Meninting kecil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Meninting kecil
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
E. velatus
Nama binomial
Enicurus velatus
Temminck, 1822

Meninting kecil (bahasa Latin: Enicurus velatus) adalah spesies burung dari keluarga Turdidae, dari genus Enicurus. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga air, siput, larva, dan memiliki habitat di perbukitan, pegunungan, hutan, aliran sungai, tersebar pada ketinggian 600-1.800 m dpl.

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber]

Meninting kecil memiliki tubuh berukuran agak kecil (16 cm). Warna hitam dan putih. Kaki dan alis mata putih pendek. Mahkota dan tengkuk abu-abu (jantan) atau coklat berangan (betina). Kepala, leher, sayap dan punggung abu-abu tua. Dada, perut, tunggir putih. Garis sayap putih. Ujung putih ekornya menggarpu hitam yang bertahap-tahap. Dua bulu ekor terluar putih seluruhnya. Iris coklat, paruh hitam, kaki keputihan. Aktif tak pernah istirahat. Lincah di badan air mengalir. Menangkap serangga di dalam air. Berdiri di batu-batuatau berjalan sepanjang pinggir air. Mematuk-matuk mencari makan sambil mengembangkan ekornya yang menggarpu panjang. Terbang bergelombang dekat di atas tanah atau air saat bersuara.

Sarang dari lumut atau serat, ditempelkan dengan tanah, pada celah batu lembab di tepi sungai atau akar pohon. Telur berwarna putih berbintik merah, jumlah 2 butir. Berbiak bulan Januari, April-Juni.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

  • Sumatra, Jawa.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Enicurus velatus". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2012.1. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 16 July 2012.