Melati (sinetron)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Melati
PembuatMultivision Plus
PengarangZara Zettira
Jujur Prananto (khusus Episode 24)
SutradaraMaruli Ara
PemeranDesy Ratnasari
Cut Tari
Ferry Irawan
Primus Yustisio
Jihan Fahira
Mark Sungkar
Reggy Lawalata
Robby Sugara
Bombom Gumbira
Ayu Dyah Pasha
Piet Pagau
Dewi Rika
Roy Karyadi
Misye Arsita
Luthy Tambayong
Penggubah laguChossy Pratama
Lagu pembukaMelati - Retno Susanti
Lagu penutupMelati - Retno Susanti
KomposerChossy Pratama
Negara asalIndonesia
No. episode24
Produksi
Produser eksekutifGobind Punjabi
Dhamoo Punjabi
ProduserRaam Punjabi
Durasi1 Jam
Rilis
Jaringan penyiarSCTV
Format audioStereo
Dolby Digital 5.100
Tanggal tayang asli1998 –
1999
Kronologi
Dilanjutkan olehTersayang

Melati merupakan sebuah sinetron yang ditayangkan di SCTV pada tahun 1998 hingga tahun 1999. Pemain utama di sinetron ini ialah Desy Ratnasari, Ferry Irawan, Primus Yustisio, Jihan Fahira, Cut Tari, dan masih banyak lagi. Jumlah episodenya adalah 24.

Sinetron ini diproduksi oleh Multivision Plus yang tayang setiap hari Rabu pukul 19.30 wib.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Kisah ini bercerita tentang seorang gadis cantik dan berhati mulia yang bernama Melati (Desy Ratnasari). Putri tunggal kesayangan Yanuar (Mark Sungkar) ini sejak kecil sudah ditinggal ibunya. Memiliki pandangan hidup jauh ke depan dan punya ambisi besar untuk maju yang di dorong cita-cita almarhum ibunya. Karena itu, Ia rela mengorbankan sebagian besar waktunya untuk kuliah sembari bekerja. Sebagai seorang paman,Yunus (Robby Sugara) sangat menyayangi Melati. Selama ini, Yanuar selalu bercita-cita menjadi seorang wirausaha sukses. Namun, cita-cita tersebut tidak tercapai, karena Yanuar hanya mampu menjadi karyawan kakaknya, Yunus.

Saat Melati masih kuliah, Yanuar (ayah Melati) meninggal dunia karena serangan jantung. Sejak itu, Yunus memutuskan untuk mengajak Melati yang kini yatim piatu untuk tinggal bersama istri, Sofi (Reggy Lawalata) dan anaknya, Sandra (Jihan Fahira). Melati dan Sandra adalah saudara sepupu yang sangat akrab sejak mereka masih kecil. Sandra dan Yunus sangat menyayangi Melati. Namun, tidak dengan Sofi yang tidak menyukai Melati karena dianggap kehadiran Melati membuat pengeluaran keluarga Yunus bertambah besar.

Selama ini, Sandra memiliki teman laki-laki yang merupakan sahabat karibnya, yaitu Alex (Ferry Irawan). Mereka sering pergi dan jalan berdua bersama. Diam-diam Sandra sangat menyukai Alex. Pada suatu kesempatan, Sandra mengajak Melati pergi bertiga dan mengenalkan Melati kepada Alex. Dalam pertemuan pertama tersebut, Alex langsung jatuh cinta pada Melati. Alex bahkan membela Melati saat dirinya diganggu sejumlah preman, hingga dirinya dihajar preman-preman tersebut hingga babak belur. Melihat besarnya pengorbanan Alex terhadap dirinya, Melati mulai jatuh cinta terhadap Alex.

Melati mempunyai seorang sahabat karib yang juga kuliah sembari bekerja bernama Ricky (Primus Yustisio). Ricky memiliki seorang adik perempuan bernama Lily (Dewi Rika). Ricky memiliki kekasih bernama Poppy (Cut Tari) yang merupakan teman sekampus Lily. Poppy adalah putri dari pemilik kampus tempat Lily kuliah.

Mama Ricky (Ayu Dyah Pasha) mendidik Ricky dan Lily dengan penuh kesabaran dan kasih sayang. Berbeda dengan papa Ricky (Piet Pagau) yang mendidik kedua anak dengan penuh aturan disiplin dengan harapan mereka segera lulus jadi sarjana dan memiliki karier yang cemerlang. Papa Ricky menentang keras keinginan Ricky kuliah sembari bekerja dan meminta Ricky untuk berhenti bekerja. Ricky menolak karena ingin memiliki penghasilan sendiri dan membiayai sendiri kuliahnya. Cara mendidik yang sangat keras tersebut membuat Ricky dan Lily menjadi tertekan. Berbeda dengan Lily yang pasrah menuruti kemauan papanya dengan tekun kuliah, Ricky sering melawan papanya dan membuat mereka sering ribut. Pada saat pengumuman kelulusan kuliah, Ricky yang terkenal malas berhasil lulus menjadi sarjana dan secara tidak terduga Lily yang sangat rajin belajar tidak lulus. Lily merasa takut dan sangat bersalah terhadap papanya yang menaruh harapan besar terhadap dirinya, merasa sebagai anak yang tidak berguna, depresi, dan akhirnya bunuh diri. Atas kematian Lily, Ricky menjadi depresi dan menyalahkan papanya. Sebagai pelampiasan dan pembalasan atas kematian Lily, Ricky menjadi pecandu narkoba dan memutuskan kabur dari rumah. Hubungan Ricky dan Poppy juga kandas sejak Ricky menjadi pecandu narkoba. Poppy sebenarnya masih sangat mencintai Ricky, tetapi ditentang keras oleh keluarganya. Papa Poppy (Bombom Gumbira) hendak segera menjodohkan Poppy dengan Mario, anak rekan bisnisnya. Poppy menolak dan sempat mencoba beberapa kali kabur dari rumah untuk menjenguk Ricky ketika Ricky menjalani rehabilitasi ketergantungan obat.

Kisah asmara Melati dan Alex semakin dekat. Cinta tumbuh dalam diri kedua sejoli itu. Namun, dengan kondisi ini, Sandra merasa sangat sedih. Dirinya sudah lama memendam perasaan terhadap Alex, tetapi ternyata Alex lebih memilih Melati. Melihat hal ini, Sofi semakin membenci Melati karena Sofi sangat menginginkan Alex menjadi menantunya.

Sofi segera menemui orang tua Alex untuk menjodohkan Sandra dan Alex. Ternyata Sandra memutuskan mengalah untuk Melati dan menolak menikah dengan Alex. Di sisi lain, Melati juga sadar akan kesedihan Sandra, sehingga Melati selalu berdalih menghindari Alex setiap kali Alex berusaha mendekatinya di kampus. Demikian juga Alex, walaupun dirinya mencintai Melati, dirinya juga merasa bersalah terhadap Sandra.

Merasa stres dan ingin mencari suasana baru, Sandra meminta izin kepada orangtuanya untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Di sana, Sandra akhirnya menemukan jodohnya, yaitu Andy. Sementara di Indonesia, Melati terus melanjutkan studi S-1 nya hingga lulus diwisuda. Sesudah itu, bukannya menikah dengan Alex, tetapi Melati terus menghindari Alex, karena tetap terganjal perasaan bersalah terhadap Sandra. Melati memutuskan langsung bekerja dengan melamar di perusahaan besar.

Waktu terus berlalu, hingga akhirnya Sandra kembali ke Indonesia dengan membawa pacarnya, Andy. Papa Andy (Luthy Tambayong) sangat menyukai Sandra dan merestui mereka untuk menikah. Orangtua Sandra juga merestui. Melati sempat mengingatkan Sandra bahwa sepertinya Andi bukan orang baik-baik karena perokok berat dan pecandu alkohol. Sandra tidak menghiraukan dan tetap ingin menikah dengan Andy, agar Melati bisa menikah dengan Alex. Pernikahan Sandra dan Andy berlangsung meriah. Di luar dugaan, setelah menikah, baru diketahui papa Andy ternyata adalah seorang penyelundup narkoba yang hanya ingin mengincar harta kekayaan keluarga Sandra. Papa Andy mengajak Andy dan Sandra pindah ke Bali. Di sana papa Andy memanfaatkan kehamilan Sandra untuk memeras Yunus. Papa Andy memutus sambungan telepon dan diam-diam tidak pernah mengirimkan surat Sandra kepada orangtuanya di Jakarta. Selama di Bali, papa Andy terus memeras Yunus dan membawa Andy dan Sandra berpindah-pindah tempat tinggal untuk menghindari kejaran polisi. Melihat nasib Sandra yang malang setelah menikah dengan Andy, Sofi kembali menyalahkan Melati. Sofi menyebut Melati sebagai pengkhianat yang telah merayu Alex dan menyebabkan Sandra tidak jadi menikah dengan Alex. Sofi mengusir Melati dari rumah. Melati pamit hanya dengan menitipkan surat kepada Yunus karena Sofi meminta Melati segera meninggalkan rumah. Kepada Yunus, Sofi mengaku Melati marah-marah dan minggat dari rumah. Yunus tidak percaya dan terus mencari keberadaan Melati. Alex juga terus mencari Melati. Setelah diusir dari rumah, Melati tinggal di losmen. Sebenarnya Yunus dan Alex sudah menemukan losmen Melati, tetapi Melati terus menghindari bertemu dengan Yunus dan Alex. Akibat pemerasan papa Andy dan penipuan oleh karyawan kantornya, Yunus akhirnya mengalami kebangkrutan, terserang jantung, dan meninggal dunia. Sofi stres berat melihat kepergian suaminya. Yunus tidak sempat bertemu dengan Sandra sampai meninggal dunia dan hanya sempat bertemu Melati yang mengantarnya ke rumah sakit.

Di sisi lain, karier Melati terus menanjak. Kini Melati sudah menjadi seorang wanita karier yang sangat sukses. Melati meninggalkan losmen dan membeli rumah mewah. Melati juga memiliki mobil mewah. Namun demikian, sifat baik Melati tidak berubah. Kesuksesan dan kekayaan tidak membuatnya menjadi sombong. Selama Ricky menjalani rehabilitasi, Melati membantu biaya pengobatan Ricky dan mempertemukan kembali Ricky dengan kedua orangtuanya. Selain itu, Melati juga membantu tante Sofi yang sudah jahat kepadanya. Melati tidak menyimpan dendam kepada Sofi. Melati justru membantu biaya pengobatan dan merawat Sofi ketika Sofi terpuruk setelah Yunus bangkrut dan meninggal dunia.

Hubungan Melati dan Alex pun tetap berlanjut dalam kesempatan yang tak terduga. Melati dan Alex kembali bertemu dalam proyek kerjasama yang diadakan oleh perusahaan tempat Melati bekerja. Ternyata papa Alex adalah pelanggan besar dari perusahaan tempat Melati bekerja. Dan sekarang Alex adalah pimpinan perusahaan, menggantikan papa. Mengetahui proyek tidak mungkin dibatalkan, Alex dan Melati kembali berhubungan, tetapi hanya sebatas rekan bisnis. Di samping itu, Melati menceritakan kepergian Sandra ke Bali dan memohon bantuan Alex mencari Sandra.

Selama berpindah-pindah tempat persembunyian bersama ayah Andy dan Sandra, Andy mengalami kecelakaan dan meninggal dunia. Sekarang tinggal Sandra dan ayah Andy yang terus berpindah-pindah tempat untuk melarikan diri dari kejaran polisi. Pada suatu kesempatan, Sandra berhasil kabur dari tempat persembunyian ayah Andy. Sandra kabur dalam keadaan hamil. Persalinan Sandra dibantu oleh dukun beranak lalu dialihkan ke rumah sakit di Jakarta. Sepulang dari rumah sakit, Sandra pulang ke rumah orangtuanya. Di rumah hanya ada Sofi. Mengetahui Yunus telah meninggal dunia, Sandra sangat terpukul. Air ketuban Sandra pecah karena melarikan diri saat hamil. Bayi Sandra meninggal. Kondisi Sandra kritis. Melati menolong Sandra dan membawanya ke rumah sakit.

Sementara itu, Ricky telah sembuh dari ketergantungan obat. Hubungan Ricky dengan kedua orangtua kembali baik, ayah Ricky banyak berubah dan tidak lagi otoriter dalam mendidik Ricky. Ricky yang merasa berutang budi kepada Melati sering mengunjungi Melati. Poppy yang melihat Melati dan Ricky sering berdua mengira mereka adalah sepasang kekasih. Poppy cemburu dan memutuskan menikah dengan Mario. Setelah pernikahan, Poppy menolak berhubungan dengan Mario. Poppy melabrak Melati, saat itu Melati menjelaskan bahwa hubungannya dengan Ricky hanya sebatas sahabat. Poppy meminta maaf kepada Melati, meminta cerai dari Mario, dan kembali pada Ricky. Kisah asmara Ricky dan Poppy kembali dimulai walaupun ditentang keluarga Poppy. Poppy memilih meninggalkan rumah dan melanjutkan hubungan asmara dengan Ricky. Beberapa hari kemudian, mama Poppy menelepon Poppy untuk pulang ke rumah dan merestui hubungan Poppy dengan Ricky.

Di rumah sakit saat sedang kritis, Sandra meminta Melati untuk menghubungi Alex agar Alex datang ke rumah sakit. Setelah Alex tiba di rumah sakit, Sandra meminta kepada Melati dan Alex agar segera menikah agar dirinya bisa meninggal dengan bahagia. Sandra meninggal dunia, Melati dan Alex memutuskan akan segera menikah.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]