)>50″ × 12″[2]
Rasi bintangNorma
Ciri-ciri fisik
Jari-jari1.0 ly[a] ly
Magnitudo mutlak (V)1.8[b]
Ciri pentingThree nested pairs of bipolar lobes
SebutanESO 225-9,[1] Ant Nebula,[1]
Chamber of Horrors[c]
Lihat pula: Daftar nebula

Menzel 3 disingkat juga Mz3 adalah nebula planeter (PN/Planetary nebula) bipolar muda di konstelasi Norma yang terdiri dari inti terang dan empat aliran keluar berkecepatan tinggi berbeda yang dinamai lobus, kolom, sinar, dan cakram. Nebulositas ini dideskripsikan sebagai: dua lobus bipolar bola, dua kolom luar berbentuk jam kaca filamen besar, dua sinar berbentuk kerucut, dan chakra berbentuk elips yang mengembang secara radial planar. Mz 3 adalah sistem kompleks yang terdiri dari tiga pasang lobus bipolar dan elips ekuator. Semua lobusnya memiliki sumbu simetri yang sama tetapi masing-masing memiliki morfologi dan sudut bukaan yang sangat berbeda. Ini adalah Nebula bipolar yang tidak biasa karena diyakini oleh beberapa peneliti, mengandung biner simbiosis di pusatnya. Suatu studi menunjukkan bahwa gas nebular padat di pusatnya mungkin berasal dari sumber yang berbeda dari lobus yang diperluas. Model kerja untuk menjelaskan hipotesis ini adalah bahwa PN ini terdiri dari sebuah bintang pendamping raksasa yang menyebabkan terbentuknya wilayah gas padat pusat, dan katai putih yang menyediakan foton pengion untuk PN.

Mz 3 sering disebut juga Nebula Semut karena menyerupai kepala dan dada semut dari varietas taman.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Mz 3 saat ini meluas secara radial dengan kecepatan sekitar 50 km/s dan sumbu kutubnya berorientasi pada sudut sekitar 30° dari bidang langit (Lopez & Meaburn 1983; Meaburn & Walsh 1985). Kadang-kadang dibandingkan dengan Nebula Kupu-kupu (M 2-9) yang dipelajari lebih ekstensif, dan sangat mungkin keduanya memiliki sejarah evolusi yang serupa. Keduanya memiliki inti terang seperti titik, yang merupakan nebula bipolar berpinggang sempit, dan berbagai spektrum yang bergantung secara spasial yang sangat mirip. Karena kesamaan mereka, perbedaan mereka patut diperhatikan. Perbedaan terbesar mereka mungkin terletak pada emisi inframerah dekat mereka. Mz 3 tidak memiliki jejak emisi molekul hidrogen, sedangkan M 2-9 memiliki garis emisi H2 yang menonjol dekat-IR. Kurangnya H2 emisi dari Mz 3 tidak biasa mengingat korelasi yang kuat antara emisi tersebut dan struktur bipolar PN. Selain itu, lobus kutub Mz 3 lebih berbintik-bintik dan bulat dibandingkan dengan M 2-9. Akhirnya, Mz 3 tidak diketahui untuk membuktikan variabilitas temporal di lobus polar seperti yang ditemukan di M 2-9.

Observatorium The Herschel Space telah mendeteksi Laser emisi cahaya dari nebula - khususnya, hidrogen rekombinasi emisi garis laser. Ini memberikan informasi mengenai keberadaan katai putih dengan pendamping biner di tengah nebula.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 8,000 ly distance × sin( >50″ diameter_angle / 2 ) = 1.0 ly. radius
  2. ^ 13.8 apparent magnitude – 5 * (log10(2,500 pc distance) – 1) = 1.8 absolute magnitude
  3. ^ Mz 3 has several components with varying degrees of collimation. It also has an unusual spectrum. Together, these entitle it to the nickname of "The Chamber of Horrors" of planetary nebulae as given by Evans in 1959.

Referensi[sunting | sunting sumber]