Mei Li Vos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Mei Li Vos
Mei Li Vos (31079033931).jpg
Mei Li Vos in 2016
Member of the House of Representatives
Informasi pribadi
Lahir 31 Maret 1970 (umur 48)
Eindhoven, Netherlands
Kebangsaan Dutch
Partai politik Labour Party
Pekerjaan Politician, trade unionist, editorialist

Mei Li Vos (pengucapan Belanda: [mɛi li vɔs]; lahir 31 Maret 1970) adalah seorang politisi belanda dan mantan serikat perdagangan dan editorialis. Sebagai anggota dari Partai Buruh (Partij van de Arbeid) dia adalah seorang MP antara 20 September 2012 dan 23 Maret 2017, dan dari tanggal 1 Maret 2007 sampai dengan 17 Juni 2010.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Mei Li Vos lahir pada tanggal 31 Maret 1970 di EindhovenBelanda.[1]

Vos berasal dari keluarga dengan lima saudara. Ibunya berkebangsaan Cina, Indonesia, dilahirkan di Hindia Belanda.[2] Pada masa mudanya, keluarganya tinggal di sebuah komune Kristen di Veldhoven. Antara tahun 1982 dan 1988, dia menghadiri vwo di Lyceum Kristen di Arnhem.

Karier akademik[sunting | sunting sumber]

Antara tahun 1988-1989, ia kuliah Ilmu Sosial Umum di Universitas Utrecht. Vos belajar ilmu politik di Universitas Amsterdam. Antara tahun 1994 dan 2002, dia bekerja sebagai pengajar dan peneliti di jurusan ilmu politik dari University of Amsterdam. Pada tahun 1994-1995, dia juga bekerja paruh waktu sebagai manajer Maarten Altena Ensemble. Dari tahun 1995 dan 2000, ia bekerja pada tesis, yang menyangkut hubungan antara Belanda dan Indonesia. Dia secara khusus meneliti apa efek Indonesia menolak kerjasama pembangunan Belanda pada kerjasama di bidang pendidikan tinggi, industri dan profesi hukum. Tesis berjudul "Kerjasama Internasional antara Politik dan Praktek: Bagaimana Kerjasama Belanda Indonesia Berubah Sangat Sedikit setelah Diplomatik pecah".

Sejak tahun 2000, ia juga bekerja paruh waktu sebagai seorang peneliti di suatu lembaga think tank Infodrome, dimana dia menulis sebuah studi pada revolusi informasi dan efeknya pada masyarakat. Berdasarkan pekerjaannya di sini, ia menerbitkan dua buku tentang informasi masyarakat. Pada tahun 2001, ia dipromosikan di jurusan Ilmu Politik. Antara tahun 2002 dan 2004 dia bekerja di Pengetahuan Inggris, di mana dia menyarankan pemerintah di bidang informasi masyarakat. Berdasarkan pekerjaannya menasihati Departemen Urusan Ekonomi, dia menerbitkan buku yang bertema pemberdayaan. Antara 2004 dan 2005, dia bekerja di Departemen Urusan Umum dan pelayanan hubungan masyarakat pemerintahan. Pekerjaannya seperti mengkoordinasikan proyek-proyek kabinet dengan norma-norma dan nilai-nilai.[3]

Alternatif untuk Trade Union[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2005, dia adalah salah satu pendiri Alternatif untuk Trade Union (Alternatief voor Vakbond, AVV), serikat pekerja yang secara khusus berorientasi pada orang-orang muda, bekerja paruh waktu, freelancer, pekerja sementara dan orang-orang pada kontrak fleksibel.[4] Trade Union ini didirikan sebagai alternatif untuk FNV, yang, menurut AVV - pendiri terlalu peduli dengan kepentingan kaum pekerja yang lebih tua. Pada tahun 2005, ia menjadi salah satu pemimpin Union. Selain itu, dia punya sebuah kolom di media Vrij Nederland dan De Volkskrant. Dia juga bekerja untuk Departemen Kehakiman sebagai peneliti pada hubungan antara migrasi, integrasi dan kesejahteraan negara. Pada tahun 2006, ia menerbitkan sebuah buku "surga para pekerja" (the worker's paradise) tentang masa depan kesejahteraan negara, ketenagakerjaan dan perburuhan.

Karier politik[sunting | sunting sumber]

Dalam pilkada 2006, Vos ditempatkan pada tempat ke-38 dalam daftar PvdA. Kedua konservatif liberal VVD dan progresif liberal D66 telah meminta Vos untuk mempertimbangkan agar bergabung dengan mereka. Karena pihak PvdA tidak tampil cukup baik saat pemilu sebelumnya, Vos tidak terpilih segera. Ketika beberapa anggota Parlemen menjadi menteri di Keempat kabinet Balkenende, Vos tidak mendapatkan kursi. Vos adalah juru bicara di freelancer-, pekerja sementara dan pelayan konsumen dalam negeri.[5] Dia duduk di komisi keuangan, Urusan Eropa, Urusan Ekonomi, Sosial, dan Lingkungan.[6] Vos juga adalah anggota Dewan direksi dari publik penyiar radio FunX. Sebagai seorang anggota parlemen dia ingin memberikan suara di parlemen untuk para pekerja lepas dan pekerja sementara dan berbagi risiko dinamis pasar tenaga kerja lebih sama antara pekerja lepas, pekerja paruh waktu dan pekerja sementara dan orang-orang dengan kontrak tetap. Vos menganggap dirinya untuk menjadi sosial liberal,[7] sementara PvdA adalah partai sosial demokrat.

Jabatannya di DPR berakhir pada 23 Maret 2017.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dr. M.L. (Mei Li) Vos (in Dutch), Politiek & Parlement. Retrieved 8 April 2017.
  2. ^ Indischkeit, 15 August 2007
  3. ^ CV on meilivos.pvda.nl
  4. ^ Who are we? on alternatiefvoorvakbond.nl Archived 28 September 2007 at the Wayback Machine.
  5. ^ Mei Li Vos in het kort (in Dutch), Labour Party, 2010.
  6. ^ Mei Li Vos (in Dutch), House of Representatives.
  7. ^ profile on 150volksvertegenwoordigers.nl

Pranala luar[sunting | sunting sumber]