Memory, Sorrow and Thorn

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Dragonbone Chair, novel pertama dalam saga epik Memory, Sorrow, and Thorn.

Memory, Sorrow, and Thorn adalah trilogi fantasi epik buatan Tad Williams, yang meliputi The Dragonbone Chair (1988), Stone of Farewell (1990), dan To Green Angel Tower (1993). Publikasi paperback dari To Green Angel Tower terbagi dalam dua volume, sehingga para pembaca paperback menganggap Memory, Sorrow, and Thorn sebagai sebuah tetralogi ketimbang sebuah trilogi.

Dunia Memory, Sorrow, and Thorn[sunting | sunting sumber]

Buku-buku tersebut berlatar belakang benua Osten Ard, yang para pemukimnya meliputi Sithi (elf mirip dewa), Qanuc (troll mirip orang gunung), dan ras lainnya, serta beberapa negara manusia yang terpisah. Penakluk muda Raja Yohanes sang Presbiter (juga disebut Prester Yohanes) menyatukan sebagian besar dunia manusia dalam sebuah kerajaan tunggal, tetapi pada permulaan buku pertamanya, mantan penakluk tersebut terlalu tua dan menyerahkan tahtanya kepada para putranya. Karena konflik yang menyebar ke seluruh dunia mereka, seorang yatim piatu muda berjuang untuk mempertahankan negara tersebut.

Dunia dan ceritanya menggambarkan beberapa sumber dari sejarah dan cerita rakyat. Beberapa unsur karakter dan cerminan pengalaman legenda Britania Raya dan wilayah lainnya (seperti Raja Arthur dan Sir Lancelot, Alfred Agung, Baba Yaga, dan Amaterasu). Bangsa Erkynlander mengingatkan pada Inggris abad pertengahan, dengan nama-nama pribadi yang berbau Anglo-Saxon/Alkitab. Bangsa Osten Ard lainnya juga memiliki kesamaan dengan dunia nyata dalam hal nama-namanya, budaya-budayanya, dan bahasa-bahasa lainnya:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]