Meketaten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Patung kuarsit fragmentaris putri Amarna Meketaten, dari masa pemerintahan Akhenaten, skt. tahun 1352-1336 SM dipajang di Brooklyn Museum. Lengan yang patah menutupi payudara sebelah kanan biasa terjadi pada imej yang menggambarkan gadis-gadis muda, dan kemungkinan pernah memegang bunga atau mainan.
it
n
ra
Aa16
D36
V31
t
B1
Meketaten
dalam Hieroglif

Meketaten ("Lihatlah Aten" atau "Dilindungi oleh Aten") merupakan putri kedua dari enam yang lahir dari Firaun Mesir, Akhenaten dan Istri Kerajaan Agungnya Nefertiti. Ia mungkin lahir pada tahun 4 pemerintahan Akhenaten. Meski sedikit yang diketahui tentang dirinya, ia sering digambarkan bersama saudari-saudarinya menemani orangtuanya di dua pertiga pertama pemerintahan Akhenaten.

Ia memiliki kakak perempuan yang bernama Meritaten dan empat orang adinda yang bernama Ankhesenamun, Neferneferuaten Tasherit, Neferneferure dan Setepenre. Tutankhaten adalah saudara tiri.

Meketaten meninggal pada sekitar tahun 14 Akhenaten. Sangat mungkin bahwa wabah menyebar di mesir di antara tahun ke-12 dan ke-15 masa pemerintahan Akhenaten, karena banyak anggota keluarga kerajaan tidak disebutkan lagi; di antaranya Ibu Suri Tiye, Ratu Nefertiti, istri kedua Akhenaten Kiya, Meketaten dan dua putri bungsu, Neferneferure dan Setepenre. Kematian Meketaten dapat berakibat baik dari wabah, atau dari persalinan. Kehadiran seorang bangsawan menyebabkan banyak orang percaya bahwa sang putri muda meninggal saat melahirkan (dalam hal ini ayahanda Akhenaten sendiri, kemungkinan besar menikahi putrinya), namun tidak dapat dibuktikan. Interpretasi alternatif yang disarankan oleh van Dijk adalah bahwa anak yang digambarkan di dalam adegan adalah jiwa (ka) Meketaten.

Meketaten di bawah kanopi, di dinding lukisan Kamar . Di depannya: Akhenaten, Nefertiti, Meritaten, Ankhesenpaaten dan Neferneferuaten Tasherit.

Fragmen sarkofagus Meketaten ditemukan di makam kerajaan. Prasasti menyebutkan orang tuanya Akhenaten dan Nefertiti, saudarinya Ankhesenamun dan juga kakek dan neneknya Amenhotep III dan Tiye.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Murnane, William J., Texts from the Amarna Period in Egypt, Society of Biblical Literature, 1995 ISBN 1-55540-966-0