Membangun di Atas Bukit Batu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Membangun di Atas Bukit Batu (selengkapnya: Membangun di Atas Bukit Batu: Uraian mengenai Khotbah di Bukit (De sermone Domini in monte)) merupakan judul buku dalam bahasa Indonesia yang merupakan terjemahan dari buku berbahasa Belanda berjudul Het huis op de rots, Verhandeling over de bergrede [De sermone Domini in monte]. Buku ini berisi karya tulis Agustinus dari Hippo, seorang santo dan Pujangga Gereja yang hidup pada abad ke-4 sampai ke-5,[1] yang judul aslinya dalam bahasa Latin adalah De sermone Domini in monte (Tentang Khotbah Tuhan di Bukit).

Agustinus mengerjakan karyanya ini sebelum menulis tentang Surat-surat Paulus karena ia memandang Injil Matius bab/pasal 5–7 (Khotbah di Bukit) sebagai "suatu standar sempurna kehidupan Kristiani".[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b (Inggris) Saint Augustine by Serge Lancel, 2010, ISBN 0-334-02866-3, p. 177

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Augustinus, Aurelius. Membangun di Atas Bukit Batu: Uraian mengenai Khotbah di Bukit (De sermone Domini in monte). Diterjemahkan dari Het huis op de rots, Verhandeling over de bergrede [De sermone Domini in monte] oleh Aloysius Hadiwiyata dan Nico Syukur Dister, OFM (edisi ke-2016, Cetakan ke-1). Penerbit PT Kanisius. ISBN 978-979-21-4607-3. OCLC 945774613. 
  • (Inggris) Our Lord's Sermon on the Mount Text at Wikisource