Mengigau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Mengigau merupakan suatu gangguan tidur dimana orang yang mengalami kejadian tersebut menyebutkan nama seseorang atau mengucapkan sesuatu yang tidak jelas.

Menurut National Sleep Foundation, tidur berbicara dikenal dengan sebutan somniloquy, gangguan yang mengacu pada berbicara saat tidur. kata-kata yang diucapkan sebenarnya tidak memiliki arti, bisa berupa gumam, monolog kompleks, atau rangkaian kalimat yang tidak jelas. Meski begitu, mengigau bisa jadi indikasi gangguan tidur yang lebih serius, seperti sleep apnea (napas berhenti), night terrors (menjerit) dan gangguan perilaku REM (Rapid Eye Movement).

setiap orang bisa mengigau, tetapi pada umumnya terjadi pada pria dan anak-anak. sama halnya dengan kebiasaan berjalan saat tidur.

Memang sedikit orang mengigau berat yang memiliki gangguan psikologis[1] namun yang pasti ketika mengigau berarti sebenarnya ada hal yang sedang dipikirkan sebelum beranjak tidur.

sebuah penelitian yang dilakukan di Perancis melaporkan bahwa ucapan yang keluar saat mengigau di malam hari mungkin lebih buruk daripada saat Anda terbangun. Biasanya keluar kata-kata makian atau “tidak”. Penelitian tersebut dilakukan oleh 230 orang dewasa selama satu atau dua malam berturut-turut. Para peneliti mencatat hampir 900 ucapan orang mengigau setiap malam.

Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah hampir 59 persen ucapan yang keluar saat mengingau tidak dapat dipahami, termasuk bergumam, berbisik, atau tertawa. Namun, di antara ucapan yang bisa dimengerti, mengandung kata-kata yang menyinggung, berunsur negatif, makian, dan tidak pantas diucapkan.

Penelitian ini menunjukkan bahwa ucapan yang keluar saat mengigau jauh lebih rumit daripada yang diharapkan dan mendukung teori bahwa ada fungsi otak yang lebih tinggi selama semua tahap tidur.[2]

Mengigau juga memiliki tahap keparahan, tahap 1 dan 2 merupakan tahap mengigau dalam keadaan tidur nyenyak dan masih bisa dipahami. Sedangkan untuk tahap 3 dan 4 merupakan pembicaraan yang sulit dipahami.[3]

Penyebab[sunting | sunting sumber]

Faktor utama yang menjadi penyebab orang mengigau yaitu stres, depresi[4], kurang tidur, mengantuk berlebih, minum-minuman beralkohol, dan bahkan demam di siang hari. Selain itu, mengigau dapat terjadi karena adanya faktor-faktor psikologis lainnya,

Ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan seseorang mengigau, antara lain:

  • Sedang menggunakan obat tertentu
  • Tekanan emosional
  • Demam
  • Gangguan kesehatan mental
  • Penyalahgunaan zat terlarang

Selain itu, mungkin ada faktor genetik juga yang menyebabkan orang mengigau saat tidur. Jadi jika Anda memiliki orang tua atau anggota keluarga lainnya yang mengigau, Anda mungkin juga berisiko.[2]

Penanggulangan[sunting | sunting sumber]

Secara umum, mengigau ini tidak membutuhkan pengobatan yang serius. tetapi, jika mengigau tersebut parah dan berlangsung dalam waktu yang lama, anda bisa konsultasikan masalah tersebut ke dokter atau penyedia layanan kesehatan lainnya.[5]

Cara Menghilangkan Mengigau Saat Tidur yang Paling Ampuh[sunting | sunting sumber]

Ngigo atau mengigau adalah salah satu kebiasaan tidur yang dianggap wajar oleh kebanyakan orang. Meskipun demikian, kebiasaan yang satu ini bisa dikatakan cukup mengganggu dan bisa menjadi hal yang memalukan bagi ‘penderitanya’. Ini cara mengatasi mengigau[6] atau ngigo yang mudah dan ampuh:

1. Pastikan Istirahat Selalu Cukup[sunting | sunting sumber]

Salah satu penyebab mengigau adalah tubuh yang kurang beristirahat. Ketika tubuh kurang tidur, maka akan merasa kelelahan. Jika sudah begini, maka mengigau pun tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, selalu pastikan tidur dan istirahat cukup setiap harinya. Waktu tidur yang ideal adalah 6-8 jam sehari.

2. Usahakan Pola Tidur Selalu Sama[sunting | sunting sumber]

Mempertahankan konsistensi pola tidur tampaknya agak sulit, terutama bagi orang-orang yang memiliki kesibukan ekstra. Meski terlihat sederhana, nyatanya ini menjadi salah satu cara menghilangkan mengigau yang ampuh. Kalau kamu biasa tidur pukul 10 malam, maka usahakan tidur pukul 10 juga setiap malam. Ketika pola tidur tidak teratur, maka akan muncul gangguan dan salah satunya adalah ngigo.

3. Hindari Konsumsi Kafein dan Alkohol[sunting | sunting sumber]

Mengonsumsi kafein atau alkohol sebelum tidur nyatanya malah akan menimbulkan gangguan tidur. Salah satu gangguan tidur yang timbul adalah mengigau karena tubuh jadi tidak beristirahat dengan baik sebagaimana mestinya. Jika kamu tidak bisa menahan diri untuk mengonsumsinya, usahakan jangan pernah mengonsumsi kafein atau alkohol pada sore dan malam hari.

4. Rutin Berolahraga[sunting | sunting sumber]

Seperti yang kita tahu, olahraga secara rutin tentu akan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Faktanya, kegiatan yang satu ini juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan mengigau. Tubuh yang sehat tentunya akan terhindari dari berbagai risiko penyakit dan juga akan memperbaiki metabolisme tubuh.

5. Hindari Stres[sunting | sunting sumber]

Cara mengatasi mengigau yang berikutnya adalah mengendalikan pikiran menjadi lebih positif. Kamu harus bisa mengendalikan diri agar tidak terlalu stres karena ini bisa jadi penyebab mengigau. Jadi, salah satu cara menghilangkan mengigau yang paling ampuh adalah dengan mengontrol pikiran dan emosi. Ketika pikiran menjadi tenang, maka istirahat pun menjadi lebih maksimal dan rileks.

6. Konsumsi Makanan Bergizi[sunting | sunting sumber]

Tanpa disadari, ternyata apa yang kita konsumsi juga bisa berpengaruh terhadap kebiasaan tidur. Kalau kamu sudah mencoba berbagai cara di atas, namun belum ada yang berhasil, maka cobalah untuk memperbaiki pola makan.

Sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan bergizi dan jangan lupa untuk memenuhi asupan cairan tubuh dengan minum 8-10 gelas per hari. Tubuh yang sehat akan membuat metabolisme lancar, sehingga organ tubuh akan bekerja sebagaimana mestinya.

7. Ciptakan Suasana Tidur yang Nyaman[sunting | sunting sumber]

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan sebagai cara mengatasi tidur mengigau adalah dengan menciptakan suasana tidur yang nyaman. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti penggunaan kasur, tata letak perabotan, hingga warna dan tema kamar tidur.

  1. ^ "Mengigau Bisa Menggambarkan Bagaimana Psikologis Kamu Sebenarnya". Tribun Bali. Diakses tanggal 2020-03-05. 
  2. ^ a b "Kenapa Orang Mengigau Ketika Sedang Tidur? Apa Saja yang Dikatakan?". hellosehat-com.cdn.ampproject.org. Diakses tanggal 2020-03-05. 
  3. ^ "Mengigau Bisa Menggambarkan Bagaimana Psikologis Kamu Sebenarnya - Halaman 2 - Tribun Bali". bali.tribunnews.com. Diakses tanggal 2020-03-05. 
  4. ^ "Kenapa Orang Mengigau Ketika Sedang Tidur? Apa Saja yang Dikatakan?". Hello Sehat. 2018-02-13. Diakses tanggal 2020-03-05. 
  5. ^ "Penyebab Mengigau Saat Tidur dan Cara Mengatasinya". hellosehat-com.cdn.ampproject.org. Diakses tanggal 2020-03-05. 
  6. ^ "7 Cara Menghilangkan Mengigau yang Paling Mudah". inthebox.id. Diakses tanggal 2020-03-05.